Cara Instal Ulang Windows XP

16
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,

Cara Instal Ulang Windows XP - Mungkin bagi anda yang sedang membuka blog ini atau mencari artikel tentang cara menginstal ulang windows xp, pasti anda sedang mengalami masalah dengan komputer anda ? entah masalah yang dikarena virus atau masalah masalah lain. dan anda ingin mencari tau bagaimana cara untuk menginstal ulang windows tersebut. Nah untuk itu Permathic blog akan memberikan tips kepada anda tentang bagaimana cara untuk menginstal ulang windows XP anda. Sebab dengan anda menginstal ulangnya sendiri, tentu akan dapat lebih menghemat biaya tentunya (hehehe). Dan Berikut langkahnya :


1. Nyalakan pc anda lalu masukan driver/cd Windows anda, kemudian restart pc anda.

2. Kemudian setelah pc hidup tekan tombol Delete pada keybord agar anda dapat masuk di BIOS (Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard. anda dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.

3. Setelah anda masuk ke dalam bios, pilih Boot pada menu dan pilih item Boot device priority

4. Setelah itu anda rubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard.Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi anda.


5. Restart komputer anda lalu pada layar berikutnya tekan sembarang tombol dengan cepat, dan anda akan di bawa pada tampilan seperti di bawah ini:

6. Setelah pada tampilan di atas tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.

7. Pada aksi selanjutnya anda akan di bawa pada layar seperti pada gambar di bawah ini:

Pada gambar di atas posisi partisi belum terisi oleh sistem windows. Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal. setelah itu and akan di perintahkan untuk menentukan berapa kapasitas partisi yang akan di buat ( anda bebas menentukan berapa dan seberapa besar kapasitas pada masing masing partisi ).

8. Tekan Enter Untuk melanjutkan ke proses penginstalan, atau Delete untuk menghapus partisi, setelah anda Memilih Enter, maka anda akan di bawa pada tampilan seperti di bawah ini:

Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter untuk melanjutkan pada proses berikutnya.

9. Jika anda melakukan ke 8 proses itu secara benar maka pc anda akan melakukan proses penginstalan dan merestar lalu anda akan masuk pada tampilan layar seperti di bawah ini:


Setelah proses penginstalan selesai, klik Next, lalu isikan nama organisasi anda, lihat pada gambar di bawah:


Pada layar berikutnya anda  di haruskan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type w
indows anda lalu tekan Next lagi.

Sekarang isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.jika tidak ingin diberi password maka langsung saja klik next.

Set Time Zone pada posisi (GMT+7) klik Next.

Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan anda secara manual lalu klik Next.

Bila anda terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan anda dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.

Selanjutnya anda tinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama anda. hingga anda berada pada tampilan Dekstop Windows seperti di bawah ini. Sekarang anda tinggal menginstal driver hardware CPU anda.










Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

16 komentar:

Rivaldy d'CriticaL TrinitY

Gan.. masih work gak itu..?
terus... File yang ada di C: / D: bakalan hilang gak.?

tips komputer

wah sip panduan instalasinya.
salam kenal!

Eka Jonathan Setyawan Gojali!

kk klo ambil screenshootnya gmana? aku pusing mo bikin postingan di blog buat temen saya di sekolah

fashion

waaaa... bermanfaat sekali nih...thanks buat infonya ya... :)

yuli

terima kasih infonya

blogger indonesia

rumit om

Tips Dan Trik Tentang Berbagai Cara Merawat Komputer

Mkasih bro :)

Qoreader

ada baiknya ditambahkan video langsung gan.. pasti lengkap penjelasannya.

jam tangan

mantap gan makasih banget infonyaaa
jd tambah pengetahuan
sangat membantu tutorialnyaaa

Jam Tangan Alexandre Christie

siip, akhirnya berhasil jg saya installnya. thanks

Unikgaul.com

ternyata install xp tidak sulit ya :D

hilaga

mantap bro postingnya bagus, ditunggu updatenya ya, thanks

zuko

wah, panjang juga ya langkah2nya.. Btw yg dimasukin itu CD Drive apa CD windowsnya? Soalnya sy ga punya cd windows, apa bisa pake cd drive?

Thanks

jam tangan original

mantap gan thanks banget tipsnya !

tv online

wah mantap ane jadi bisa install ulang gan, terima kasih.

Applicad Indonesia

Thanks for share