Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Minyak Nilam

6
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Tanaman satu ini umumnya di tanam dan dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri yang menjadi komoditi ekspor bagi Indonesia ke luar negeri. Indonesia adalah negara penghasil minyak nilam nomor satu dunia. Eksportir minyak nilam Indonesia memasok 70% kebutuhan minyak nilam di dunia. Saat ini, satu kilogram minyak nilam di tingkat petani mencapai Rp 400.000,- per kilogram. Bahkan, salah satu jenis minyak atsiri ini pernah menyentuh Rp 1,2 juta per kilogram dipasar local. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi petani Indonesia. Minyak nilam adalah salah satu bahan baku untuk parfum, kosmetik, dan sabun.

Untuk menghasilkan minyak nilam, Nilam dipanen pada usia 7-9 bulan, dan bisa dipanen sekali lagi pada 3-4 bulan selanjutnya. Panen dilakukan pada saat bagian bawahnya menguning. Setelah berusia 3 tahun. Panen harus dilakukan pada pagi atau sore hari, karena kalau siang hari, kandungan minyaknya berkurang. Semua cabangnya digunting, terkecuali satu untuk merangsang penumbuhan cabang baru. Setelah dipanen, hendaknya diekringkan dulu. Daun nilam dihamparkan dalam jemuran dan dibolak-balik, sampai 5-8 jam. Daun yang sudah layu, diangin-anginkan di atas rak bambu. Lama pengeringan adalah 3-4 hari. Setelah kering, baru bisa disuling.

Namun mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat menghasilkan minyak atsiri yang biasa di gunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, kosmetik dan sabun saja. Padahal masih ada banyak lagi manfaat dan kegunaan tanaman dan minyak nilam ini. Lalu kira – kira apa saja manfaat dan kegunaan yang lain.. mari kita simak dibawah ini :

Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam

  • Minyak ini juga digunakan untuk pijat dan aroma terapi. Pijat dengan minyak atsiri dapat menenangkan fikiran dan jiwa, melemaskan syaraf dan yang terpenting dapat menghilangkan stress. Dalam kasus dermatitis (radang kulit) dan depresi, minyak atsiri merupakan obat yang paling mujarab.
  • Minyak atsiri paling umum digunakan adalah sebagai pengusir stress. Oleh karena itu, penggunaan yang teratur dari minyak atsiri dapat memberikan Anda rasa tenang dan nyaman.
  • Minyak atsiri memiliki aroma yang unik. Aroma itu bisa langsung menyentuh fikiran dan jiwa. Itu sebabnya minyak atsiri juga digunakan untuk membuat dupa dan parfum. Untuk menghasilkan aroma minyak atsiri yang unik, minyak atsiri dapat dicampur dengan minyak lain seperti cendana, mawar, melati, mur, dan jeruk.
  • Minyak atsiri atau minyak nilam juga dapat mencegah timbulnya bau badan. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai bahan deodorant.
  • Minyak ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai masalah penyakit kulit seperti psoriasis, eksim dan dermatitis. Hal itu karena minyak nilam memiliki sifat antiseptik sehingga relatif lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit kulit atau luka. Selain itu, minyak ini juga mencegah luka dari infeksi yang lebih lanjut.
  • Minyak ini memiliki sifat anti penuaan (aging) dini. Itu sebabnya minyak atsiri banyak digunakan untuk produk perawatan kulit yang luar biasa. Minyak ini membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat. Juga efektif digunakan untuk bekas luka, keriput dan kulit kering.
  • Tidak banyak yang mempercayai hal ini, tapi kenyataannya minyak atsiri dapat melindungi rumah dari serangga. Karena minyak atsiri juga memiliki sifat insektisida yang tidak disulkai oleh serangga dan dapat membunuh serangga. Bisa digunakan dengan cara disemprotkan atau diuapkan.
  • Minyak atsiri melindungi kulit anda dari berbagai macam kerusakan. Minyak ini juga dapat menyembuhkan luka bakar dan bisul. Dengan penggunaan secara teratur, minyak atsiri dapat menghilangkan bekas ruam akibat penyakit campak dan cacar.
  • Manfaat lain dari minyak atsiri adalah untuk mengobati beberapa masalah seksual seperti hilangnya libido, impot3nsi, masalah 3r3ksi dan frigiditas (sulit org4sm3 - biasanya wanita). Selain itu dapat menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.
  • Minyak atsiri juga bermanfaat untuk digunakan dalam pengobatan seperti batuk, mual, diare, kedinginan dan sakit kepala. Pada saat demam, terutama yang diakibatkan karena infeksi, atsiri adalah obat terbaik.
Nah itulah beberapa manfaat dari minyak nilam yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber, semoga informasi yang telah dipaparkan diatas bisa bermanfaat bagi para sahabat pembaca.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

6 komentar:

Gilang Ramadhan

thanks infox gan

Nova

trima kasih infonya gan, jd tmbah pngetahuan

Gema Parfum

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Fungsi lain dari parfum.

----------

Muhammad Rusdi Lubis

Wah baru tau gua... Ternyata bnyak bgat mnfaatnya ya....
all-star-lubis.Blogspot.co.id

Minyak Daun Bungkus

bagus informasinya kang

sugik wasalam

makasih infonya mas

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.