Jangan Anggap Remeh Bawang Putih ! Berikut ini Manfaat Luar Biasa Bawang Putih




Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Selama ini kita hanya mengetaui bawang putih sebagai bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan masak. Bawang putih hampir selalu digunakan setiap masakan, baik masakan tumis, santan, sambal, rebus bahkan untuk bumbu bakar. Selain memiliki aroma dan cita rasa khusus, bawang putih juga kerap kali digunakan untuk penghilang bau amis pada ikan dan ayam. Tapi tahukah anda bahwa bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak saja, melainkan bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih yang sangat luar biasa :

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.  

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_putih

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih


  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.
  • Mengobati Sakit Gigi
    Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, ita bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit.
  • Mencegah Kanker
    Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.
  • Membantu Mengobati Jerawat
    Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Mencegah Pembekuan Darah
    Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.
  • Membantu Dalam Perlawanan Infeksi
    Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.
  • Mengobati Masalah Tenggorokan
    Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.
  • Mengurangi Tingkat Gula Darah
    Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2015/08/30/132500123/Khasiat.Bawang.Putih.untuk.8.Jenis.Penyakit





0 komentar: