Manfaat Kulit Buah Naga Yang Jarang Diketahui

Bagi kalian penggemar buah, kira-kira buah apa si paling kalian suka? Adakah yang menyukai buah naga? Jika iya, dibagian apa yang anda sukai? Pasti dagingnya bukan ? Daging buah naga yang enak dan segar jika dikonsumsi langsung maupun diolah semjadi soup bah maupun jus. Selain itu lezat juga jika di olah  menjadi selai buah naga. Selain warnanya yang khas dan sangat menarik, buah ini memiliki banyak manfaat loh bagi kesehatan. Namun pada umumnya, kebanyakan orang hanya memanfaatkan daging buahnya saja untuk dikonsumsi. Padahal kulit dan batangnya pun memiliki manfaat yang terpendam yang pastinya menyehatkan tubuh.
 
Baiklah, pada kesempatan yang indah ini, mimin akan menyajikan salah satu bagian dari buah naga yang sering kalian abaikan, yaitu adalah kulitnya.

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang mengandung banyak nutrisi, namun kulitnya pun banyak kandungan di dalamnya. Kulit buah naga dipercaya memiliki kandungan taraxast, pentacylic dan triyepene yang sangat baik untuk peredaran darah. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui hal ini jadi mereka tidak akan memanfaatkan kulinya alias dibuang ketika sudah dikupas.

Berikut adalah manfaat kulit buah naga yang akan didapatkan setelah anda memanfaatkannya :

  1. Dapat Digunakan Untuk Pewarna Makanan
    Kulit buah naga mengandung zat pewarna alami yang disebut betasianin serta mengandung mineral yang sangat tinggi. Zat pewarna alami ini tentunya baik digunakan sebagai pewarna pada makanan dibanding dengan pewarna sintesis yang berbahaya bagi tubuh.

  2. Dijadikan Masker Wajah
    Selain itu, kulit buah naga sangat baik untuk perawatan kulit, maka tak heran jika kulit buah naga dapat anda jadikan masker wajah. Hal ini disebabkan, kandungan vitamin E yang baik untuk kulit. Untuk itu ketika digunakan sebagai masker wajah maka keuntungan yang akan anda dapatkan antara lain kulit wajah anda akan nampak lebih bersih, kencang, putih dan terasa awet muda serta dapat menghilangkan kerutan.

  3. Melenturkan Pembuluh Darah
    Baru-baru ini dilakukan penelitian yang mendapakan hasil bahwa di dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang dapat melenturkan pembuluh darah. Senyawa ini mampu mengatasi segala permasalahan yang berkaitan dengan pembuluh darah/ senyawa aktif mampu melenturkan pembuluh darah ini antara lain taraxast 12, pentacylic triyepene 20ene 30aol, kedua senyawa ini mampu membuat pembuluh darah menjadi lentur dan tetap sehat. Sampai saat ini diyakini bahwa belum ada obat kimia yang mampu mengatasi masalah ini. Maka kulit naga ini dapat digunakan sebagai terobosan terbaru di bidang esehatan dan dapat digunakan sebagai obat alami bagi pasien yang mengalami penyempitan.

  4. Mengobati Tumor
    Senyawa yang terkandung dalam kulit buah naga ini berperan aktif dalam penghambatan pertumbuhan sel abnormal yang kemudian berpotensi menjadi tumor. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengolahnya menjadi minuman herbal. Misalnya mengolahnya menjadi the dan mengonsumsinya 2 kali sehari.

  5. Mendeteksi Adanya Boraks Dan Formalin
    Jika tubuh menelan boraks dan formalin dalam jangka yang panjang dapat meyebabkan tubuh kita mengalami banyk gangguan kesehatan yang fatal. Misalnya, kanker tumor, kerusakan otak dll.
    Kulit buah naga dapat digunakan sebagai alat pendeteksi boraks dan formalin. Caranya mudah, anda hanya perlu menyiapkan kulit buah naga yang dipotong dan rendam dalam air tawar yang telah diberikan persaan jeruk nipis. Setelah itu, tunggu hingga air berubah warna menjadi merah. Setelah itu siapkan tisu dan celupkan pada air rendaman tadi. Kemudian tempelkan tisu tersebut pada makanan yang hendak diuji. Jika tisu tidak berubah warna maka makan tersebut mengandung boraks atau formalin. Tetapi abalika warna berubah dari merah menjadi putih maka makanan tersebut  tidak mengandung boraks atau formalin.
Nah itulah sobat beberapa manfaat dari kulit buah naga yang mungkin jarang orang mengetahuinya. Semoga bermanfaat.




loading...


0 komentar: