Tata Cara Shalat Wajib 5 Waktu

Tata Cara Sholat Wajib - Shalat wajib 5 waktu adalah wajib hukumnya bagi setiap umat islam , kecuali untuk orang – orang tertentu, seperti wantia yang sedang berhalangan dan lain2, sesuai ketentuan dan sara. Shalat dalam islam merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. Dimana shalat di ibaratkan sebagai tiang agama, berarti menandakan bahwa shalat sangatlah penting dan utama dalam islam. Untuk itu Shalat harus sejak dini diajarkan dan di praktekan ke anak – anak, karena jika sudah dibiasakan shalat sejak masih kecil maka ia akan membawa kebiasaan itu hingga ia dewasa nanti. Berikut adalah tata cara shalat wajib 5 waktu :


Cara Mengerjakan / Mendirikan Sholat 

1. Pertama kali, berdirilah dengan posisi tegak sambil mengadap Kiblat. Berniatlah untuk melaksanakan shalat , sesuai dengan shalat yang akan anda kerjakan (shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya` atau Shubuh).

Kemudian Bacalah takbiratul ihram (Allāhu Akbar) dan bersamaan dengan itu angkatlah kedua tangan Anda seperti terlihat di gambar.

Membaca Doa Iftitah (rakaat pertama)
Allahu Akbaru kabira walhamdu lillahi kathira wasubhanallahhi bukratau waasila. Wajjahtu wajhia lillazi fataras sama wati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna solati wanusuki wamahyaya wammamati lillahi rabbil'alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin.

Kemudian Bacalah surah Al-Fātihah sebagai berikut:
(Bismillāhirrohmānirrohīm ▪ Alhamdulillāhi robbil ‘Ālāmīn ▪ Arrohmānirrohīm ▪ Māliki yaumiddīn ▪ Iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn ▪ Ihdinash shirōthol mustaqīm ▪ Shirōthol ladzīna an’amta ‘alaihim ghoiril maghdhūbi ‘alaihim waladh dhōllīn)

Kemudian bacalah satu surah sempurna dari sarah-surah Al Quran. Seperti Al- Ikhlas
(Qul huwallōhu ahad ▪ Allōhush shamad ▪ Lam yalid wa lam yūlad ▪ Wa lam yakul lahū kufuwan ahad)

 2. Setelah selesai  membaca surat, kedua tangan diangkat sambil membaca “Allahuu Akbar”  lalu ruku’lah (punggung dan dan kepala sama rata) dan baca:
(Subhā robbiyal ‘azhīmi wa bihamdih) 3x.


3. Kemudian bangunlah dari ruku’ dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:
(Sami’allōhu liman hamidah)

Dan dilanjutkan membaca
"rabbanaa lakal hamd"


4. Setelah itu, sujudlah (sambil membaca “Allahuu Akbar”)  dan membaca:
(Subhāna rabbiyal a’lā wa bihamdih)3x

5.Kemudian duduklah di antara dua sujud seraya membaca (“Allahuu Akbar” ) di lanjutkan membaca :
" allaahummaghfirlii warhamnii wajburnii warzuqnii warfa'nii "


6. Kemudian sujudlah untuk kedua kalinya seraya membaca (“Allahuu Akbar” ) dan membaca bacaan sujud
(Subhāna rabbiyal a’lā wa bihamdih)3x



7. Duduklah sejenak setelah bangun dari sujud dan berdiri untuk melanjutkan rakaat berikutnya. Dalam posisi berdiri itu, bacalah surah Al-Fātihah dan satu surah dari surah-surah Al-Quran. Selanjutnya sama dengan yang di atas. Setelah sujud kedua pada rakaat kedua maka duduk tahiyat awal.



8. Duduk Tahiyat Awal
Pada duduk tahiyat awal ini (rakaat kedua) kaki kiri dimasukan kebawah kaki kanan sambil membaca
(Asyhadu an lā ilāha illallōhu wahdahū lā syarīka lah ▪ Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhū wa rasūluh ▪ Allōhumma shalli ‘alā Muhammadin wa Āli Muhammad).



9. Duduk tahiyat akhir
Duduk pada tahiyat akhir ini (rakaat terakhir) sama pada tahiyat awal sedangkan jari telunjuk tetap diisyaratkan dan terdapat tambahan shalawat nabi Muhammad, sebagai berikut :

"allaahumma shalli 'ala muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa shallaita 'alaa aali ibrahiim, innaka hamiidum majiid. allaahumma baarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa barakta 'alaa aali ibrahiim, innaka hamiidum majiid."

10. Di lanjutkan Berdo'a berlindung dari empat (4) hal.
Hal ini dilakukan pada duduk taahiyat akhir saja.
"Allaahumma innii a'uudzubika min 'adzaabi jahannama wa min 'adzaabil qabri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat wa min fitnatil masiihid dajjaal."



11. Mengucap salam
Sewaktu mengucap salam tubuh tetap dalam keadaan duduk tahiyat akhir lalu memalingkan muka ke kanan dan kiri sambil mengucap.
"As Salamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh--- As Salamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh"


Dzikir Setelah Sholat

Dari Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz kepada seluruh orang melihat tulisan ini dari kalangan kaum muslimin

“Merupakan dari perbuatan sunnah, seorang muslim mengucapkan setelah setiap shalat fardu membaca ASTAGHFIRULLAH tiga kali, kemudian dilanjutkan dengan:

allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam

laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai-in qadiir, laa haula wa laa quwwata illa billah

laa ilaaha illallahu, laa na'budu illa iyyahu, lahun ni'matu walahul fadhlu walahuts tsanaa-ul hasan, laa ilaaha illallahu, mukhlishiina lahuddina walau karihal kaafiruun, allahumma laa maa ni'a limaa a'thoita, wa laa mu'tiya limaa mana'ta, walaa yanfa' dzal jaddi minkal jaddu.



.




8 komentar:

Unknown said...

ilmu yang bermanfaat bro...sukron katsir....

ARPRM said...

ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAH HIWABARAKATUH

masih ada kah bacaan sholat lengkap yg saya tahu dari kecil hingga sasat ini,
cotoh duduk tahiyat akhir, yg saya tahu ada lagi sambungan ayat bacaan sholat setelah: allahummafirli makkadamtu, wama akraqtu, wama assartu, wama aklantu,wama ta'aklamu bihimbinnih, antalmukaddimu wa antal muakhir, lailahailahanta, yamukallibal qhuluk, sabbikkabiala dinika wa ala toatiq, subahannakainni kuntum minazzalimin, asswrwb

parenting said...

ini juga bagus loh artikelnyaa...tahnks yaaa.. :)

Obat untuk penyakit jantung koroner said...

Terimakasih atas ilmunya, semoga bermanfaat

Anonymous said...

assalamualikum..

izin menggunakan gambarnya ya min, untuk tugas akhir kuliah..

kebtulan saya sedang membuat aplikasi "tuntunan sholat".

sebelum dan sesudahnya,saya ucapkan, terimakasih.
:)

Mareta Sugoro said...

Assalamualaikum admin izin menggunakan gambar, untuk keperluan tugas akhir semester. untuk membuat website pembelajaran salat. terimasih sebelumnya :)

Unknown said...

salam.
in shaa allah saudara,
kalau diberikan sekali maksud dalam setiap bacaan dalam solat
lebih bermanfaat.sekadar cadangan.
terima kasih berbagi ilmu.:)

Rajaswara said...

Terimakasih admin. Mohon ijin untuk saya print buat belajar anak2 dirumah. Semoga admin bisa mendapatkan pahala yang mengalir karena telah menshare ilmu yang sangat penting bagi umat islam. Aamiin Ya Allah

RajaSwara
Minilagu
CLAMBAND