Potensi Budidaya Ikan Nila

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Potensi Budidaya Ikan Nila

Cara membudidayakan ikan nila yang tidak membutuhkan tempat yang luas, Salah satu caranya adalah membudidayakannya di dalam kolam. Ikan nila merupakan jenis ikan yang sangat mudah dibudidayakan karena tingkat perkembangan dan pertumbuhannya yang paling cepat dibandingkan dengan ikan lainnya seperti ikan mas dan ikan gurame. Kita dapat menghasilkan ikan nila dengan berat 1 kg per ekor dan rasa daging ikan tersebut sangatlah enak sekali baik d goreng ataupun dibakar kecap.

Terutama untuk bisnis ikan nila banyak disukai masyarakat sehingga berpotensi besar untuk meraup keuntungan yang besar pula. Membudidayakan ikan nila sangat mudah karena pembudidayaan dapat dilakukan menggunakan kolam, jaring, keramba, sawah bahwa ikan ini juga dapat hidup dan berkembang di air payau. Jadi sangat mudah dikembang biakkan.

Ikan nila mampu hidup hingga umur 2 tahun, sedangkan pada usia 4-5 bulan ikan nila mampu beranak. Ikan nila yang telah berumur 6 bulan hingga 1 tahun akan dapat mengeluarkan larva 1200- 1500 setiap kali memijah. Sehingga proses perkembangan biakannya sangat cepat sekali. Sebelum memijah ikan nila jantan selalu membuat sarang di dasar perairan dan daerahnya akan ia jaga dan merupakan daerah teritorialnya sendiri. Ikan nila jantan akan menjadi agresif pada musim ini.

Makanan Ikan nila

Ikan nila termasuk jenis ikan yang memakan tumbuh- tumbuhan dan hewan- hewan serangga, ketika sedang dalam benih ikan nila memakan lumut- lumutan dan plankton yang ada di dalam kolam, hingga ia menjadi dewasa baru lah dapat diberikan makan pelet ikan atau dedaunan, biasanya banyak yang menggunakan daun talas dan kangkung.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post