Kandungan Gizi dan Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Kandungan Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Kepiting - 
Sudah tahu kan dengan hewan satu ini ? hewan yang memiliki capit dan bercangkang keras ini umumnya hidup di dua alam, kadang di air kadang juga muncul di darat. Walaupun sebenarnya lebih banyak tinggal di dalam air. Akan tetapi ada juga beberapa jenis kepiting yang hampir 100% hidupnya berada didalam air. Akan tetapi dari begitu banyaknya jenis kepiting namun semua itu tetap sama.. yups, sama – sama enak dimakan... hahaha.. pasti setujukan ? walaupun kepiting memiliki daging yang sangat sedikit namun untuk masalah rasa, wuenaaakkeee poll,,,, hihihi.. mau diberi bumbu lengkap maupun hanya di goreng atau di bakar tetap rasanya enak.. hehehe.. pengalaman sih.. ketika admin main ke pantai, admin suka iseng cari kepiting dan biasanya langsung di bakar di pinggir pantai :) . Tapi tahukah anda ? selain rasanya yang enak, kepiting juga kaya akan kandungan gizi loh.. dan sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi seperti apakah yang terdapat di dalam kepiting ? mari kita simak informasi di bawah ini :

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting. Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau). Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari ketam kacang, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 m. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kepiting)

Kandungan Gizi Kepiting

Nama Bahan Makanan : Kepiting
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kepiting yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kepiting yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 45 %
Jumlah Kandungan Energi Kepiting = 151 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kepiting = 13,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kepiting = 3,8 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kepiting = 14,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kepiting = 210 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kepiting = 250 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kepiting = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kepiting = 200 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kepiting = 0,05 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kepiting = 0 mg
Khasiat / Manfaat Kepiting : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Kepiting


  • Protein - Kandungan protein yang tinggi bermanfaat sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, serta pembentuk sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B12 - Berfungsi untuk menghasilkan energi dan membantu pertumbuhan, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak, memproduksi sel darah merah, serta meningkatkan kesehatan syaraf dan kulit.
  • Asam Lemak Omega 3 - Kandungan asam lemak omega-3 pada kepiting berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular (jantung). Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, serta meningkatkan kecerdasan otak bila diberikan sejak dini.
  • Mineral Selenium  - Berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Selain itu, juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri serta mencegah peradangan.
  • Mineral Copper - Berfungsi sebagai komponen enzim redox, membantu pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.
  • Mineral Zinc - Berfungsi sebagai komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, serta mencegah kerontokan rambut.
  • Lemak Jenuh - Kandungan lemak jenuhnya yang sangat rendah (0,2 gram/ 100gram)sangat cocok bagi Ladies yang sedang dalam program diet.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.