Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Nipis

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Ini adalah salah satu buah yang sering di manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, terutama kebutuhan makanan, jeruk nipis ini biasanya sangat amat sering dimanfaatkan sebagai tambahan untuk sambal atau dipakai sebagai bumbu tambahan untuk makanan seperti soto. Jeruk nipis juga sangat dipercaya sanggup untuk menghilangkan bau amis pada makanan seperti ikan atau ayam.

Diluar dari manfaat jeruk nipis sebagai bumbu masak, sebagian masyarakat juga banyak yang memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobatan seperti mengobati batuk secara alami. Dan kita juga perlu mengetahui, jika jeruk nipis ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Buah ini juga dikenal sebagai zhi shi (dalam pengobatan tradisional Cina), dan dikenal sebagai green orange, sour orange dan bitter orange di belahan dunia lain.

Kandungan kimia utama Jeruk nipis merupakan Synephrine, yaitu senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo- efedrin ditemukan di banyak obat tumor, suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.

Kandungan Jeruk Nipis

Naringenin, adalah salah satu zat aktif yang ada dalam flavonoids yang terkandung dalam seluruh famili jeruk dan tomat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan naringenin tersebut dapat mencegah pertumbuhan tumor dengan cara memperbaiki deoxyribose nucleic acid atau yang akrab disebut dengan DNA .

Sebuah percobaan yang dilakukan pada seekor tikus menunjukkan bahwa kandungan naringenin juga dapat membantu proses pembakaran lemak berlebih dengan cara menstimulasi metabolisme liver (organ hati). Naringenin juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (HDL).

Semua famili citrus memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Salah satu jenis jeruk yang paling sering dikonsumsi adalah jeruk nipis. Meski tidak banyak yang mengonsumsinya secara langsung karena rasanya yang terlalu asam, sari jeruk nipis memiliki khasiat yang hebat bagi kesehatan, khususnya bagi Anda yang sedang mencari pengobatan herbal.

Sari jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Manfaat Jeruk Nipis

Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Berikut 5 manfaat jeruk nipis yang dijadikan obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti dilansir kompas.com:


  • Mengatasi Wasir
    Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih selama 30 menit dan saring. Minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.
  • Mengobati Amandel
    Cuci 3 kulit jeruk nipis. Potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa ¾ nya kemudian saring. Dalam keadaan hangat gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.
  • Meredakan Batuk
    Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.
  • Mencegah Bau Badan
    Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.
  • Meringankan Radang Tenggorokan
    Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: