Resep Seblak Pedas Mampus Kekinian

Selain teknologi, ternyata kuliner saat ini juga ikut berkembang pesat. Bisa dilihat dari makin maraknya tempat makan baru yang bermunculan. Dari banyaknya kuliner tersebut ada beberapa kuliner baru yang merupakan hasil inovasi atau banyak juga kuliner tradisional yang di improvisasi mejadi kuliner yang lebih kekinian sehingga dapat memancing peminat kuliner untuk mencobanya. Nah khusus di tempat mimin saat ini lagi trand dengan kuliner yang pedas-pedas. Salah satunya seblak yang super pedas sedang banyak di cari oleh para pemburu kuliner. Seblak biasanya banyak dijumpai/dijual di pinggir jalan, walaupun terkadang di beberapa restoran juga menyediakan menu si seblak ini. Makanan dengan tekstur kenyal ini memiliki rasa pedas dan menyegarkan serta dapat menambah bergairah makan kita, seblak juga memiliki banyak variasi dan inovasi baik rasa maupun bahan tambahan juga cara penyajiannya. Kalau buat mimin pribadi, si seblak ini kalau di makan bikin meleh deh. Pedas tapi bikin nagih. Nah bagi anda yang belum pernah mencobanya atau sudah pernah mencobanya tapi ini membuatnya sendiri di rumah, berikut ini cara membuatnya :

Cara Membuat Seblak

Bahan:

  1. Kerupuk kanji mentah 50 g
  2. Telur ayam 1 butir, kocok
  3. Daun bawang 1 batang, iris halus memanjang
  4. Seledri 1 batang, iris halus
  5. Garam 1 sdt
  6. Penyedap rasa 1/2 sdt
  7. Kecap manis 1 sdm
  8. Cabe rawit 3 buah
  9. Bawang merah 2 siung
  10. Bawang putih 1 siung
  11. Kencur 2 ruas jari
 Cara membuat:

  1. Rendam kerupuk pada air panas hingga mengembang lalu tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling lengket.
  2. Ulek Cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus.
  3. Tumis bumbu hingga aromanya tercium wangi.
  4. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri. Aduk rata.
  5. Masukkan kerupuk. Aduk rata.
  6. Tambahkan telur yang telah dikocok tadi, aduk agar menjadi telur orak-arik.
  7. Beri sedikit air (2 sdm) lalu tambahkan garam dan penyedap rasa.
  8. Aduk hingga air berkurang atau hampir menguap baru kemudian tambahkan kecap manis. Aduk hingga air habis.
  9. Tuangkan seblak yang telah jadi pada piring saji.
  10. Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya.
Resep diatas merupakan resep seblak secara umum, jika ingin membuat versi lebih pedas atau bahkan super pedas, anda bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera anda. Selain itu jika anda ingin isinya lebih varian, bisa dengan menambahkan sosis, bakso, macaroni, ceker ayam, sea food dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.





0 komentar: