Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Tongkol

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Tongkol -
Ikan memang telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, mengingat begitu luasnya perairan Indonesia menjadi kan Indonesia negara yang kaya akan hasil perairannya baik air lautnya maupun air tawarnya. Beberapa diantaranya udang, kepiting, cumi, dan ikan merupakan salah satu primadonanya. Karena memang ikan yang paling banyak di konsumsi ketimbang jenis hewan air lainnya. Selain itu juga ikan memang paling banyak dihasilkan dari perairan baik laut maupun tawar, baik ditangkap secara langsung dari alam maupun dari hasil pembudidayaan di kolam maupun kerambah. Ikan juga tinggi akan nilai gizi, karena mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan jika di konsumsi secara rutin dan untuk beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Sehingga di anjurkan untuk di konsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Nah pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas salah satu jenis ikan air laut yang sering sekali kita mendengarnya, karena memang banyak di jual di pasar tradisional maupun supermarket. Lalu ikan apakah itu ? yups.. pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai ikan tongkol. Tongkol umumnya digemari karena ikan satu ini memiliki sedikit duri dan banyak daging. Walaupun ada beberapa kasus untuk jenis ikan tongkol tertentu bisa menyebabkan gatal dan alergi. Namun tetap saja tidak mengurangi tingginya konsumsi ikan satu ini. Ikan tongkol juga terkenal kaya akan nilai gizinya.. dan kira-kira apa sajakah kandungan gizi yang terkandung didalam daging ikan tongkol ? untuk itu mari kita simak informasi di bawah ini : 

Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik (Euthynnus affinis) adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore. (Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_tongkol )

Kandungan Gizi/Nutrisi Ikan Tongkol

Nama Bahan Makanan : Ikan Tongkol
Nama Lain / Alternatif : Ikan Tuna
Banyaknya Ikan Tongkol yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Ikan Tongkol yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Ikan Tongkol = 117 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Tongkol = 23,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ikan Tongkol = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Tongkol = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Tongkol = 0 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Tongkol = 0 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Tongkol = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Tongkol = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Tongkol = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Tongkol = 0 mg
Khasiat / Manfaat Ikan Tongkol : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : I
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya

Manfaat Ikan Tongkol

  • Kesehatan Mata
    Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Johns Hopkins School of MedicineAge-related Macular Diesase (AMD) atau penyakit mata akibat proses penuaan. Penelitian ini melibatkan 2.400 relawan berusia 65-84 tahun. Hasilnya adalah  kandungan omega 3 dari ikan cakalang/tongkol, salmon bisa menurunkan risiko untuk mengalami AMD pada relawan yang mengonsumsi ikan-ikan berlemak sebanyak 2 kali seminggu atau lebih. Faktor yang membedakan dengan relawan lainnya adalah asupan omega 3 yang tinggi dari ikan-ikan tersebut.
  • Rheumatic dan Linu Tulang
    Anda dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari. Anda bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.
  • Anemia
    Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segera, segera atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.
  • Mencegah Ej4kul4si Dini
    Jika kehidupan p4sutr! anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini apotek laut akan membantu anda dalam menghindarkan ej4kul4si dini dan bisa tahan lama. Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan p4sutr! anda.
  • Kulit Kusam
    Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Krisnanda Pria L

saya sangat suka makan ikan ini

Chamdanitokiarika Tokiarika

saya suka ikan dan saya pun berjualan ikan di pasar heeehe