Manfaat dan Khasiat Bunga dan Daun Pepaya



Jika kita mendengar kata daun pepaya atau bunga pepaya pasti yang terlintas di benak kita ialah rasa pahit. Yups memang olahan makanan dari bahan baku yang satu ini rasanya pahit, walaupun sebenarnya jika diolah dengan benar rasa pahit tersebut bisa hilang sehingga pahit yang ditimbulkan tidak begitu mencolok. Akan tetapi walaupun daun dan bunga pepaya memiliki rasa pahit bukan berarti penggemar sayuran yang satu ini sedikit loh.. bahkan mungkin banyak yang menggemari sayur yang satu ini, termasuk admin juga loh.. hehehe.. banyak yang bilang kalo makan sayur daun or bunga pepaya bisa ningkatin nafsu makan. Apa iya ? emmm jadi penasaran.. untuk itu mari kita kupas tuntas mengenai bunga dan daun pepaya mulai dari kandungan, manfaat serta khasiatnya bagi orang yang mengkonsumsi bunga dan daun pepaya.


Kandungan Daun Pepaya

Berdasarkan penelitian para ahli, daun pepaya diketahui mengandung 35 mg/100 mg. Tocophenol. Sementara itu, daun pepaya muda juga diketahui banyak mengandung zat bernama alkaloid juga enzim papain. Enzim ini identik dengan getah berwarna putih kental. Fungsi dari enzim ini sendiri adalah untuk memecah protein sebab ia bersifat proteolitik. Sementara itu, pada daun pepaya yang sudah tua, senyawa yang dominan justru Fenolik. Seorang ahli bernama Suhartono, secara umum menyimpulkan bahwa, daun pepaya mengandung 3 varian enzim yakni papain sebanyak 10%, Khimoprotein sebanyak 45% dan juga Lisozim sebanyak 20% per 100%. Enzim khimoprotein sendiri berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dengan poplipetida. Sementara itu enzim lisozim berperan sebagai anti-bakteri dan bekerja dengan cara memecah dinding sel pada bakteri. Rasa pahit pada daun pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpainnya (C14H25NO2). Zat ini sangat ampuh digunakan sebagai penurun deman, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba seperti amuba.

Kandungan Bunga Pepaya

Nama Bahan Makanan : Bunga Pepaya Jantan
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Bunga Pepaya Jantan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Bunga Pepaya Jantan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Bunga Pepaya Jantan = 45 kkal
Jumlah Kandungan Protein Bunga Pepaya Jantan = 2,6 gr
Jumlah Kandungan Lemak Bunga Pepaya Jantan = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Bunga Pepaya Jantan = 8,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Bunga Pepaya Jantan = 290 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Bunga Pepaya Jantan = 113 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Bunga Pepaya Jantan = 4,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Bunga Pepaya Jantan = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Bunga Pepaya Jantan = 0,01 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Bunga Pepaya Jantan = 23,3 mg
Khasiat / Manfaat Bunga Pepaya Jantan : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Daun Pepaya


  • Obat Penambah Nafsu Makan
    Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.
  • Melancarkan ASI Ibu Menyusui
    Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun pepaya muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas p4yud4r4 ibu kecuali bagian put!ng.
  • Memperkuat Tulang Dan Gigi
    Memakan sayur daun pepaya dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan lebih sehat.
  • Melancarkan Pencernaan
    Cukup mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau diolah menjadi tumis maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.
  • Mengobati Nyeri Saat Haid
    Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan nyeri haid, cobalah ramuan tradisional daun pepaya. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.
  • Menghilangkan Jerawat Di Wajah
    Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun pepaya adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.
  • Mencegah Penyakit Kanker
    Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.
  • Mengempukkan Daging
    Manfaat lain daun pepaya adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.
  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.
  • Mengobati Demam Berdarah
    Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun pepaya tersebut.

Manfaat Bunga Pepaya

Bunga pepaya memiliki karakteristik rasa yang pahit sama seperti daunnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr. Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Dengan demikian, salah satu khasiat bunga pepaya adalah membantu penyembuhan penyakit jantung.

Selain mengandung senyawa alkaloid carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji klinis, ternyata senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya ini sangat ampuh melumpuhkan pengaruh radikal bebas di dalam tubuh manusia dan juga membersihkan darah.

Perlu Diwaspadai !

Walaupun menyimpan beragam manfaat, namun penggunaan daun pepaya untuk pengobatan harus senantiasa berhati-hati. Sebab, selain memiliki sifat anti-mikroba, daun pepaya juga memiliki sifat toksitas. Getah pada pepaya bersifat irritant, vesicant dan dermatogenic terhadap kulit sehingga bagi sebagian orang yang sensitif, hal ini tentu akan mengganggu bahkan bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan melukai komponen kulit. Sementara itu, bagi sistem pencernaan, kandungan senyawa pepaya terutama pada getah bisa merangsang terhadinya gastritis berat dan memicu asma juga rhinitis. Jadi tetap berhati-hati.

Nah gimana ? ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa di manfaatkan. Akan tetapi daun dan bunga pepaya juga kaya akan manfaat. Oke sekian dulu postingan kali ini, semoga artikel yang admin rangkum dari berbagai sumber ini bisa bermanfaat bagi anda..






9 komentar:

Abed Saragih said...

Rasanya pahit mas tapi enak kalau daun bunga pepaya ini ditauco dicampur udang.

Anonymous said...

bagaimana cara memasak bunganya?

Anonymous said...

rasanya agak pahit ya mas??

Unknown said...

nice article
thank you

Anonymous said...

kandungan bunganya dapet dari buku apa ya? makasih :)

Unknown said...

walaupun untuk makannya agak merem-merem

Pepaya Untuk Ibu Hamil said...

Memang ya walaupun bermanfaat kita harus bijaksana dalam mengkonsumsi organ pepaya ini. Tipsnya ya di masak terlebih dahulu. BTW admin juga suka makan daun pepaya ?

Unknown said...

Klo mseh phit berati blm bisa cara msak y... biar ga pahit direbus dlu sma air garam.. garam y hrus byk yaa.. kira2.. 1- 2 genggam garam biar phit y hlg.. drebus sampe mateng.. bru deh dibikin urep ataw tumisan.. enakkk

Unknown said...

Boleh g ibu hamil mengkonsumsi bunga pepaya