Tak Sejahat Dalam Cerita, Ternyata Bawang Merah Punya Banyak Manfaat




Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan
Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan. Bagi yang belum baca, bisa baca di sini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Nah pada postingan kali ini admin akan membahas pasangan dari si bawang putih yaitu bawang merah. Tidak seperti halnya pada cerita fiksi yang ada di sinetron-sinetron tentang bawang putih dan bawang merah dimana bawang putih berkarakter baik sedangkan bawang merah berkarakter jahat. Tapi itu kan hanya cerita, karena realitanya bawang merah justru memiliki manfaat yang banyak bagi manusia seperti halnya bawang putih yang telah admin bahas. Jadi seperti hanyalnya bawang putih, bawang merah juga banyak kita ketahui hanya sebatas bumbu masak saja. Padahal bawang merah juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat bawang merah bagi kesehatan :

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan


  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Bagi Anda yang memiliki masalah jantung, cobalah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan flavonoid pada bawang merah dapat membantu kerja jantung. Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler. Rempah-rempah yang satu ini pun mengandung tiosulfinat yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke.
  • Menguatkan Tulang
    Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi bawang merah dan bawang putih akan memiliki tulang kuat. Para peneliti juga mengatakan bahwa nutrisi yang terkandung pada bawang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegahnya terhindar dari berbagai masalah.
  • Mencegah Kanker
    Bawang merah terkenal menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.
  • Menurunkan Risiko Kolesterol
    Para peneliti percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah bisa menurunkan risiko kolesterol. Tak hanya itu saja, nutrisi ini juga efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko darah tinggi maupun stroke.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
    Anda yang sulit tertidur pulas, berpikirlah untuk mulai mengonsumsi bawang merah. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
    Buat kamu yang ingin memiliki sistem pencernaan sehat, pastikan untuk mengonsumsi bawang merah secara rutin. Nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam bawang merah sangat baik untuk sistem pencernaan.

 Dikutip dari berbagai sumber




loading...


0 komentar: