7 Manfaat Luar Biasa Bayam Duri Bagi Kesehatan




Manfaat dan Khasiat Bayam Duri
Tanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, pasalnya bayam duri ini kerap kali tumbuh liar di pekarangan rumah. Malah terkadang dianggap sebagai gulma seperti halnya rumput. Bahkan bagi admin sendiri tanaman bayam berduri ini admin anggap sebagai pengganggu, karena tidak bisa dimanfaatkan. Malah terkadang admin pikir tanaman tersebut merupakan tanaman bayam beracun.. hihihi.. tapi setelah membaca beberapa artikel ternyata bayam buri ini sangat bermanfaat dan bukan merupakan tanaman beracun. Lalu kira-kira apa saja ya manfaat dari bayam duri ini ? berikut ini beberapa informasi terkait bayam duri :

Bayam Duri (Amaranthus spinosus L.) Tanaman ini termasuk familia Amaranthaceae. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di kebun-kebun, tepi jalan, tanah kosong dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tingginya dapat mencapai 1 meter. Tumbuhan ini dapat dikembangbiakkan melalui bijinya yang bulat, kecil dan hitam.Sebagai tanda khas dari tumbuhan bayam duri yaitu pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri, sehingga orang mengenal sebagai bayam duri. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 - 35 Celcius. 

Khasiat Bayam Duri Bagi Kesehatan

  1. Mengobati TBC
    Cara Pengobatan: Seluruh tumbuhan bayam duri (batang, daun dan akar) sebanyak 30-60 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1,5 gelas air bersih dan 1,5 gelas arak putih, sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum. Pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.
  2. Mengatasi Kencing Nanah
    Anda yang mengalami penyakit kencing nanah bisa menggunakan tanaman bayam duri sebagai solusinya. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu dengan satu potong akar dan bonggol dari tanaman bayam duri serta siapkan juga adas pulawaras secukupnya. Setelah bahan siap kemudian bahan dicuci bersih dan dipotong kasar saja. kemudian rebus dengan menggunakan air 1 liter hingga mendidih dan airnya menyusut setengahnya. Setelah itu diamkan sebentar dan saring. Minumlah ramuan ini pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  3. Mengobati Disentri
    Cara Pengobatan: Akar bayam duri sebanyak 30 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 15 g gula enau/aren dan 2 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tersisa ½ gelas. Setel;ah dingin disaring, minum sekaligus sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
  4. Mengatasi Susah Buang Air Kecil
    Tanaman bayam duri juga bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air kecil. Kondisi susah buang air kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya cairan tubuh, adanya gangguan pada ginjal dan saluran kemih, batu ginjal, kencing manis, kencing batu dan lainnya. susah buang air kecil bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya yang lebih serius oleh karena itu jika anda mengalaminya lebih baik segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
    Cara membuat ramuan dari tanaman bayam duri untuk masalah susah buang air kecil. Bahan yang digunakan adalah satu akar dan bonggol tanaman bayam duri dan cuci bersih. Setelah itu potong kasar dan rebuslah dalam 1 liter air sampai mendidih dan juga menyusut. Setelah matang diamkan sebentar sampai hangat dan kemudian minum ramuan tersebut secara rutin sampai habis tiap harinya.
  5. Mengatasi Sakit Tenggorokan
    Cara Pengobatan: Akar bayam duri segar sebanyak 45 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, siapkan untuk diminum. Sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.
  6. Mengatasi Radang Saluran Napas
    Cara Pengobatan: Daun bayam duri segar sebanyak ½ genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan 3 sendok makan air masak dan sedikit garam. Aduk merata, lalu diperas dan disaring. Minum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali.
  7. Mengobati Sakit Gigi
    Cara Pengobatan : Akar dicuci bersih, lalu dikunyah.
Dikutip dari berbagai sumber

Baca Juga :




loading...


0 komentar: