Cara Membuka Tabungan BRI Syariah serta Kelebihannya

69
Diposkan oleh Adi Wijaya on Kamis, 09 Mei 2013 , in



Cara Membuka Tabungan BRI Syariah serta Kelebihannya -
Mengapa syariah ??? apa kelebihannya ?? Mungkin pertanyaan ini akan muncul bila anda diajak menabung di bank yang berbasis syariah, BRI Syariah merupakan institusi perbankan tersendiri yang terpisah dari BRI (konvensional). Berawal dari akuisisi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., terhadap Bank Jasa Arta pada 19 Desember 2007 dan setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada 16 Oktober 2008 melalui suratnya o.10/67/KEP.GBI/DpG/2008, maka pada tanggal 17 November 2008 PT. Bank BRISyariah secara resmi beroperasi. Kemudian PT. Bank BRISyariah merubah kegiatan usaha yang semula beroperasional secara konvensional, kemudian diubah menjadi kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah Islam. Jadi, jika Anda hendak membuka tabungan di BRI Syariah, Anda tidak dapat membuka di kantor bank BRI (konvensional), tetapi harus ke kantor bank BRI Syariah. Untuk informasi lokasi kantor bank BRI Syariah, silakan menelpon ke nomor: (kode area) 500-789, misal: (022) 500-789.Sesuai dengan visinya, saat ini PT. BankBRI Syariah merintis sinergi dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., dengan memanfaatkan jaringan kerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., sebagai Kantor Layanan Syariah dalam mengembangkan bisnis yang berfokus kepada kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan kegiatan konsumer berdasarkan prinsip Syariah.

Cara Membuka Tabungan di BRI Syariah

Untuk membuka tabungan di BRI Syariah, cukup mudah ;

Tahap awal silakan menuju kantor bank BRI Syariah, jangan lupa siapkan syarat-syarat yang diperlukan, yaitu:

  • Uang senilai Rp50.000 untuk saldo awal pembukaan rekening. Ini sudah termasuk biaya pembuatan kartu ATM.
  • Tanda pengenal (KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar)

Hanya 2 (dua) syarat saja yang diperlukan. Bagaimana jika Anda seorang pendatang/bukan penduduk kota setempat? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membuka tabungan di BRI Syariah. Anda hanya perlu mengisi formulir “Keterangan Domisili” yang sudah disediakan oleh pihak BRI Syariah.


Fasilitas Yang Diberikan Oleh BRI Syariah

1. FAEDAH (Fasilitas Serba Mudah)*, merupakan fasilitas-fasilitas menarik yang diberikan kepada Nasabah Tabungan BRISyariah iB berupa:

  • RINGAN setoran awal minimal Rp 50.000
  • GRATIS biaya administrasi bulanan Tabungan
  • GRATIS biaya bulanan kartu ATM
  • GRATIS biaya tarik tunai di ATM BRI, jaringan ATM Bersama & ATM Prima
  • GRATIS biaya cek saldo di ATM BRI, jaringan ATM Bersama & ATM Prima
  • GRATIS biaya transfer di ATM BRI, jaringan ATM Bersama & ATM Prima
  • GRATIS biaya debit PRIMA
* Syarat dan ketentuan berlaku

2. Dengan Kartu ATM BRISyariah, Anda mudah melakukan beragam transaksi perbankan di ATM BRISyariah serta di puluhan ribu jaringan ATM BRI, ATM Bersama maupun ATM Prima di seluruh Indonesia

Berbagai layanan perbankan yang dapat dilakukan melalui mesin ATM BRISyariah :

  • Informasi saldo
  • Penarikan tunai
  • Ganti PIN
  • Transfer ke rekening di BRISyariah maupun bank lainnya
  • Pembayaran tagihan : Telkom PSTN, Telkomvision, internet Speedy, telco pascabayar (Flexi, Kartu HALO, XL, AXIS, esia, smartfren), PLN (pascabayar, non tagihan listrik)
  • Pembayaran pembelian : telco prabayar (Telkomsel SIMPATI, Kartu AS, XL, Axis, esia, Smartfren), PLN prabayar/token
  • Pembayaran zakat, infaq, shadaqah, wakaf dan qurban

