Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba




Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di RSUD
Biasanya surat keterangan bebas narkoba itu masih satu paket dengan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) sebab biasanya jika Surat Keterangan Bebas Narkoba di persyaratkan untuk melamar kerja, maka begitu pula dengan SKCK. Kenapa admin bisa tahu ? karena admin sering mengalaminya. Khususnya jika admin akan mendaftar kerja di perusahaan BUMN. Nah bagi anda yang ingin tahu cara membuat SKCK, bisa anda baca disini Syarat dan Cara Membuat SKCK di Polres. Sebenarnya seperti halnya SKCK, membuat surat keterangan bebas narkoba ini tidaklah sulit, hanya saja yang membedakan dengan SKCK terletak pada biaya dan lokasi pembuatanya. Kalau untuk membuat SKCK berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 sedangkan untuk Bebas Narkoba bisa lebih dari Rp. 150.000 dan tempat pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). 

Awalnya admin bertanya-tanya, kenapa kok bisa begitu mahal membuat surat keterangan bebas narkoba ? padahal hanya untuk sebuah kertas seperti fotocopyan dengan cap basah. Namun ternyata yang membuatnya mahal itu karena alat untuk menguji urinnya. Semakin banyak jenis narkoba yang ingin diuji maka semakin mahal biayanya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Narkoba/ Narkotika itu banyak sekali jenisnya dan biasanya setiap jenis itu beda alat uji/tesnya. Nah berikut ini syarat dan cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di RSUD.


  • Datang langsung ke RSUD terdekat dengan membawa kartu identitas seperti KTP baik Asli maupun Copy
  • Mengisi formulir untuk membuat surat keterangan bebas narkoba
  • Setelah mengisi formulir petugas menginstruksikan kita untuk ke Laboratorium tempat uji urin
  • Sampai di laboratorium kita menyerahkan formulir yang sebelumnya sudah kita isi, dan selanjutnya kita diberikan tabung kecil untuk diisikan urin kita.
  • Setelah tabung diisi urin selanjutnya kita letakan di ruang tempat uji urin tersebut. Kemudian kita akan diberi kertas seperti kuitansi oleh petugas untuk diserahkan dibagian kasir.
  • Sampai dikasir kita diminta untuk membayar biaya tes bebas narkoba, sekitar 150-160 ribu admin juga agak lupa dan mungkin akan berbeda –beda biayanya jika di tempat lain. Selesai membayar kita akan diberi bukti pembayaran untuk diserahkan ke lab. Tempat kita menyerahkan urin. Dan selanjutkan petugas akan mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba
 




0 komentar: