Pelumas Khusus untuk Pemeliharaan Mesin pada Industri Makanan dan Minuman




Pelumas Khusus untuk Pemeliharaan Mesin pada Industri Makanan dan Minuman

Sebuah metode pengembangan pengolahan makanan dengan sistem pengalengan bertujuan untuk mengawetkan makanan atau minuman yang mudah rusak dalam bentuk yang stabil dan dapat disimpan, serta dikirim ke market yang lebih jauh selama berbulan-bulan. Pengolahan tersebut akan merubah makanan dan minuman menjadi bentuk baru yang memberikan manfaat, yaitu membuat makanan dan minuman menjadi lebih mudah untuk disiapkan atau dikonsumsi. Sedangkan pada tahapnya memiliki serangkaian proses yang membutuhkan berbagai macam mesin.

Tahapan tersebut diantaranya printing, slitting atau shearing, pressing, assembly, dan canning. Dengan serangakain proses tersebut pastinya membutuhkan berbagai macam mesin seperti mesin printing dan coating, mesin slitting, mesin stamping press dan liner, serta mesin welding dan solder. Dengan spesifikasi mesin-mesin yang berbedayang disesuaikan dengan penggunaannya, tentunya tetap membutuhkan pemeliharaan mesin. Pemeliharaan ini dilakukan agar proses produksi selalu berjalan dengan lancar. Jika mesin-mesin tersebut tidak dilakukan perawatan dapat terjadi kerusakan sewaktu-waktu, yang tentunya dapat menghambat salah satu proses produksi.

Salah satu jenis perawatan yang sangat perlu diperhatikan dan dalam kapasitas sederhana adalah penggunaan pelumas untuk mencegah keausan terhadap mesin. Oleh karena itu, penggunaan pelumas memiliki peranan yang sangat penting bagi eksistensi mesin agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Banyak jenis pelumas yang yang dapat disesuaikan dengan mesinnya. Sebagaimana pada mesin pengalengan makanan dan minuman tersebut, jenis pelumas yang digunakan bukanlah sembarang jenis pelumas. Akan tetapi jenis pelumas khusus yang aman jika terkontaminasi terhadap makanan. 


            Pelumas tersebut telah disediakan oleh PT Libratama, sebagai perusahaan pemeliharaan mesin (industrial maintenance) untuk segala macam insustri. Pelumas ini merupakan jensi gemuk atau grease yang memiliki fungsi multiguna untuk beragam jenis aplikasi. Grease dengan seri produk Drathon 658.02, ‘Crystal FM Grease’ memilki tingkat kekentalan (viskositas) yang tinggi, dengan sifat yang tidak berbau dan berwarna. Drathon 658.02 telah memenuhi standar FDA (Food and Drug Administration)dan mendapatkan persetujuan dari USDA sebagai pelumas kelas H-1 yang digunakan sebagai pelumas di mana sering terjadi kontak dengan makanan. Pelumas ini tahan terhadap suhu rendah hingga -400 F. Sedangkan pada temperatur tinggi tidak meleleh. Grease ini akan memberikan pertahanan yang sangat baik terhadap ‘water wash-out’, serta memberikan perlindungan terhadap karat. Dengan tingkat viskositas yang tinggi, maka jenis pelumas ini tidak akan lepas, melekat dengan kuat pada permukaan.

            Tidak hanya itu, jika Anda menginginkan jenis perawatan lain untuk berbagai mesin industri, Libratama menyediakan ragam produk diantaranya battery diagnosis, kompresor, kamera infrared, tank linings, peralatan berbasis pneumatik, ceramic coating, peralatan kelistrikan yang memenuhi standar, dan lain-lain. Jika peralatan di atas digunakan sebagai pemeliharaan untuk mencegah kerusakan, maka peralatan listrik dengan kulitas bagus akan menghindari terjadinya korsleting listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran. Selain itu, pada saat dilakukan inspeksi listrik akan dijamin sebagai produk yang aman.






2 komentar:

Abed Saragih said...

Bagian industri yang tahu tentang pemeliharan mesin seperti ini,terima kasih informasinya mas.

andy said...

makasih ya salam sukses selalu ide peluang bisnis rumahan