9 Manfaat dan Khasiat Bawang Hitam Bagi Kesehatan




Manfaat Luar Biasa Bawang Hitam Bagi Kesehatan
Sebelumnya admin telah memposting tentang manfaat bawang putih dan bawang merah. Yang bisa anda baca disini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan. Tapi tahukah anda ternyata ada satu bawang yang jarang sekali dibahas oleh banyak orang atau bahkan hampir tidak pernah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan tahukan anda bawang apakah itu ? dan ternyata ada loh yang namanya bawang hitam. Bukan hanya sekedar namanya yang hitam, ternyata bawang ini benar-benar berwarna hitam. Walaupun sebenarnya bawang hitam bukanlah jenis bawang tertentu, melainkan bawang putih yang difermentasi. Akan tetapi seperti halnya bawang putih dan bawang merah, bawang hitam juga memilki banyak manfaat loh bagi kesehatan kita. Berikut ini sekilas tentang bawang hitam serta manfaatnya bagi kesehatan.

Bawang hitam (Black garlic) bukanlah jenis varietas bawang yang baru. Bawang hitam adalah bawang putih biasa yang mengalami proses fermentasi dengan memanfaatkan suhu yang tinggi sehingga menghasilkan bawang hitam / bawang putih hitam (Black garlic). Bawang hitam ini dibuat melalui proses penyimpanan dari bawang putih utuh (disertai dengan kulitnya) pada suatu tempat atau ruangan yang sudah diatur tingkat kelembapan dan suhunya antara 60-70 derajat celcius.
Cara fermentasi yang dilakukan adalah dengan memasukkan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan pada oven dan dipanggang menggunakan suhu 60-70 derajat selsius. Wajib untuk dilakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Sumber : http://8villages.com/full/petani/article/id/5a7fcbe7ee8aa8c906549609

Khasiat Bawang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh


  1. Obat Antikanker
    Kandungan diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam dipercaya memiiki sifat anti kanker yang mampu mencegah hingga menghancurkan berbagai penyebab sel kanker didalam tubuh. Pada sebuah riset penelitian, kandungan PhIP yang berbentuk HCA atau amina heterosiklik merupakan zat yang dapat memicu penyakit kanker seperti kanker payudara. Adapun dari penelitian tersebut ditemukan sebuah zat yang digunakan sebagai karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan PhIP yang mampu memicu kanker. Zat tersebut adalah diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam. Sehingga agar anda tetap memiliki badan sehat, maka campurkan bawang hitam dalam aneka jenis masakan anda.
  2. Mengatasi Kelelahan
    Bawang hitam disarankan untuk atlet maupun orang yang ingin meningkatkan kekebalan fisik. Selain itu, bawang hitam juga mampu mengatasi kelelahan akibat bekerja maupun kurang istirahat.
  3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Manfaat bawang hitam lainnya yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut sumber WebMD, terdapat sebuah penelitian yang berhasil membuktikan, bahwasannya dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8%.
  4. Memiliki Efek Diuretik Yang Kuat
    Mengonsumsi bawang hitam baik untuk orang yang memiliki retensi cairan pada tubuhnya, misalnya pada penderita sakit ginjal dan penyakit edema. Saat mengonsumsi bawang hitam dengan kondisi perut kosong, hal ini membantu Anda mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh.
  5. Mengobati Sakit Gigi
    Kandungan sifat analgesik yang terdapat didalam bawang putih hitam dipercayai mampu menghilangkan bakteri yag menyebabakan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan kandungan yang terdapat didalam bawang hitam ini diketahui mampu menghilangkan sakit gigi karena kandungan sifat antibakteri dan antivirusnya akan membasmi segala penyebab sakit gigi.
  6. Meningkatkan Kolagen
    Orang yang memiliki masalah kulit, seperti dermatitis dan jerawat dapat mengonsumsi bawang hitam. Selain itu, orang yang memiliki gangguan sendi pun dianjurkan makan bawang hitam. Alasannya, bawang hitam mengandung tiosulphinate yang mampu meningkatkan produksi kolagen.
  7. Membantu Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh
    Terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwasannya bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh hingga 15%. Sehingga jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat maka rutinlah mengonsumsi bawang hitam ini.
  8. Mengobati Masalah Pernapasan
    Manfaat kesehatan lainnya yaitu untuk mengatasi masalah pernapasan diantaranya asma dan gejala alergi. Bawang hitam juga mampu mengatasi demam, laringitis dan faringitis.
  9. Menenangkan Saraf
    Bawang hitam juga bisa menjadi pengobatan alami untuk mengatasi stres, menghilangkan rasa cemas, mengobati insomnia dan mengatasi perasaan yang buruk (bad mood).





loading...


0 komentar: