Perbedaan BPJS Kesehatan Kelas 1 2 dan 3

3
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Sebelum kita mengetahui perbedaan BPJS kelas 1 2 dan 3 sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari BPJS kesehatan itu. BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan pemerintah yang dapat digunakan masyarakat untuk menjamin kesehatan mereka, terdapat 3 pilihan kelas yang bisa di ambil saat pertama kali daftar bpjs.

Yaitu terdapat kelas 1 dengan premi Rp 59.500/bulan, kelas 2 Rp 42.500 per bulan, dan kelas 3 Rp 25.500 per bulan.

Tentu terdapat perbedaan untuk kelas 1 2 3 dalam bpjs, perbedaannya kelas tersebut pada kamar rawat , kelas perawatan dan tarif INA-CBGs, lainnya sama semua tidak ada perbedaan dalam rawat inap. Untuk lebih jelaskan akan kami rincikan mengenai perbedaan kelas 1 2  3 .

Perbedaan BPJS kelas 1 2 3 pada kamar rawat :

Kelas 1 memiliki hak kamar rawat kelas 1 yaitu didalam kamar terdapat 2-4 tempat tidur, untuk kelas 2 ada 3-5 tempat tidur, dan untuk kelas 3 ada 4-6 tempat tidur perkamar, itu artinya tempat tidur sama saja dengan banyak nya pasien yang menginap didalam kamar rawat tersebut. Untuk mendapatkan 1 tempat tidur didalam 1 kamar anda bisa menghubungi bagian bpjs karena itu kelas VIP

Perbedaan BPJS kelas 1 2 3 pada kelas perawatan :

Tentu jika anda mengambil premi kelas 1 maka biaya yang dikeluarkan lebih mahal maka sudah dipastikan kenyamanannya pun akan disesuaikan dengan tingkat kelas. Bagi pasien yang mengambil asuransi bpjs kelas 1 maka diperbolehkan naik ke kelas VIP tentunya atas permintaan sendiri dan biayanya juga di tanggung sendiri selisih tarifnya.

Begitu juga dengan yang mengambil kelas 2 mereka di perbolehkan naik ke kelas 1 atas permintaan sendiri, sama hal nya kelas 1 yang naik ke VIP , yang bersangkutan membayar selisih biaya kamar. Akan tetapi untuk kelas 3 tidak diperbolehkan naik kelas, kecuali jika kamar kelas 3 penuh.

Perbedaan BPJS kelas 1 2 3 pada INA-CBGs :

INA-CBGS adalah tarif untuk klaim dari RS ke BPJS berdasarkan sistem paket, sesuai dengan kategori penyakitnya. Kemudian Rumah sakit akan mengklain dana ke BPJS sesuai dengan harga tarif kamar di rumah sakit, jika semakin mahal maka INA-CBGs yang akan di klaim oleh rumah sakit juga semakin tinggi.

Sekarang anda tentukan pilihan kelas 1 – kelas 2 atau kelas 3. Tentunya sesuaikan dengan kemampuan anda, jangan sampai sudah ambil kelas 1 tapi keberatan untuk membayar iuran per bulannya. Jika ingin perawatan yang maksimal maka pilihlah kelas 1 saat pertama kali mendaftar program bpjs.

*Dirangkum dari berbagai sumber 







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

Dzaky Dewan

Thanks for the informations!

intekomnet

wah ketemu nih disini infonya,, mkasih banyak gan..

Maradeta Cristy Handayani

up date lagi dong min info BPJS nya kan udah ada berita tentang naiknya tarif per bulan April ini. . tks

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.