Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kakap

6
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kakap -
Ikan memang telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, mengingat begitu luasnya perairan Indonesia menjadikan Indonesia negara yang kaya akan hasil perairannya baik air lautnya maupun air tawarnya. Beberapa diantaranya udang, kepiting, cumi, dan ikan merupakan salah satu primadonanya. Karena memang ikan yang paling banyak di konsumsi ketimbang jenis hewan air lainnya. Selain itu juga ikan memang paling banyak dihasilkan dari perairan baik laut maupun tawar, baik ditangkap secara langsung dari alam maupun dari hasil pembudidayaan di kolam maupun kerambah. Ikan juga tinggi akan nilai gizi, karena mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan jika di konsumsi secara rutin dan untuk beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Sehingga dianjurkan untuk di konsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Nah pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis ikan air laut  yang sering sekali kita mendengarnya, karena memang banyak di jual dipasaran tradisonal maupun supermarket. Lalu ikan apakah itu ? yups.. pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai ikan Kakap. Kakap sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya kakap putih dan kakap merah. Ikan Kakap digemari karena ikan satu ini memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang enak dan gurih walaupun pada jenis ikan satu ini memiliki harga yang cukup mahal. Ikan Kakap juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.. dan kira-kira apa sajakah kandungan gizi yang terkandung didalam daging ikan kakap ? untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi di bawah ini :

Ikan kakap adalah ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Mempunya ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis Kakap merah (L. campechanus) beberapa jenis yang lain yang juga banyak di temui adalah Kakap kuning, Kakap hitam dan lain-lain. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kakap )

Kandungan Gizi / Nutrisi Ikan Kakap

Nama Bahan Makanan : Ikan Kakap
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Ikan Kakap yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Ikan Kakap yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
Jumlah Kandungan Energi Ikan Kakap = 92 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Kakap = 20 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ikan Kakap = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Kakap = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Kakap = 20 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kakap = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Kakap = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Kakap = 30 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kakap = 0,05 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Kakap = 0 mg
Khasiat / Manfaat Ikan Kakap : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : I
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Ikan Kakap Terhadap Kesehatan


  • Selenium
    Seekor ikan kakap merah dengan berat 100-gram mengandung hampir 70 persen dari jumlah kandungan selenium yang direkomendasikan setiap hari untuk pria dan wanita dewasa yang mengikuti diet 2.000 kalori. Selenium dapat mendukung fungsi sel darah putih dan diperlukan untuk kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan benar. Selenium merupakan antioksidan yang dapat mencegah senyawa radikal bebas menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Kekuatan antioksidan selenium ini ditingkatkan ketika dikombinasikan dengan sumber vitamin E. Sajikan ikan kaya selenium seperti kakap merah dengan makanan tinggi vitamin E seperti asparagus, kentang manis atau gelap, sayuran hijau seperti bayam, bit hijau atau kale.
  • Vitamin A
    Setiap 3 ons sajian ikan kakap merah yang dimasak memberikan 14 persen vitamin A dari kebutuhan yang direkomendasikan untuk wanita dewasa dan 10,8 persen bagi seorang pria. Vitamin A Penting untuk sistem kekebalan tubuh, juga untuk produksi dan pemeliharaan tulang dan kesehatan kulit dan mata, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Mengkonsumsi Vitamin A dalam jumlah yang cukup setiap hari bisa menurunkan risiko terkena gangguan mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan untuk diserap oleh usus.
  • Kalium
    Ikan kakap merah mengandung 444 miligram, atau 9,4 persen dari kebutuhan harian akan kalium dengan porsi 3 ons daging kakap merah yang dimasak. Kalium merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Hal ini diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik. Diet yang tidak memiliki kadar kalium yang memadai dapat meningkatkan resiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan batu ginjal. Seseorang juga bisa menjadi kekurangan kalium jika terlalu sering mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang besar. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk mengurangi asupan natrium Anda dan meningkatkan kadar kalium Anda dengan aman agar system tubuh anda dapat berjalan dengan baik.
  • Omega 3 Asam Lemak
    Ikan kakap merah mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak dalam setiap porsi 100 gram. Konsentrasi asam lemak omega-3 kurang lebih sama dengan jumlah yang disediakan dengan porsi 3-ons udang, lele, kepiting atau kerang. The American Heart Association(AHA) melaporkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 secara teratur secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah) dan kolesterol tinggi. AHA juga merekomendasikan bahwa orang dewasa dan wanita yang tidak hamil sebaiknya mengkonsumsi 3,5 ons ikan yang dipanggang atau dibakar debanyak dua kali seminggu. Wanita hamil dan anak-anak harus menghindari makan ikan kakap merah lebih dari beberapa kali sebulan untuk mencegah adanya kontaminasi merkuri di dalamnya.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

6 komentar:

Blognya Kikils

terima kasih ya kak atas informasi manfaat ikan kakapnya

itachi uchiha

thanks infonya bro ijin copas

Alexander Silva

Nice Post Dear…. I Like Your Post….

Benign Prostatic Hyperplasia

Nice Post Dear…. I Like Your Post….

tips membuat rumah

Ikan kakap sagat enak kalau dibakar dan dimakan pakai sambal lalapan, apalagi manfaat bya banyak :)

nopi ansyah

perfeck :D


thank you