3. Kartu ATM BRI Syariah juga berfungsi sebagai kartu debit untuk membayar belanja Anda tanpa perlu menggunakan uang tunai di seluruh merchant berlogo Debit Prima

4. Dapat diberikan bonus sesuai kebijakan Bank

5. Dapat dilakukan pemotongan zakat secara otomatis dari bonus yang diterima

Saya non muslim, bisakah membuka tabungan di BRI Syariah ?
Bisa. BRI Syariah terbuka untuk semua kalangan. Syariah hanya sistem pengelolaannya (menurut hukum Islam) saja.

Kelebihan Menabung di BRI Syariah

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menabung di BRI Syariah, diantaranya:
  1. Gratis biaya administrasi bulanan.
    Saldo tabungan Anda tidak akan berkurang tiap bulannya untuk membayar biaya administrasi tabungan dan biaya administrasi kartu ATM
  2. Gratis biaya transaksi tarik tunai dan cek saldo di seluruh mesin ATM jaringan ATM Bersama dan Prima.
    Anda tidak perlu ragu untuk mengecek saldo atau menarik uang tunai di mesin-mesin ATM Bersama (seperti: BRI, BNI, Mandiri, BTN, BII, dan sebagainya). Pokoknya jika pada pintu mesin ATM terdapat logo “ATM Bersama”, gunakan saja kartu ATM Anda. Juga tidak perlu ragu untuk bertransaksi di mesin ATM Prima, seperti: BCA.
  3. Gratis biaya Debit Prima.
    Jika Anda berbelanja di swalayan yang menyediakan perangkat Debit Prima, gunakan saja kartu ATM BRI Syariah Anda. Gratis!
  4. Saldo tabungan minimal rendah.
    Ya, saldo minimal tabungan BRI Syariah hanya Rp25.000. Jika saldo Anda Rp75.000, Anda bisa tarik tunai Rp50.000 melalui mesin ATM. Tapi jangan sampai membiarkan saldo Anda di bawah Rp25.000, karena Anda akan dikenai “sanksi” administrasi bulanan lho.
  5. Gratis biaya transfer, dan dapat mentransfer dan menerima transfer dari semua institusi perbankan di Indonesia melalui mesin ATM.
    Selama institusi perbankan tergabung dalam jaringan ATM Bersama atau Prima, BRI Syariah dapat berkoneksi dengan bank tersebut. Ya, ini kelebihan yang sangat memudahkan bagi nasabah bank BRI Syariah. Anda dapat mentransfer uang ke bank lain, gratis, termasuk ke bank BCA melalui mesin ATM. Selain itu, pemilik rekening di bank lainpun dapat mentransfer uang ke BRI Syariah melalu mesin ATM, tidak terkecuali juga pemilik rekening BCA. Kenapa bank BCA sperti menjadi spesial? Karena bank BCA tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama, sehingga pemilik rekening bank lain, seperti BNI, BRI (konvensinal), BTN, dan lainnya, akan kesusahan dalam transaksi mentransfer atau ditransfer uang melalui mesin ATM. Tetapi tidak bagi pemilik rekening BRI Syariah.

    Untuk mentransfer uang ke bank lain dalam jaringan ATM Bersama, Anda dapat menggunakan mesin ATM milik bank apapun. Sementara untuk mentransfer ke bank BCA, Anda hanya dapat melakukannya di mesin ATM BRI Syariah, atau mesin ATM BCA. Maklum saja, bank lain tidak ada pilihan menu untuk transaksi ke bank dalam jaringan Prima (bank BCA).







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

69 komentar:

brother

Trimakasih atas infonya.sangat membantu kami.

pendidikan islam

Sepetinya ini bagus, mendekati syariah...insya Alloh

rayen123

terimakasih untuk infonya...
mau buka tabungan susah gk yaaa...?

Roni Candra Lukita

Kantor bank bri syariah yg ada di sekitar kecamatan sawangan depok ada ga ya?? Soalnya saya mau ikut nabung di bank ini

Nugroho Ba zed u

informasi yang bermanfaat sekali mas, sekarang saya sudah tidak bingung lagi
thanks ya

iand diand

bagus banget infonya .
Terima kasih :)

Hikaru Yan'tou

okey, saya sudah gabung :D

Aditya wahyu

Siiip

irawan sudarmanto

Sistem yang bagus, murah meriah dan komplit.

Asrofi Muhamad

klo misalkan kita bukanya di cabang bri tetep bisa kan,,

Toni Malik

Luar biasa.. Bebas biaya bulanan dan semua transaksi di atm bersama maupun di atm prima bebas biaya untuk tarik tunai dan cek saldo (y)
Jadi pengen bikin tabungan d sini :)

Anonim

Wah penjelasan menarik. Jadi pengen nabung di bri syariah. Bebas potongan ini itu
@ihsandonesian

marie hiday

wah terimakasih infonya.. :)
paling tidak sudah berusaha menSyariahkan diri

Anonim

NYESEL OGUT, BARU TAU SEKARANG.

Anonim

Alhamdulillah , Mudah-mudahan apa yang diterangkan di atas betul betul direalisasikan oleh seluruh staf bri syariah kepada seluruh calon nasabahnya , karena dengan kemudahan kita bisa saling bantu dalam kemajuan .Semoga bank syariah bri maju bersama rakyat indonesia. Amiiin .

Dena Arta Putra

bisa internet banking gak?

Anonim

Besok bikin ah..

haerull yassa

kalo anak smp kaya ane gini bisa engga gan ??

Detective Dita

ok lumayan.. brarti klo mau transfer dari BRI syariah ke bank BRI Konvensional gratis???

Dwi Masdi Widada

Ada fasilitas tabungan haji BRI Syariah ?

Dwi Masdi Widada

Bagaimana dengan fasilitas tabungan Haji pada Bri Syariah

eris kurnia

bisa menggunakan internet banking juga gak ya? jadi kita tidak perlu repot2 cek saldo ke ATM cukup melalui internet banking.

Firdaus Jaya

Kantor cabang BRI syartiah wilayah parung bogor ada ga yaaa..sy mau buka rek

Burhan Asri

Katanya bisa pake kartu tanda pelajar , tapi ketika saya coba kok gak diterima ? kenapa yah ?

pengat gayo

Maju terus BRI Syariah dan dalam satu kota minimal ada dua lah kantor nya..

unang supriadi

saya ingin karyawan www.rumahjahit.com semua punya akun BRI syariah, supaya pembayaran gai bisa pakai ini, dan bahkan semua pembiayaan bisa melalu transfer dari BRI Syariah ini. hanya saja saya mau nanya ??? 1. Apakah bisa buka akun di tangerang / bintaro ,dengan menggunakan ktp diluar jakarta; 2. Maksimal transfer berapa setiapharinya ???

Hero Rent Car Kediri

Bisa untuk Online Banking gak ya?

Mia Nurmaidah

Sip...aq jg udh lama searching2 tntg bris ini,,,tp krna blm ada kcp nya d ciamis jd blm bisa!tp alhamdulillah skrg baru dibuka kcp bris nya!! Aq langsung pngen loncatin tabunganq kesana

agung wahyu

bunga bank/ bagi hasil bisa ditiadakan tidak.?

Septia Mujizat

BTW kalo BRI Syariah ada e-banking nya gak?
Makasih

Sefri Haryanto

Alhamdullilah ga usah takut lg kepotong biaya macem macem

Serlina Camp

Saya pernah mau buka tabungan BRIsyariah. karena tidak memiliki kartu identitas kota tersebut. jadi tidak dilayani. pihak bank juga tidak menyediakan surat keterangan domisili.

lia

trima kasih infonya kayaknya aku mau buka rek di sini deh.... :)

Choirul Anshorudiin SHI

sejak saya mendapatkan informasi pada saat sosialisasi pada hari minggu di gading fajar sidoarjo,saya langsung gabung.tak perlu pikir panjang,saya langsung gabung dengan keunggulan dan manfaat BRI Syari'ah.

yuli saputro

makasi gan sangat membantu postingannya

mufi

mantap infonya gan... trims

agus iwanto

Terimakasih atas info y ya...


Anonim

saya baru ingt, saya punya kartu ATM BRISyariah, tapi belum pernah di apa2'n, masih aktif g ya?
ada yg bsa bantu g?

ochimkediri

itu yang ada tanda bintang kok ada syarat dan ketentuan berlakunya ya??

Mirsa efes

bisa dipakai untuk terima atau transfer ke luar negri gak ?

Achmad Rais

Besok nabung ah mayan buat masa depan.

Admin

informasi yg ssangat sya cari... trimakasih min :D

helmi

terimakasih info nya

ini sangat bermanfa'at bangt buat saia

vernando lubay

Sesuai kenyataan nya saya sudah buka.. dijamin gratis tarik tunai,transfer di atm bersama

Qisty Fahrul

BRI syariah cabang kertosono ada gak ya..sya ingin nabung ni

Irsyam Pratama

Terimakasih atas infonya

in0el

Terima kasih, saya sudah bergabung cukup dengan KTP dan surat keterangan dari tempat kerja.

Anonim

kalo buka di bank BRI nya bisa ngak ya?

algifari bercerita

wow, terima kasih atas infonya, berguna banget, jadi bisa membuka rekening

segala terbaru

Kebetulan saya mau buka rekening di BRI, terima kasih ya infonya.

saepudinakung

Mantap inpo nya.ane lansung mau bikin

kakak adik

thanks infonya gan...

vicktamara

Setelah trdftar jd nasabah bri syariah minim setoran nabung selnjutnya brp? Klo lama gak nabung kena sanksi administrasi bank nggak ya?

dhyan

kog d mkssar nda bsa dftr REK. BRI SYARIAH klo pkii krtu mahasiswa..

Ratih P.

Saya sudah jadi nasabah ± 1,5 thn dan saya acungkan jempol untuk kelebihan2 nya, namun ada 1 yg kurang coba seandainya bisa setor tunai di bank BRI konvensional sebab jumlah bank BRI konvensional lebih banyak dibanding BRI syariah.....betul kan??

Anonim

BRI Syariah benar benar syariah... moga harata kita jadi berkah...

Sayyida Ahmad

Tengkyu boss

Teknologi Informasi Selular

informatif banget artikelnya, bisa gak yah digunakan untuk ferivikasi paypal?

herman sah

الحمد لله
saya udh buka atm brisyariah walaupun saya seorang pendatang tp cukup mudah untuk mendaftar cuma dgn surat keterangam domisili atau alamat kantor tempat kerja/id card dan uang sebesar Rp 50000 ,fasilitaspun sangat serba mudah karna tergabung pada jaringa atm bersama dan prima ,cuma ada satu pertanyaan saya apakah brisyariah bisa setor tunai di selain tempat asal buka rekening? Mohon dijawab! Trimakasih
والسلام عليكم

moh ali ridho

bisa terima uang dari luar negeri juga,,gak??

Sidratullah

BRI Syariah memang oke, I love BRI...

surya rahmawan

bri syriah mantap (Y)

sumaira khan

Bisa terima uang dari luar negri g? Atau bs transaksi ke luar negeri g?

yanti karisma

Terima kasih info ny...

puput puspitasari putri

Alhamdulillah akhirnya kutemukan kemantapan. Trmksh ya atas informasinya.. :)

anif yufroni

bisa bertransaksi di BRI konvensional gk?

hayunislah

Terimakasih infonyaaaa.. membantu bangeeeeetttt.. :) kebetulan lagi nyari bank yg kriterianya paaasss banget.. tengkyuuuu yaa

Rony Sutiyanto

gan, kalo rekening yang udah gak di gunain selama 1 tahun, dan mau di gunakan lagi apa masih bisa?? terimakasih gan,,

Anonim

apa BRIS bisa terima dana transferan melalui internet banking dari bank lain ? apa harus melalui atm atau sms ?

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.