Cara Mengatasi dan Mengobati Luka Bakar Ringan



Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal ini, baik luka bakar berat maupun luka bakar ringan yang disebabkan terkena percikan api atau yang lainnya. Dan biasanya kulit yang mengalami luka bakar akan melepuh, memerah atau membengkak dan biasanya akan muncul cairan didalam kulit yang mengalami luka bakar tersebut.. luka bakar mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal jika kita cermati luka bakar termasuk luka yang serius loh, karena banyak kasus yang terjadi pada kulit yang mengalami luka bakar akan sulit pulih bahkan ada yang tidak bisa pulih seperti keadaan semula. Hal ini bisanya dikarenakan rusaknya jaringan pada kulit sehingga jaringan pada kulit tidak bisa pulih seperti keadaan semula.

Nah.. pada postingan kali ini kita akan membahas masalah luka bakar tersebut, namun kita akan batasi topik mengenai luka bakar kali ini hanya pada cakupan luka bakar ringan yang bisa diatasi sendiri secara alami dan cepat. Sebelum kita bahas mengenai cara mengatasi dan mengobati luka bakar, baiknya kita juga perlu mengetahui apa – apa saja yang dapat menyebabkan luka bakar. Berikut penyebab luka bakar :


Penyebab luka bakar


  • Api atau benda panas, yang merupakan penyebab tersering dari luka bakar. Terjadi jika kulit kontak atau terpapar dengan api, uap panas, air panas, minyak panas, atau logam panas.
  • Luka bakar akibat benda panas dapat terjadi akibat dari kebakaran, mobil yang mengalami kecelakaan, kecelakaan akibat petasan, kecelakaan rumah tangga, ledakan tabung gas, ledakan bom, menyentuh knalpot sepeda motor yang panas, dll.
  • Bahan kimia. Terjadi jika kulit kontak dengan bahan-bahan kimia yang tergolong asam kuat atau basa kuat yang dapat bereaksi menghasilkan panas, seperti senyawa kimia kaustik (natrium hidroksida atau perak nitrat, dan asam seperti asam sulfat atau orang sering menyebutnya dengan air keras).
  • Aliran listrik atau sambaran petir.
    Luka bakar karena aliran listrik dapat terjadi akibat menyentuh kabel maupun sesuatu yang menghantarkan listrik dari kabel yang terpasang.
    Sedangkan kecelakaan akibat tersambar petir bisa terjadi jika seseorang secara terbuka berdiri di lapangan luas saat ada petir, jika seseorang bersandar pada atau berada di dekat batang pohon yang tersambar petir (paling jauh 2 meter dari pohon tersebut) atau jika seseorang berdiri atau berjongkok dekat tanah yang tersambar petir.
  • Radiasi. Dapat terjadi jika terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, radioterapi pada pengobatan kanker atau akibat efek panas dari radiasi gelombang mikro.


Cara Mengatasi Dan Mengobati Luka Bakar Ringan


  • Mentimun dan Kentang
    Ambil sepotong mentimun dan sepotong kentang dengan bagian perbandingan yang sama. Kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada badan/luka bakar. Campuran mentimun dan kentang menyerap panas dalam kulit dengan baik. Kentang mengandung anti peradangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membuat kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang trebakar sampe mongering, Lalu bilas dengan ir dingin. (Bisa dipakai salah satunya : mentimun atau kentang saja)
  • Lemon
    Peras sari lemon, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (sinar matahari). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar.
  • Lidah buaya
    Ambil sebatang Lidah buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidahbuaya mampu meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Atau bisa anda haluskan (blender), lalu aplikasikan pada kulit luka bakar.
  • Baking Soda
    Cukup campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.
  • Tomat dan stroberi
    Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim alami ini pada kulit luka bakar. Sangat cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sengatan matahari. Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat stroberi mampu meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar. (Bisa dipakai salah satunya : tomat / stroberi saja)
  • Susu atau Yoghurt
    Apliaksikan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama beberpaa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga akan bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar sinar matahari.
  • Oatmeal (Havermut)
    Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga dapat menjadi obat yang berguna untuk luka bakar matahari. Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta oatmeal pada luka bakarmatahari, ini akan berefek mendinginkan kulit. Tunggu hingga mongering, bilas dengan air dingin.
  • Teh Celup
    Perawatan ini dapat sangat membantu untuk luka bakar matahari di area mata. Saat anda berlibur dipantai, lupa memakai kacamata hitam pasti akan rentan terkena luka bakar di area mata. Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari.


*Catatan : Cara diatas dapat dilakukan pada lukabakar ringan dan luka bakar yang tidak terbuka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

  • Menggunakan putih telur
    Putih telur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka bakar, caranya yaitu dengan mencampurkan putih telur dengan madu, kemudian aduk ramuan ini hingga merata. Oleskan ramuan ini pada bekas luka bakar anda, lakukan dengan teratur sampai bekas luka bakar hilang. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan flek-flek hitam pada muka.
  • Menggunakan Ampas Teh
    Teh yang sudah anda gunakan bisa anda manfaat untuk menghilangkan bekas luka bakar, caranya yaitu dengan menggosok bekas luka bakar dengan ampas teh (teh yang sudah dipakai), lakukan cara ini dengan teratur minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Menggunakan Buah Paree
    Ambil buah paree dan tumbuh sampai halus untuk diambil sarinya, kemudian campurkan dengan beras sampai berbentuk krim. Kemudian basuh bekas luka bakar dengan air hangat, dan oleskan ramuan buah paree ini pada bekaks luka.
Oke, Semoga informasi yang berhasil admin rangkum diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami luka bakar. Sekian.






4 komentar:

iskandar said...

apakah cara ini juga bisa untuk mengobati bekas luka bakar karena knalpot gan?

terapimuslim said...

Terimakasih infonya, artikel ini sangat bermanfaat. Akan saya share isinya jika boleh ya. Terimakasih

Cara Mengobati said...

makasih banget infonya. akan saya coba terapkan salah satu cara diatas.

selimut said...

cara pengobatannya ternyata tdk sulit