9 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan




Khasiat Menakjubkan Jahe Merah Bagi Kesehatan
Jahe pada umumnya dimanfaatkan manusia sebagai bahan rempah untuk bumbu masak atau minuman khas yaitu bandrek. Rasa pedas pada jahe sangat ampuh untuk menghangatkan badan. Dan biasanya minuman jahe ini digunakan ketika seseorang sedang meriang atau masuk angin. Jahe memang sejak dari dulu sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai macam hal, termasuk juga untuk bumbu masak, aroma dan cita rasa yang khas dari jahe mampu menciptakan keunikan rasa pada makanan. Sejauh ini kita hanya mengetahui jahe yang berwarna dalam putih agak kekuningan. Karena memang jahe jenis ini yang banyak dijual di pasaran. Tapi tahukah anda bahwa ada jenis jahe yang berbeda, yaitu jahe yang berwarna merah. Walaupun jika diperhatikan jahe merah mirip sekali dengan lengkuas (menurut admin sih) karena warnanya yang hampir mirip. Tapi konon jahe ini sudah sejak dari dulu di manfaatkan sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Ingin tahu lebih banyak tentang jahe merah ini ? yuk kita simak informasinya di bawah ini :

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.  Jahe merah memiliki warna yang berbeda dengan jenis-jenis jahe lain yaitu berwarna kemerah-merahan. Ada tiga jenis macam jahe, antara lain jahe putih atau jahe kuning atau jahe emprit sangat cocok untuk ramuan obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, jahe gajah sangat cocok untuk berbagai olahan baik untuk bumbu dapur maupun untuk ramuan obat-obatan dan yang terakhir ialah jahe merah sangat cocok untuk ramuan obat-obatan.

Jahe merah juga memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Khasiat rimpang jahe merah yang banyak dipublikasikan antara lain adalah sebagai antiinflamasi, anti trombbotik, antihiperglikemia, antimikroba, antiemetik, antidepresan, anti-karsinogen, dan anti tumor.

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan

  1. Menjaga Kondisi Jantung
    Tubuh bisa saja menyimpan banyak kolesterol dan minyak dimana minyak tersebut berasal dari susunan lemak hewani maupun nabati yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sedangkan manfaat jahe merah ini berperan peting sebagai penurun kolesterol dan trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.
  2. Mengatasi Rematik
    Manfaat jahe merah yang pertama yaitu bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi nyeri serta mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit asam urat atau yang lebih dikenal dengan rematik ini ternyata bisa disembuhkan dengan menggunakan jahe merah.
    Cara penggunaan jahe merah sebagai obat herbal asam urat cukup mudah, pertama rebus terlebih dulu beberapa rimpang jahe merah yang ditambahkan dengan menggunakan dengan temu lawak, beberapa lembar daun kumis kucing serta cabe merah.
    Setelah itu rebus semua bahan bersama dengan 3 gelas air minum. Konsumsi air rebusan tersebut dan minum 2 kali dalam sehari.
  3. Menyembuhkan Batuk
    Jahe memang mempunyai efek melegakan, namun ternyata manfaat jahe merah juga tidak hanya itu saja. Ya, jahe merah juga bisa mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Sifatnya yang menghangatkan inilah yang bisa membantu menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan.
    Cara membuatnya, Anda bisa menyiapkan beberapa rimpang jahe merah. Setelah itu parut dan peras airnya. Air perasan itulah yang bisa Anda konsumsi 2 kali dalam sehari supaya batuk dan radang tenggorokan segera hilang.
  4. Menghilangkan Jerawat
    Tidak hanya untuk kesehatan saja, bahkan manfaat jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Apabila Anda mempunyai masalah pada wajah, Anda bisa mengatasinya dengan jahe merah.
    Untuk menggunakannya, Anda bisa membersihkan beberapa ruas jahe merah setelah itu dipijatkan pada wajah sampai mengeluarkan cairan minyaknya. Jika sudah, tutup semua bagian wajah dengan menggunakan irisan jahe merah.
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah
    Pada jahe merah juga sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satu manfaat jahe merah yaitu membantu meluruhkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit.
    Hal ini dikarenakan bahwa kolesterol jahat dalam darah akan menghambat aliran darah. Dan dengan jahe merah inilah bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga secara tidak langsung  kolesterol dalam tubuh tubuh akan hilang.
  6. Mengobati Sakit Kepala
    Bagi anda yang melakukan pekerjaan seharian tidak menutup kemungkinan akan mengalami stres. Dalam hal ini, jahe merah bisa di manfaatkan sebagai wedang jahe anget yang bisa membuat tubuh menjadi lebih fresh dan nyaman serta rasa lelah akan hilang seketika.
  7. Membantu Diet
    Apabila Anda mendapati mempunyai berat tubuh kurang ideal, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan jahe merah. Apabila ramuan jahe merah ini Anda konsumsi secara rutin, ternyata bisa membantu membakar lemak terutama di bagian perut serta mengurangi nafsu makan.
    Cara membuatnya, Anda bisa membuat jahe merah sebagai teh yang dikonsumsi 2 kali dalam sehari.
  8. Menangkal Mabuk Perjalanan
    Bagi anda yang sering melakukan perjalanan darat yang jauh dan mabuk perjalanan bisa memanfaatkan jahe merah sebagai penangkal mabuk perjalanan atau mabuk darat, karena jahe bisa menghangatkan tubuh manusia dan menghilangkan rasa mual pada perut.
  9. Mengatasi Gatal Karena Alergi
    Rasa gatal yang di sebabkan oleh alergi bisa mengganggu seseorang, jahe merah bisa menjadi solusi yang baik untuk mengobati alergi.

Sumber Referensi : https://www.tanamania.com/manfaat-jahe-merah/#z 

Baca Juga:





loading...


0 komentar: