Cara Ternak Burung Puyuh

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Cara Budidaya / Beternak Burung Puyuh
Siapasih yang tak tahu dengan telor puyuh ? Tapi tak banyak yang tau bagaimana bentuk dan rupa burung puyuh. Burung puyuh merupakan burung yang bentuk nya mirip dengan ayam kecil yang tidak bisa terbang tinggi. Burung Puyuh hidup di semak- semak ilalang dan bertelur dibawah, bukan di atas pohon. Biasanya burung puyuh orang- orang kampung menyebutnya dengan nama burung gemak, dengan bulu berwarna coklat lorek- lorek hitam.

Tak jarang orang- orang yang membudidayakan burung puyuh ini untuk dimanfaatkan telur nya. burung puyuh ini banyak dijumpai di pulau sumatera, burung puyuh merupakan kelas unggas dengan famili Phasianidae. Telurnya memiliki gizi yang sangat amat tinggi. Yang biasanya dimanfaatkan dari burung puyuh selain telurnya juga bisa di ambil bulu, daging dan kotorannya sebagai pupuk kompos.

Sehingga tidak jarang orang yang membudidayakan burung puyuh, karena sangat mudah memeliharanya seperti memelihara ayam. Jika anda memutuskan untuk memelihara burung puyuh maka pastikan lokasi kandang tidak berada ditempat keramaian, sebab burung puyuh ini sangat sensitif atau tidak senang dengan tempat ramai atau pemukiman penduduk dan kondisi suasana lingkungan tempat untuk memelihara burung puyuh ini memilki sirkulasi udara yang baik.

Kandang untuk indukan puyuh berukuran 2x 0.5 meter dengan 5 lantai dan setiap lantai diberikan sekat berupa triplek untuk menampung kotoran dan mempermudah pembuangan kotorann itu sendiri. 

Untuk dinding pada bagian kandang gunakan jaring berbahan kawat untuk melancarkan sirkulasi udara pada kandang. penambahan kaki kandang di tinggikan mencegah puyuh bagian bawah terkena air atau lembab.

Penempatan tempat pakan pun harus di perhatian antara lubang tempat masuk kepala puyuh agar isa leluasa mengambil makan di tempat pakan. Sedangkan penempatan minuman letakan di samping untuk setiap 1 lantai. Pergantian air minum puyuh dilakukan 1 hari sekali yaitu pagi hari atau sore hari. pemberian makanan pun dilakukan sama seperti pergantian air minum pada puyuh.

Untuk pembersihan kotoran puyuh dilakukan setiap 3 hari sekali, praktisnya triplek yang kita taruh pada sekat antar lantai satu dengan yang lain cabut dan bersihkan menggunakan sapu.
Kotoran puyuh juga merupakan peluang bisnis karena setiap 1 karung kecil kotoran di hargai 15 ribu rupiah.

Setiap 1 lantai berisi sekitar 30-50 puyuhan dewasa setiap sekat, jika kita memelihara 1000 puyuh dewasa kita akan menghasilkan sekitaran 300- 400 telur setiap hari. dan membutuhkan sekitar 4-5 kandang dengan 4 lantai.

Untuk penjualan telur puyuh sekarang dihargai sekitar 20ribu per 1 kg telur, 100 puyuh dewasa menghasilkan 7,5 kg telur satu hari.

Untuk pemilihan tempat saya sarankan buat rumah- rumahan yang sederhana terdiri dari penopang dan genteng untuk mencegah dari air hujan, atau bisa memanfaatkan pekarangan belakang rumah semaksimal mungkin.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: