Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Betutu

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Betutu -
Jenis ikan air tawar satu ini memang sudah sangat sulit di jumpai, baik di sungai tempat habitat hidupnya maupun di pasar – pasar. Kalau adapun biasanya sedikit dan jarang serta harganya lumayan mahal. Dan itupun biasanya hanya ada di pasar-pasar tradisional yang berada di kampung-kampung yang tidak jauh dari tempat habitat si ikan betutu ini. Walaupun sebenarnya ikan betutu ini ialah ikan komoditi ekspor yang sangat tinggi peminatnya, maka tak jarang ikan ini hanya tersedia di restoran – restoran yang mahal. Langkanya si ikan betutu ini mungkin disebabkan oleh prilaku manusia yang sangat hobi merusak dan mencemari tempat hidup si ikan betutu ini. Dulu di kampung admin masih banyak sekali pedagang yang menjual si ikan betutu ini namun sekarang sudah sangat jarang. Mungkin salah satu penyebabnya ialah perilaku masyarakat yang suka menangkap ikan dengan cara meracuni sungai dengan tiodan, pastak atau apalah itu admin juga kurang paham tapi intinya sebenarnya bukan obat untuk menangkap ikan akan tetapi semacam obat kimia untuk hama atau sejenis insectisida. Dan dampaknya sangat berbahaya sekali untuk ekosistem perairan, sebab admin pernah melihat sendiri beberapa orang mencemari sungai dengan puluhan botol obat tersebut, dan tidak lama dari itu banyak ikan yang mabuk dan mati, dan yang paling mengerikan lagi. Yang mati tidak hanya ikan – ikan besar juga loh kawan tapi ikan – ikan kecil dan hampir semua jenis hewan air yang hidup di sungai tersebut ikut mati.. bahkan keesokan harinya ketika admin melintasi jembatan sungai tersebut, admin melihat banyak ikan yang mati mengapung di atas permukaan air. Ini jelas sangat merusak ekosistem. Namun karena waktu itu admin masih kecil, jadi admin belum paham mengenai hal tersebut. Namun ada fakta yang sangat mengejutkan, ketika admin bertanya kepada masyarakat yang tinggal didaerah sekitar sungai, mereka bilang bahwa yang menyebar obat tersebut bukanlah masyarakat kampung tersebut, melainkan orang-orang yang datang dari kota bandar lampung, sedangkan sungai tersebut berada di wilayah lampung selatan. Bahkan warga kampung sendiri sangat resah dengan ulah orang-orang kota tersebut. Wah.. setiap mengingat hal tersebut admin jadi miris ne sobat.. bahkan setelah admin cari tahu, ternyata bahayanya ga hanya sampai pada kerusakan ekosistem, tapi juga jika mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi racun maka akan membahayakan kesehatan, bisa – bisa yang memakannya juga bisa ikut terkena racun. Haduh – haduh memang penting sekali kesadaran masyarakat agar kita lebih bijak dalam mengambil sebuah tindakan agar dapat terus menjaga kelestarian alam/lingkungan.

Lanjut mengenai pembahasan ikan betutu, tahukan anda bahwa ikan yang memang asli dari perairan indonesia dan asia tenggara ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, bahkan konon memiliki banyak khasiat, dan untuk urusan rasa, jangan di tanya lagi. Admin pernah beberapa kali merasakan begitu nikmatnya si ikan betutu ini. Dagingnya yang berwarna putih bersih dan bertekstur lembut ini sangat enak diolah menjadi berbagai macam masakan. Baik hanya di goreng saja, di sambal atau di pindang. Semuanya sangat enak, top markotop.. hehe,, lalu kandungan gizi apa sajakah yang ada pada ikan betutu ? untuk itu mari kita simak informasi dibawah ini :

Betutu (Oxyeleotris marmorata) adalah nama sejenis ikan air tawar. Meskipun agak jarang yang berukuran besar, ikan yang menyebar di Asia Tenggara hingga Kepulauan Nusantara ini digemari pemancing karena betotan (tarikan)nya yang kuat dan tiba-tiba. Nama-nama lainnya di pelbagai daerah di Indonesia adalah bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut marble goby atau marble sleeper, merujuk pada pola-pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Betutu )

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Betutu
Ikan betutu juga dipercaya mengandung khasiat tertentu bagi kaum wanita dan bagi kaum pria. Bagi kaum wanita, ikan betutu dipercaya dapat membuat awet muda dan dapat menambah kehalusan kulit karena banyak mengandung vitamin B1, B2, B6 vitamin F, dan vitamin E sehingga dapat menghambat proses penuaan. Bagi kaum pria, ikan betutu dipercaya banyak mengandung enzim dan hormon tertentu sehingga dapat menambah keperkasaan sebagai laki-laki. Dan tentu masih banyak lagi khasiat dan manfaat ikan betutu yang belum terkuak..







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Susu Kambing

Iy nih min...klo di tempat ane di danau :D
model ikannya aneh...

sip min infonya :)

Anui Toher

min
ada gak no hp koran metro
biar saya laporin kesana ulah mereka yg suka ngeracunin sungai
masalah nya saya juga kesel sama mereka, d tempat ku juga gitu,di pesisir sungai barito kalimantan tengah...mereka suka ngeracuni ikan patin d sungai..
klo ikan betutu dsni msh banyak tp msih kecil2

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.