Cara Mudah Menghilangkan Noda Bandel Pada Pakaian

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Semenjak admin hidup mandiri jauh dari orang tua alias ngekost, admin jadi terbiasa nih melakukan semua pekerjaan sendiri termasuk mencuci pakaian, karna siapa lagi yang akan mencuci kalau bukan kita sendiri ? mau di laundry ? aduh sayang, mending uangnya untuk hal yang lain. Lagipula mencuci bukan hal yang sulit kok.. hehehe.. “anak kost”. Sebenarnya mencuci pakaian bukan hal yang baru bagi admin. Karena mencuci pakaian sudah diajarkan oleh orang tua admin sejak admin masih duduk di bangku SMP. Jadi bisa dibilang mencuci baju sudah menjadi hal yang biasa bagi admin.. hehehe... “kok jadi curhat”

BTW, mencuci pakaian itu sebenarnya sangat mudah. Tinggal direndam dengan detergen selama beberapa menit, udah deh tinggal di kucek-kucek abis itu di bilas. Tapi ga semua noda bisa dengan mudah di hilangkan loh.. ada beberapa noda yang susah dihilangkan walaupun sudah berkali-kali disikat. Dan mencuci juga rus bisa kontrol emosi juga ya, jangan sampai gara2 noda ga ilang2 .. eh... bajunya disikat terus ampe kainnya sobek... “hehehe.. lebay...” yang jelas ga sampe segitunya kan.. ? Nah bagi kaum ibu – ibu atau kaum-kaum yang lainnya yang lagi butuh solusi menghilangkan noda bandel pada pakaian, kali ini admin akan share informasi mengenai hal tersebut..  akan tetapi cara menghilangkan noda tersebut bergantung pada penyebab noda, karena beda penyebab maka akan beda cara dan bahan yang di butuhkan.. Ok langsung saja kita simak.


Tips dan Cara Menghilangkan Noda Bandel Pada Pakaian


  • Noda Getah Buah Kopi Atau Anggur
    Dibersihkan menggunakan air sabun dan borax atau spirtus panas.
  • Noda Karet
    Menghilangkan noda karet bisa dibersihkan diatas air panas dan zuring zout (racun). Tempatkan di wadah yang panas, kemudian bilas dengan air secukupnya.
  • Noda Tinta
    Untuk membersihkan noda tinda anda bisa mempergunakan susu, jeruk, dan yang lebih cepat bisa anda gunakan citroenzuur (sitrun) diatas air mendidih, lalu bilas dengan air secukupnya.
  • Noda Cat dan Oli
    Bersihkan menggunakan terpentin dan sabun cuci.
  • Noda Kunyit
    Dibersihkan dengan sabun dan borax.
  • Noda Cokelat
    Anda bisa membersikan dengan menggunakan glyserin, kelantang.
  • Noda Darah
    Membersihkan noda darah caranya cukup mudah rendam baju yang kena darah dengan air hangat kuku dan garam. Ingat jangan menggunakan air panas.
  • Noda Minyak, Mentega, Dan Lilin
    Dibersihkan dengan punggung pisau kertas kelabu. Setrika dengan panas hangat kuku diantara kertas kelabu. Noda yang masih tertinggal bisa menggunakan bensin, tetra atau air sabun. Nah untuk menghilangkan noda lilin sebaiknya dipatahkan terlebih dahulu lilin yang melekat pada pakaian tersebut.
  • Noda Gula Dan Manisan
    Dibersihkan dengan cara mencuci air menggunakan air hangat kuku.
  • Noda Yodium
    Noda yodium dibersihkan dengan hypo, lalu dibilas dengan air bersih.
  • Noda Luntur Pada Baju.
    Ambil asam cuka lalu campur dan larutkan dalam air bersama diterjen, lalu rendam pakaian yang terkena luntur tersebut selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih, anda juga bisa manfaatkan garam dapur secukupnya dengan cara yang sama seperti diatas.
  • Noda Pernis, Damar dan Aspal
    Patahkan hati-hati, keluarkan dengan spirtus panas. Bisa juga dihapus dengan menggunakan bensin atau tetra.
  • Noda Kotoran Lalat
    Dibersihkan dengan air biasa dan amoniak.
  • Noda Minyak Tanah
    Noda minyak tanah dibersihkan dengan cara disetrika diantara kertas kelantan atau diuapkan.

Nah semoga informasi yang admin sajikan diatas bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang memilki masalah pada noda pakaian. Sekian dan selamat mencoba.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Hanif abdan syakuro

kalo cara menjahit disini Pak,, Kursus Menjahit

lazu iana

wak keren juga tipnya
bisa juga dicoba untuk mencuci kaos kaki muslimah yang ada noda bandelnya..
Trima kasih...