Kandungan dan Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan



Kandungan dan Manfaat Kacang Tanah -
Kacang tanah selalu di identikan dengan jerawat. Kenapa ya ? banyak mitos mengatakan kalau banyak makan makanan dari kacang tanah seperti kacang bawang, kacang kulit dan lain – lain bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Benarkah mitos tersebut ? lalu mengapa bisa demikian ? biar lebih jelas dan menghilangkan keraguan maka rasanya perlu kita ulas secara detail mengenai si kacang ini.

Kacang tanah atau bahasa ilmiahnya Arachis hypogaea L merupakan tanaman polong-polongan atau legum dari famili Fabaceae. Kacang ini banyak dibudidayakan di Indonesia, dan merupakan kacang terpenting kedua setelah kacang kedelai. Di beberapa daerah di Indonesia, kacang tanah memiliki beberapa sebutan, di antaranya : kacang una, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, dan masih banyak lagi. Kacang ini memiliki ciri fisik tanaman berupa tanaman perdu setinggi 30 hingga 50 cm dan berdaun kecil.


Kandung di Dalam Kacang Tanah

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.

Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat ( Sumber : Wikipedia ).

Manfaat Kacang Tanah dan Kacang - Kacangan Bagi Kesehatan

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan
Kacang mengandung baik jumlah asam folat. Mengulangi penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah
Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

3. Membantu Mencegah Batu empedu
Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

4. Membantu Fight Depresi
Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

5. Memori meningkatkan Power
Apakah Anda tahu apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka “makanan otak” ? Hal ini disebabkan mereka vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

6. Membantu Tingkat Kolesterol Rendah
Gizi yang sama kacang yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

8. Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif
Peserta penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki asupan yang paling kaya niasin makanan seperti kacang adalah 70% lebih cenderung memiliki penyakit Alzheimer dikembangkan. Seperempat cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

9 Kanker Perlindungan
Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

10. Risiko Menurunkan Berat Badan
Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan daripada mereka yang hampir tidak pernah makan mereka.

Walaupun kacang tanah mengandung kandungan gizi yang banyak dan lengkap, akan tetapi untuk orang yang memiliki penyakit kanker payudara dihimbau untuk tidak mengkonsumsinya.

Lalu bagaimana mengenai mitos bahwa kacang bisa picu jerawat ?

Berikut penjelasannya..

Sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit menyatakan hal yang bertolak belakang dari mitos tersebut. Mereka berpendapat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh coklat, ice cream, ataupun makanan seperti kacang.

Colorado State University Department of Health and Exercise menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Institusi tersebut telah meneliti sekitar 1300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua New Guinea yang puasa makanan manis serta makanan berkarbohidrat. Sehari-harinya mereka hanya makan ikan, buah, dan daging yang dimasak secara tradisional. Hasilnya tidak ada satu jerawat pun yang bertengger di wajah mereka.

Jadi, kesimpulannya kacang tidak menimbulkan jerawat justru makanan yang manis dan berkarbohidrat tinggi yang bisa picu jerawat. Untuk itu baiknya kita rutin mengkonsumsi kacang karena kandungan gizinya yang banyak dan terbukti memliki banyak khasiat.
Semoga informasi yang admin paparkan di atas bisa bermanfaat bagi anda.






14 komentar:

Jefry said...

ada yang bilang kalau memakannya terlalu banyak bisa menumbuhkan jerawat, apa ini benar ya ??
terima kasih atas ilmunya

haji payyumi gondrong said...

Oke bngt niih

about beauty said...

berapa sebenarnya masa inkubasi penyakit demam berdarah gan

Unknown said...

Thank's

Unknown said...

Ada yg mengatakan makan tanah dapat meningkatkan asam urat tkss

Unknown said...

mantav gan,katanya kalau makan kacang goreng,kalau bisa kulit arinya di lepas apa bener gan?

Unknown said...

selintas terfikir ternyata hanya mitos. Trims infonya

kacang said...

mulai sekarang setiap hari harus sedia kacang..

makanan ringan|cemilan sehat|aneka cemilan

Krisnanda Space said...

bagus

sepatu said...

thanks banget infonya .. saya mau nanya kacang itu pengaruh ngga sihh sama tumbuhnya jerawat??

Unknown said...

izin copas

Daya Tahan Tubuh Menurun said...

Kcang memang sering kali identik dengan penyebab jerawat tapi dibalik itu semua justru menyimpan manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan.thanks gan untuk informasinya sangat bermanfaat sekali!!!!

Unknown said...

Artikelnya bagus, cukup menammbah wawasan

Unknown said...

Artikelnya bagus, cukup menammbah wawasan