Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,

Cara Mengobati Penyakit Maag - Bagi anda yang mempunyai masalah dengan lambung pasti sangat tidak nyaman... telat makan perut akan terasa sakit dan perih, makan kebanyakan pun bakal buat sakit. Hah serba salah.. hal seperti ini merupakan hal biasa yang di alami oleh orang – orang yang mempunyai penyakit maag. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyakit lambung ini adalah penyakit yang sering di alami oleh orang orang yang pola makannya tidak teratur, alias suka telat makan. Namun sebenarnya tidak hanya karena telat makan saja orang bisa terkena maag, akan tetapi faktor makanan juga bisa picu maag. Karena untuk makanan - makanan tertentu bisa memicu lambung memproduksi asam secara berlebih.  

Adapun makanan yang bisa memicu maag antara lain :
  • Cokelat
  • Minuman bersoda
  • Makanan yang digoreng
  • Minuman beralkohol
  • Produk olahan susu yang tinggi lemak
  • Daging yang berlemak
  • Kafein
Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyaki maag ? Berikut tips untuk mencegah dan mengatasi penyakit maag :

Cara Mencegah Maag

  1. Makan yang teratur dengan gizi yang seimbang.
  2. Konsumsi makanan yang lunak dan lembut
  3. Hindari stress
  4. Istirahat dan olahraga yang teratur
  5. Hindari makanan dan minuman berikut ini:
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
  • Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
  • Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan
Namun bagi anda yang sudah terlanjur memiliki penyakit maag, berikut cara mengatasi / mengobati maag secara alami :

Cara Mengobati Maag Secara Alami

Kunyit (Curcuma longa atau C. domestica)
Seibu jari rimpang kunyit setelah dicuci, diparut. Parutannya kemudian diberi sedikit air dan diperas. Minum 2x sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah buaya (Aloe vera)
Ambil gel segar dari setengah lembar daun lidah buaya. Gel sebanyak ini diminum untuk sekali minum. Minumlah 2x sehari. Bisa diberi madu secukupnya. Untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini.

Kamomila (Matricaria recutita)
Seduh 1 sendok teh bunga kamomila dengan 150 ml air panas, diamkan selama 5 - 10 menit, lalu minum. Ulangi seduhan ini 3 - 4 kali sehari.

Kencur (Kaempferia galanga)
Untuk mengatasi sakit mag: 1 jari rimpang kencur dicuci bersih, dikupas, dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus, telan kunyahan kencur tadi disusul dengan minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

Cincau (Cylea barbata)
Ambil segenggam daun cincau (± 80 g berat basah). Daun dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Hasilnya diremas dengan air minum seperlunya dan saring. Agar lekas mengental, beri kapur sirih seperlunya. Setelah menggumpal, makan dengan air gula atau sirup. Lakukan ini 3x sehari, masing-masing sebanyak _ gelas minum (kapasitas gelas kira-kira 200 ml).

Meniran (Phyllanthus niruni)
Cuci dan rebus _ genggam daun meniran dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal _ nya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum dengan madu seperlunya. Lakukan cara ini 3x sehari.

Biji Alpukat
  • Cuci biji alpukat dengan air matang.
  • Parut biji alpukat.
  • Biji alpukat yang sudah diparut tadi dicampur dengan 100 CC air matang
  • Saring parutan biji alpukat lalu buang, cukup ambil sarinya saja untuk diminum.

Semoga dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit maag anda.... see you later..










Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

obat maag kronis

Jika Maag belum sembuh..
mungkin Obat Herbal bisa jadi alternatif...

obat maag

terimaksih untuk infonya..

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.