Manfaat Bubur Sumsum Bagi Kesehatan Tubuh

Berbicara tentang makanan sehat, kali ini mimin akan menyajikan informasi tentang manfaat dari salah satu makanan tradisional bangsa Indonesia. Apakah itu? Yup ! Bubur. Dan bubur tersebut ialah Bubur Sumsum. Pasti sobat pembaca sudah tidak asingkan dengan makanan satu ini, walaupun tak se-ngetrend bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam. Namun keberadaannya masih bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan penjual keliling. Selain itu, biasanya masih ada tradisi dimana ketika seseorang telah selesai mengadakan hajatan sang penyelenggara hajat akan membuat bubur sumsum sebagai tanda selesainya hajatan atau sebagai tanda pembubaran panitia. Tapi tahukah anda bahwa selain sebagai kuliner tradisional Indonesia yang khas dan enak, bubur sumsum pun memiliki banyak manfaat loh bagi kesehatan. Nah loh.. apa ya kira-kira manfaatnya ? yuk kita bahas di bawah ini :

Bubur sumsum memang sudah ada sejak zaman dulu sebagai makanan tradisonal bangsa Indonesia. Makanan yang berbahan dasar tepung beras dengan teksturnya yang lembut ini pada umumnya berwarna putih dengan kuah berwarna merah yang berasal dari gula merah, baik gula aren maupun gula kelapa.

Bubur yang merupakan warisan budaya bangsa ini memiliki  banyak manfaat yang konon ceritanya dijadikan salah satu makanan tradisonal bangsa melayu, begitu pula ketika masuk ke Indonesia. Wah sungguh tua usia bubur ini ya. Meskipun tampilannya sederhana, namun bubur ini cocok disantap saat sarapan pagi karena dapat menjadi sumber energy untuk menopang rutinitas kita di pagi dan siang hari. 

Bubur sumsum yang berasal dari tepung beras ini memiliki banyak nutrisi, seperti mineral, vitamin, serta serat yang dapat menjaga usus dan system pencernaan kita. Selain itu, mengapa mimin sampaikan bubur sumsum dapat menghasilkan energy? Ini dikarenakan tepung beras yang kaya karbohidrat sehingga setara perannya dengan nasi.

Kemudian santan yang menjadi salah satu bahannya tentu mengandung lemak jenuh yang membantu meningkatkan energy dan juga meningkatkan system kekebalan tubuh kita semua karena sifatnya sebagai antibakteri dan antivirus. Perlu diketahui, santan dapat menyembuhkan radang tenggorokan loh.

Kemudian kuah yang terbuat dari gula merah yang juga membantu dalam peningkatan system imun karena kandungan vitamin seperti thiamin, niacin, riboflafin, vitamin C, asam folat serta mineral. Bubur sumsum yang lezat ini  juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena rendah kolesterol juga baik bagi perkembangan bayi karena kandungan didalamnya. Bubur sumsum juga merupakan salah satu jenis makanan penambah tekanan darah pada ibu hamil. Karena santan yang mengandung zat besi dan dapat membantu tubuh memproduksi hemoglobin lebih banyak agar tidak terjadi anemia atau kekurangan darah pada tubuh ibu. Jadi ibu hamil tidak perlu mengonsumsi suplemen atau vitamin  untuk menambah darah, karena bubur sumsum jauh lebih alami.

Nah sobat pembaca, banyak juga kan ternyata khasiat dari bubur sumsum ini. Hal ini tak lepas dari bahan-bahan yang terkandung di dalam bubur sumsum itu sendiri. Semoga postingan mimin kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca.




loading...


0 komentar: