Daun Sirsak Sebagai Antikanker


Daun Sirsak Sebagai Obat Antikanker -
Berdasarkan data riset kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2007 tumor ganas (kanker) penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia. Pravalensi tumor ganas berada diurutan keempat setelah stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus diantara semua penyakit tidak menular.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir data pada 2008 sebanyak 7,6 juta orang di dunia meninggal karena kanker. Sebanyak 70% kasus kematian kanker terjadi di negara dengan tingkat pendapatan rendah atau menengah. Berdasarkan data pada tahun yang sama kasus kanker utama didunia yaitu : paru – paru, payud4r4, usus besar (Colorectum), lambung, dan prostat. Pada tahun 2005 WHO menempatkan kanker sebagai pembunuh nomor 2 dunia setelah penyakit kardiovaskular. Dari tahun ke tahun kasus kanker terus meningkat.

Pedoman Pengendalian Penyakit Kanker yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 2007 meyebutkan faktor penyebab kanker antara lain polusi udara dan air, paparan radiasi, sinar matahari, dan zat kimia, infeksi virus, asap rokok, diet dan makanan, hormonal, perilaku, serta genetik. Beberapa studi menyebutkan konsumsi dalam jumlah besar produk lemak hewan, daging merah, dan lemak jenuh lainnya meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon dan payud4r4.

Secara medis kanker diatasi antara lain dengan kemoterapi dan operasi pengangkatan. Data WHO menyebutkan 30% kasus kanker bisa dicegah dengan menerapkan cara hidup sehat dan melakukan imunisasi untuk mencegah infeksi penyebab kanker seperti virus penyebab hepatitis B (HBV) dan human papilloma (HPV) penyebab kanker leher r4him.


Nah, . diatas merupakan sedikit ulasan mengenai kanker. Lalu pertanyaannya sekarang adalah “apa hubungan daun sirsak sebagai antikanker ?” untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian dibawah ini.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung beberapa macam senyawa seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, asam gentisit, asam lonoleat dan caclourin. Senyawa-senyawa ini merupakan senyawa penting yang banyak digunakan dalam dunia medis sebagai obat terhadap beberapa penyakit. Studi terkini menyebutkan bahwa senyawa-senyawa ini memiliki daya ampuh 10 ribu kali lipat dibandingkan kemoterapi dalam proses penyembuhan penyakit kanker.

Mengingat kemampuannya yang sangat besar ini, saat ini daun sirsak banyak disarankan untuk digunakan bagi penyembuhan penyakit kanker. Penelitian-penelitian ilmiah terhadap manfaat daun sirsak bagi penyembuhan penyakit kanker menyebutkan bahwa sel-sel aktif dalam kandungan daun sirsak bisa membunuh sel-sel kanker dalam tubuh tanpa menyerang sel-sel sehat lainnya.

Lalu bagaimanakah cara mengolah daun sirsak sebagai obat antikanker ?

Ramuan Daun Sirsak Untuk Kanker

  • Daun sirsak: 10 – 15 lembar
  • Air:  600 ml, setara dengan tiga gelas
  • Rebus 10-15 daun sirsak dengan air 600 ml, gunakan api kecil sampai airnya tersisa 200 ml (tinggal satu gelas)
  • Setelah dingin saring air rebusan daun sirsak. Air hasil saringan adalah air ramuan obat.
  • Air ramuan ini untuk satu kali minum.
  • Untuk pengobatan,  minum air ramuan tiga kali sehari.

Nah,, demikianlah ulasan mengenai Daun sirsak sebagai obat antikanker, semoga apa yang telah disajikan diatas dapat menambah pengetahuan mengenai kanker dan cara mengatasinya, yaitu dengan daun sirsak.






0 komentar: