Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

4
Diposkan oleh Adi Wijaya on Sabtu, 02 Maret 2013 , in ,



Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan -
Mungkin kacang yang satu ini belum begitu familiar dan populer buat kita, tidak seperti halnya kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang hijau yang sering di konsumsi dan sangat populer bagi masyarakat indonesia. Karena memang kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau lebih sering di jadikan makanan olahan, apalagi kacang kedelai yg memang merupakan bahan baku pembuat tempe dan tahu, sehingga kacang tersebut sangat populer untuk masyarakat indonesia. Tapi bukan berarti kacang merah tidak bisa seperti kacang kedelai, kacang tanah maupun kacang hijau, kacang merah juga bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya es kacang merah yg super enak. Seperti halnya jenis kacang kacangan, kacang merah juga memiliki nilai gizi yang tinggi juga loh.. dan sangat baik untuk kesehatan kita, mau tau ? untuk lebih jelasnya baca uraian di bawah ini..


Kacang merah tergolong makanan nabati kelompok kacang polong (legume); satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, dan kacang uci. Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar).

Kandungan Kacang Merah

Kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.

Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian.

Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.

Manfaat Kacang Merah

  • Mencegah kolesterol jahat dan memperlancar pencernaan (anti sembelit). Kandungan fibernya yang tinggi difermentasi dalam usus besar dan menghasilkan asam-asam lemak rantai-pendek, yang dapat menghambat sintesis kolesterol hati. Belum lagi kandungan Omega-3 dan Omega-6 juga akan sangat membantu;
  • Mencegah resiko diabetes karena kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna;
  • Membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri (sehingga mengurangi resiko penyakit jantung) dengan kandungan folat dan vitamin B6;
  • Membantu program diet karena fibernya akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh;
  • Menjaga fungsi sistem syaraf, metabolisme karbohidrat, dan mencegah penyakit beri-beri dengan kandungan thiamin;
  • Membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin serta menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6;
  • Membantu proses pembekuan darah pada luka
  • Membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, pembentukan enzim, pembentukan tulang, mencegah resiko anemia (darah rendah) dengan kandungan zat mineral zinc, besi, dan tembaga.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kacang merah, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda. jangan lupa terus dukung Permathic Blog dengan memberikan g+1 nya ya.. terimaksih..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

4 komentar:

lulus utami

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari kacang merah. Namun di daerah saya agak sulit untuk mendapatkan kacang merah ini.

Direktori Weblog

Dari dulu memang kacang merah terkenal banyak manfaatnya ya, mas.
Makasih sharingnya dan salam kenal .

Kalau sempat mampir balik :)

mysha

saya termasuk penyuka makananan olahan dari kacang merah. di jepang, ada beberapa camilan yang diisi pasta kacang merah. di korea juga begitu. di Indonesia, kacang merah lebih sering diolah menjadi sup, es kacang merah, dll. memang masih jarang makanan olahan dari kacang merah jika dibandingkan dengan kacang hijau...

nice article^^

Fadelia Selvonia

Wah terimakasi saya akan sering mengkonsumsinya gomawo ^^

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.