Waspadai Bahaya Mengucek Mata

Dimusim kemarau yang panjang ini, sudah tidak mengherankan jika banyak sekali debu bertaburan dimana-mana. Terutama di jalan raya. Debu-debu yang halus terus berterbangan kemanapun ia mau ketika angin sedang berhembus dan kemudian mengganggu para pengendara yang lewat dengan masuk ke dalam mata. Peristiwa ini sering kita sebut kelilipan. Nah setelah itu apa yang terjadi? Pada umumnya, jika kita yang mengalaminya pasti otomatis akan mengucek mata kan? Nah tau tiak teman-teman kalau sebenarnya aktivitas menguce mata seperti ini sangat tidak dianjurkan oleh pakar-pakar kesehatan.

Sebenarnya tidak hanya ketika kelilipan ya teman, bahkan jika ini sudah menjadi suatu kebiasaan maka seringkali ketika bangun tidur, merasa mengantuk, dan lain sebagainya kita mengucek mata. Awalnya tujuan ini hanyalah untuk membuat kita nyaman dan menghilangkan rasa gatal pad mata, namun ternyata hhal ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada mata tersebut.

Dikutip dari hellosehat.com, sebenarnya mengucek mata adalah cara untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Hal semacam ini tentunya akan membantu mata untuk menghilang debu serta zat-zat yang mengiritasi lainnya yang menganggu mata. Tidak hanya itu, jika air mata keluar ddipercaya dapat mengurangi rasa stress yang dialami. Stress dapat berkurang ketika kita menekan area mata, karena hal ini dapat merangsang saraf vagus untuk memperlambat denyut jantung dan membantu kita untuk riles kembali.

Kembali ke akibat dari mengucek mata ya teman, ketika kita mengucek mata dengan kasar, maka akan menyebabkan pembuluh-pembuluh darah kecil di area mata menjadi pecah. Nah hal inilah yang akan menimbulkan lingkaran-lingkaran atau sebaran warna gelap yang mengganggu penampilan mata.

Kemudian, ketika teman-teman mengucek mata, perhatikan kebersihan tangan yang kalian gunakan. Tangan yang tidak bersih akan membawa lebih banyak bakteri dan kuman dibanding bagian tubuh kalian yang lain loh. Karena, kuman dan bakteri yang berpindah ke matamu akan menimbulkan infeksi pada mata, seperti konjungtivitis. Karena mata dilindungi oleh membrane berlendir yang fungsinya untuk menjaga kelembapan mata setiap saat dan inilah tempat yang sangat disukai oleh bakteri serta parasit untuk dijadikan tempat tinggal. Jadi ketika teman-teman uasi melakukan berbagai kegiatan seperti memgang barang, berkontak dengan hewan atau orang lain ada baiknya untuk mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu jika hendak mengucek mata.

Selain itu, jika mata gatal karena debu, kemudian kalian menguceknya dengan tujuan agar debunya keluar sebenarnya dapat menimbulkan resiko seperti kornea mata tergores akibat benda atau debu tersebut. Maka disarankan untuk merendam matamu menggunakan air yang bersih dan steril sambil dikedip-kedipkan agar benda atau debu tersebut cepat keluar.

Nah hati-hati juga untuk teman-teman yang memiliki riwayat sakit mata jika hendak menguceknya. Misalnya kamu memiliki mata minus, hati-hati hendak menguceknya, karena beberapa orang minusnya menjadi parah setelah mereka menguceknya. Sama halnya dengan penderita glukoma, mengucek mata dapat mengganggu aliran darah dan beresiko menjadi rusak parah. Jika kamu melakukannya terlalu keras dan sering, maka hal fatal yang akan terjadi misalnya seperti kehilangan daya penglihatan secara permanen.

Namun ada yang lebih mengkhawatirkan lagi jika teman-teman sering mengucek mata, yaitu kornea mata menipis. Hal ini mengakibatkan bentuk kornea matamu agak mengerucut. Kondisi inilah yang disebut Keratokonus. Keratokonus adalah kondisi serius yang dapat mengakibatkan penglihatan teman-teman mengalami distorsi. Bahkan kamu bisa jadi membutuhkan tranplantasi kornea baru untuk mengatasinya.

Oiya teman, tahukah bahwa kantung mata yang menghitam yang selama ini kita tahu akibat dari kurang tidur atau kelelahan sebenarnya tidak semuanya benar. Kebiasaan mengucek mata dengan sering dapat menjadi latar belakang mengapa kantung mata menjadi hitam dan membesar.

Nah jika begitu, lalu bagaimana cara yang sebaiknya kita lakukan ketika mata kita kemasukan debu atau kelilipan atau gatal? Untuk mencegah iritasi dan berbagai masalah yang dapat timbul seperti yang mimin tuliskan di atas, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut :

  • Jika mata terasa gatal, pakailah obat tetes mata.
  • Jika mengucek mata karena merasa stress, alihkan perhatian anda ke suatau object atau lakukan kegiatan yang membuat mata lebih nyaman.
  • Atau anda dapat menggunakan tisu basah atau handuk basah untuk mengusap daerah mata anda ketika merasa kurang nyaman.
Baiklah, itu ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat mimin sarankan. Namun jika ada pilihan lain yang dapat teman-teman gunakan untuk membuat mata nyaman tanpa menguceknya dipersilakan.

Semoga bermanfaat.





0 komentar: