Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji -
Jambu biji atau biasa admin sebut jambu klutuk ini memang bukan termasuk jenis buah yang banyak peminatnya.. tapi bagi admin sih mau buah apa saja termasuk jambu biji admin tetap suka.. hehehe.. bahkan dulu ketika admin masih kecil di kampung halaman dulu admin kerap mengolah jambu biji muda yang masih mentah menjadi rujak bebeg dicampur dengan buah – buah lain seperti mangga, blimbing, jambu air, dan bauh – buah lain.. dan rasanya jangan di Tanya.. pasti ajib… 

Jambu biji sendiri memiliki banyak jenis, baik dari bentuk maupun warna daging buahnya.. karena ada yang berwarna putih maupun merah. Ada juga berdaging buah tebal maupun berdaging buah tipis.. Umumnya kenapa banyak orang enggan memakan jambu biji dikarenakan jika makan jambu biji bisa mengakibatkan susah B.A.B. tapi terlepas dari masalah tersebut, jambu biji sendiri memiliki banyak manfaat loh,, mau tau ? yuk kita simak beberapa informasi dibawah ini yang admin rangkum dari berbagai sumber :


Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji )

Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji.

  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Manfaat dan Khasiat Jambu Biji

1. Menyembuhkan Infeksi

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

2. Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu mencegah dari penebalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

3. Mengatasi Diabetes

Pada manfaat yang terkait dengan tekanan darah yang disebutkan di atas, asupan jambu biji juga dapat membantu pasien diabetes, seperti manfaat buah mengkudu. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Jambu merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A seperti yang ditemukan pada manfaat wortel. Jambu biji dikenal sebagai booster kesehatan bagi penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan umum pada penglihatan mata. Tidak hanya mencegah terjadinya degradasi penglihatan, tapi menjaga penglihatan dimasa-masa penurunan kekuatan mata.

5. Menyehatkan Tiroid

Jambu merupakan sumber yang baik sebagai sumber zat tembaga, yang merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, yang membantu untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ tubuh, sehingga jambu biji ini dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.
 
6. Mengatasi Diare

Senyawa astringents pada jambu biji, membuat perlindungan terhadap diare. Penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus ini, dilakukan oleh astringents sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali. Selain itu, nutrisi lainnya dalam jambu biji seperti vitamin-C, karotenoid dan kalium, memperkuat sistem pencernaan sekaligus desinfektan. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis untuk alasan yang sama dinyatakan di atas.

7. Sebagai obat demam dan batuk

Vitamin C yang kaya terkandung dalam jambu biji, ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu dan rebusan daun jambu memberikan manfaat mengurangi lendir saat batuk. Sebagai disinfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.

8. Manfaat Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit

Tidak hanya naik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun jambu biji kaya akan zat astringents yang menghindari masalah kulit. Buah jambu biji yang telah masak, memiliki kandungan zat astringents lebih banyak, termasuk pada daunnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukuo dengan memakan buahnya secara langsung atau dengan merebus buah dan daunnya terlebih dahulu.

Jambu biji akan mengencangkan daerah kulit yang kendur. Selain astringents, jambu biji sangat kaya vitamin-A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik untuk detiksifikasi. Menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan gangguan kulit lainnya.

9. Mengobati Sembelit

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. bagian bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar. Kedua, sifat jambu biji tersebut, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan benar-benar membersihkan usus.

Dikatakan bahwa sembelit dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, sehingga bantuan dengan sembelit akan bermanfaat. Total kesehatan tidak dapat disangkal, yang dipengaruhi oleh pencernaan. Sering konsumsi jambu biji dapat memastikan kesehatan pencernaan, seperti yang ada di manfaat pepaya.

Ramuan Tradisional dari Jambu Biji

Obat DBD

Bahan : 3 Buah Jambu Biji Merah.
Caranya : Ambil 3 buah jambu mereh tadi, kemudian cuci hingga bersih. Lalu potong kecil – kecil agar dapat diblender dan pisahkan bijinya. Setelah selesai digiling, saring airnya agar hanya tersisa airnya saja. Agar penyakit DBD cepat sembuh, minumlah jus tersebut 3 kali sehari secara teratur.

Obat Diare

Bahan : Daun Jambu Biji Merah 30 gram dan segenggam beras.
Caranya : Masak air sampai panas, sebanyak 1/2 gelas, selagi air dimasak cuci daun jambu merahnya sampai betul – betul bersih. Setelah air sudah masak, masukkan daunnya kedalam air panas tadi. Lalu rebus daunnya sampai tersisa hanya sari daunnya, buanglah sampah daun yang tersisa lalu minum ramuannya selama 1 kali sehari.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: