Kandungan Gizi dan Manfaat Kerang Hijau

Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Kandungan Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Kerang Hijau -
Pembahasan kita kali ini yaitu pembahasan mengenai hewan yang hidup perairan khususnya air laut dan merupakan salah satu makanan favorit admin ne.. hehehe.. hayo-hayo apa ? yup.. kita akan membahas mengenai kerang khususnya kerang hijau.. hemm.. jadi laper... siapa yang belum pernah mencoba nikmatnya daging kerang ? pasti rugi deh kalau belum mencoba.. admin aja ampe nagih kalau makan.. hihihi.. tapi yang agak disesalkan ketika kita membelinya sih terlihat banyak, tapi ternyata setelah dimakan cuma sedikit, ya tau sendirikan.. kerang lebih banyak cangkangnya ketimbang dagingnya, tapi hal tersebut tak menyurutkan semangat admin untuk makan kerang hijau. Wah malah curhat,, oke kembali ketopik kerang hijau.. kerang hijau seperti halnya hewan – hewan laut lain, memilki kandungan gizi yang sangat tinggi utamannya protein. Protein sendiri sangat dibutuhkan tubuh kita sehingga kerang sangat baik dan sangat di anjurkan untuk dikonsumsi. Walaupun kerang di banding ikan, udang dan cumi.. jumlahnya masih sangat sedikit. karena kerang umumnya memang mengandalkan hasil tangkapan langsung dari laut. Setau admin belum ada yang membudidayakannya.. kecuali untuk kerang mutiara,, kerang satu ini banyak dibudidayakan untuk di ambil mutiaranya. Kembali ke pembahasan kerang hijau, ada yang bilang sih ke admin kalau jangan terlalu banyak makan kerang, karena kerang hijau saat ini banyak yang tercemar karena lautnya yang tecemar oleh limbah pabrik. Untuk itu kita juga harus jeli dalam membeli kerang hijau, setidaknya kita harus tahu darimana kerang itu di ambil, sehingga kita tahu kerang tersebut ikut tercemar limbah atau tidak. Jadi jangan sampai kerang hijau yang kaya akan kandungan gizi dan manfaat tersebut menjadi masalah bagi kesehatan. Nah untuk jelasnya mengenai kandungan gizi dan manfaat kerang hijau, mari kita simak informasi dibawah ini :

Kerang Hijau (Perna viridis) atau dikenal sebagai green mussels] adalah binatang lunak (moluska) yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau. Kerang hijau merupakan organisme yang termasuk kelas Pelecypoda. Golongan biota yang bertubuh lunak (mollusca). Kerang hijau termasuk Hewan dari kelas pelecipoda, kelas ini selalu mempunyai cangkang katup sepasang maka disebut sebagai Bivalvia. Hewan ini disebut juga pelecys yang artinya kapak kecil dan podos yang artinya kaki.  Jadi Pelecypoda berarti hewan berkaki pipih seperti mata kapak.  Hewan kelas ini pun berinsang berlapis-lapis sering disebut Lamelli branchiata. Kerang hijau juga memiliki nama-nama lokal antara lain kijing (Jakarta), kemudi kapal (Riau), kedaung (Banten). (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kerang_hijau )

Kandungan Gizi Kerang Hijau

Kandungan gizi yang terdapat pada kerang hijau, yaitu terdiri dari 40,8 % air, 21,9 % protein, 14,5 % lemak, 18,5 % karbohidrat dan 4,3 % abu sehingga menjadikan kerang hijau sebanding dengan daging sapi, telur maupun daging ayam. Meskipun daging kerang hijau hanya sekitar 30% dari bobot keseluruhan (daging dan cangkang), tetapi dalam 100 gr daging kerang hijau mengandung 100 kalori yang tentunya sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh manusia.

Manfaat Kerang Hijau


  • Meningkatkan Kesehatan Kulit
    Kerang hijau mengandung banyak asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 memang paling banyak ditemukan dalam sea food, termasuk kerang hijau. Fungsinya sangat penting dalam membantu kulit terawat awet muda, jauh dari jerawat, keriput, dan bintik-bintik hitam. Hal ini tidak lepas dari peran zat besi yang membantu produksi sel darah merah yang sehat sehingga mampu mengikat oksigen lebih baik dan banyak sehingga dapat menyebarkan ke kulit yang sehat.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Kerang hijau mengandung banyak omega-3 yang juga sangat baik menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler, sekaligus melancarkan peredaran darah dan meningkatkan fungsi otak karena banyaknya zat besi dan beberapa mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.
  • Membantu Mengatasi Nyeri Arthritis
    Kerang hijau juga mampu meredakan nyeri peradangan pada sendi saat arthritis karena memiliki sifat menyembuhkan dan memiliki banyak vitamin seperti vitamin C dan B12, serta mineral seperti fosfor, kalsium, mangan dan seng.
  • Membantu Mengatasi Penyakit Asma dan Bronkitis
    Kerang hijau juga dapat memperkecil kemungkinan gejala asma dan bronkitis karena memiliki kandungan asam amino, karbohidrat serta nutrisi lengkap seperti asam lemak omega-3, dan vitamin B12 yang mampu menstabilkan kekebalan tubuh.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Susu Kambing

Wah boleh juga juga nih :O manfaat kerang
tapi jadi ragu gara2 banyak kerang yang udah pake pengawet

:(

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.