Manfaat dan Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal)

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Manfaat dan Khasiat Bawang Lanang (Bawang Putih Tunggal)
Tahukah anda apa itu bawang lanang ? karena tentu istilah bawang lanang ini masih sangat asing bagi sebagian orang. Sejatinya bawang lanang ialah bawang putih Allium Sativum. Namun, karena berbagai sebab ia tidak bisa tumbuh membentuk umbi yang tersusun 10-15 siung. Ia tumbuh tunggal. Dari sosoknya itu munculah sebutan : bawang lanang. Penyebutan lanang (bahasa jawa : lelaki) seringkali dipakai untuk menggambarkan kondisi tertentu di umbi atau biji dengan kriteria tunggal, bulat, dan tidak terbelah. Contohnya kopi lanang. Yaitu biji kopi Coffea spp berbentuk bulat agak besar dan tidak terbelah. Nama lanang pada bawang lanang juga mengacu pada bentuk umbi yang tunggal seperti skrotum, bagian dari organ kelamin pada mamalia jantan.


Kandungan Kimia Bawang Putih Tunggal

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Umbi batang mengandung zat-zat sebagai berikut :

1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
4. Belerang
5. Protein
6. Lemak
7. Fosfor
8. Besi
9. Vitamin A, B1 dan C.

Manfaat dan Khasiat Bawang Lanang


  • Khasiat bawang putih tunggal yang pertama adalah kemampuannya mencegah penyakit kanker. Hal ini terkait erat dengan kandungan sulfida yang ada di dalamnya. Senyawa kimia ini bisa membantu organ hati dalam melawan senyawa beracun yang bisa memicu kanker. 
  • Bawang putih tunggal ampuh mengobati serangan virus influenza. Aroma khas bawang ini mampu mengaktifkan kinerja membran mocus sehingga saluran pernafasan menjadi lega karena lendir perlahan akan keluar.
  • Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa berakibat pada organ jantung. Jadi, konsumsi bawang putih juga bisa melindungi jantung Anda.
  • Khasiat bawang putih tunggal lainnya adalah sebagai pengontrol bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Bawang putih yang diracik dengan makanan bisa menambah stamina penderita diabetes yang umumnya selalu mengalami kelelahan fisik.
  • Bawang putih tunggal ini dikenal ampuh dalam mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh. Caranya cukup konsumsi secara rutin dalam keadaan mentah agar hasilnya lebih maksimal.
  • Bawang putih juga dikenal sebagai anti-biotik alamiah yang sangat ampuh mengusir bakteri. Jika Anda mengalami peradangan misalkan jerawat, cukup gunakan parutan bawang putih tunggal ini dan jerawat Anda akan steril dari bakteri yang akan membuatnya semakin parah.
  • Bawang putih tunggal ini juga dikenal mampu mengatasi penyakit maag. Caranya mudah, cukup cuci bersih bawang putih dan kunyah mentah. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari hingga maag Anda membaik.
  • Khasiat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk meringankan penyakit asma, batuk pilek, dan masuk angin. Untuk ketiga penyakit ini, cukup campurkan madu bersama dengan bawang putih tunggal yang telah dihaluskan. Saring dan kemudian minum setiap pagi secara rutin hingga kondisi Anda membaik.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: