9 Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bunga yang satu ini sebagai bunga penghias pekarangan atau taman. Juga sebagai bunga penghias ruangan. Selain karna bunga mawar memiliki keindahan, bunga mawar juga memiliki aroma harum yang khas. Maka tak jarang ekstrak bunga mawar banyak dijadikan parfume. Tapi tahu kah anda ? jauh dari itu semua, bunga mawar memiliki manfaat dan khasiat lain yang dapat digunakan bagi kesehatan manusia. Tahukah anda manfaat apakah itu ? berikut ini beberapa informasi terkait manfaat bunga mawar bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya indah bunga mawar merah juga dapat dikonsumsi dan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk meningkatkan metabolisme tubuh.  Membuang racun dari dalam tubuh Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, serta paparan zat-zat lainnya tidak bisa dijamin 100% bebas dari racun. Sedikit banyak ada racun yang menumpuk dalam tubuh kita yang jika dibiarkan dapat membahayakan kesehatan. Untuk membuang racun-racun ini dari dalam tubuh kita bisa memanfaatkan bunga mawar merah.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit rentan mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar UV, bahan kimia, serta polusi. Nah, di sinilah guna air mawar untuk menjaga kesehatan kulit. Ekstrak mawar alami memiliki sifat antiperadangan yang bisa menenangkan iritasi kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea. Terlebih, air estrak mawar bisa mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah. Tidak mengherankan jika Anda sering menemukan air mawar sebagai bahan toner dan pembersih muka yang banyak dijual di pasaran.

3. Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi segenggam kelopakbunga mawar merah dapat membuat perut terasa kenyang sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini tentu sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain dikonsumsi secara langsung mawar merah juga dapat dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, Anda biasanya akan diberikan resep antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun, Anda juga bisa mencoba menyeduh kelopak bunga mawar segar untuk dijadikan teh herbal guna mempercepat proses pemulihannya. Meski belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan manfaat air mawar ini, namun sifat peradangannya dipercaya ampuh meredakan gejala sakit tenggorokan.   Tapi, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan air bunga mawar untuk mengobati sakit tenggorokan.

5. Untuk Kesehatan Pencernaan

Minum teh herbal mawar juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan Anda. Air ekstrak mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu, yangbisa membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum, termasuk perut kembung dan sakit perut. Minum air rendaman kelopak mawar juga bisa berfungsi sebagai pencahar untuk memperlancar urusan BAB Anda, sekaligus mencegah sembelit.

6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Kulit wajah dengan pori-pori besar sungguh tidak enak dipandang sehingga dapat dengan mudah kita temui berbagai produk kecantikan yang mengklaim dapat mengecilkan pori-pori wajah. Jika anda menginginkan obat alami maka anda dapat memanfaatkan air mawar merah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya dengan memercikkan air mawar merah pada wajah yang telah dibersihkan

7. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut yang kurang sedap dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Bau mulut dapat disebabkan beberapa faktor seperti jenis makanan yang dikonsumsi dan kurang menjaga kebersihan mulut. Air mawar merah dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Caranya dengan berkumur-kumur menggunakan air mawar merah secara rutin.

8. Mengatasi Jerawat

Mawar merah juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Caranya dengan membuat masker dari air mawar merah dan biji fenugreek. Biji ini direndam dengan sedikit air kemudian tambahkan air mawar merah. Campuran ini kemudian diaduk hingga menjadi pasta. Gunakan sebagai masker selama lebih kurang 20 menit. Setelah itu gunakan air mawar yang dingin untuk membasuh wajah.

9. Pereda Stres dan Depresi

Kelopak bunga mawar dapat berfungsi untuk mengatasi stres dan kelelahan, bahkan mengatasi gejala-gejala yang diakibatkan oleh stres seperti kegelisahan dan insomnia. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas ParaĆ­ba-Caixa, aroma bunga mawar mampu memberikan efek penenang ketika dicium atau dihirup. Cara penerapannya adalah dengan mandi air panas yang telah ditaburi beberapa kelopak mawar. Air panas akan melepaskan aroma dari bunga mawar sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.





loading...


0 komentar: