Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan

Cegukan di Tinjau Dari Kacamatan Kesehatan
Sobat,  pernahkah kalian mengalami cegukan? Pastinya hampir semua pernah mengalaminya. setidaknya sekali seumur hidup pasti pernah mengalami. Atau malah sering mengalaminya ? Karena cegukan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba. Misalnya saat makan terlalu cepat atau merasa kekenyangan. Hal ini sangatlah biasa. Akan tetapi, jika anda mengalami cegukan yang berkepanjangan atau terjadi sekian waktu tertentu hendaknya mencurigai apa  yang terjadi pada tubuh.
 
Dilansir dari laman alodokter.com menjelaskan bahwa cegukan merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Suara yang muncul selama cegukan terjadi ketika pita suara menutup pada saat otot berkontraksi.

Pada umumnya, cegukan dipicu oleh pola makan, misalnya makan terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah permen karet, atau mengonsumsi minuman yang bersoda secara berlebihan. Cegukan juga disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba, saat stress, atau terlalu bersemangat.

Akan tetapi teman, ada yang salah dengan kesehatan anda apabila anda mengalami cegukan yang berkepanjangan, dan hal ini sebaiknya segera dicari tahu penyebabnya. Meskipun penyebabnya belum dapat dipastikan secara jelas, namun ada kemungkinan yang menyebabkan terjadinya cegukan itu seperti iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, terjadinya radang tenggorokan, pembesaran pada kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan. Hal ini juga dibebakan oleh kehamilan, hernia hiatus, gangguan elektrolit, serta asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Tenyata, kondisi penyakit kronis seperti diabetes, penyakit parkison, gagal ginjal, kanker, dan efek samping dari kemoterapi dapat menjadi pemicu dari cegukan lo teman-teman. Selain itu, cegukan yang semacam ini dapat disebabkan oleh gangguan system saraf pusat, hal ini yang menjadikan tubuh tidak dapat mengendalikan cegukan.

Didapat dari halaman yang sama, mimin akan memaparkan cara mengatasi cegukan yang berkelanjutan ini.

Pada umumnya, cegukan dapat diatasi dengan cara sederhana seperti menahan napas beberapa saat, meminum air dengan cepat, berkumur atau mengisap lemon. Ada pula yang menarik lutut kearah dada dan menunduk hingga dada terasa tertekan. Namun jika cegukan yang dialami ini terjadi secara terus-menerus dan sampai lebih dari tiga jam maka disarankan untuk segera konsultasikan ke dokter.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa pilihan penanganan yang dapat anda lakukan sesuai riwayat penyakit yang anda miliki. Misalnya, penderita penyakit asam lambung yang mengalami cegukan terus-menerus akan disarankan untuk mengurangi produksi asam lambung.

Atau kepada pasien yang mengalami cegukan parah hingga tingkat kronis, maka dokter akan memberikan obat seperti Chlorpromazine, Haloperidol, obat anti kejang Asam Valproat, Fenitoin, dan Carbamazepine serta obat anti muntah Metoclopramide.

Apabila pengobatan diatas tidak juga membuahkan hasil, maka biasanya dokter akan merekomendasikan suntikan obat bius local pada saraf yang ada diantara leher dan dada. Atau juga member pilihan untuk menempatkan implan agar memberikan stimulasi elektrik ringan pada saraf agar cegukan dapat berhenti.

Nah sobat, sebenarnya cegukan tidak berbahaya, namun jika terjadinya terus-menerus dalam waktu yang cukup lama maka itu merupakan tanda bahaya bagi tubuh. Untuk itu segera konsultasikan pada dokter ketika sobat mengalami hal serupa. Sekian dari mimin, semoga bermanfaat untuk kita semua.





0 komentar: