Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Cara alami menghilangkan ketombe :
Apakah anda mempunyai masalah dengan ketombe ? atau apakah anda sangat terganggu dengan ketombe ??.. maka praktekanlah cara - cara berikut ini untuk mengatasinya, tapi sebelum saya beritahu caranya. Jauh lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ketombe dan penyebeb terjadinya ketombe.

ketombe merupakan serpihan kecil yang muncul pada kulit kepala yang sering disertai dengan rasa gatal. Pada umumnya Ketombe merupakan  pengelupasan sel – sel kulit mati yang berlebih pada kulit kepala.

Penyebab Ketombe :
Ada banyak faktor yang memicu munculnya ketombe, namun secara umum ketombe disebabkan oleh :
  • Kulit kepala yang berminyak : banyak orang yang percaya bahwa minyak yang berlebih di kepala merupakan faktor utama pemicu munculnya ketombe.
  • Keringat : olah raga yang berlebih yang menyababkan keringat di kepala bisa memicu ketombe.
  • Jamur : jamur Pityrosporum merupakan jamur yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala.
  • Faktor lainnya termasuk: cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai,  bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon
Terus bagaimanakan cara mengatasinya ? berikut cara alami atasi ketombe.

 Cara Alami Menghilangkan ketombe

1. Cuka putih
Cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih.
Anda juga dapat mencuci rambut Anda dengan satu sendok cuka yang dicampur 3 sendok makan minyak, lalu dibersihkan dengan sampo. Cara ini memberikan efek yang sama baiknya.

2. Soda kue
Basahi sedikit rambut Anda. Ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala Anda dengan soda kue tersebut. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut Anda mungkin akan sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.

3. Jeruk nipis
Siramkan 2 sdm air jeruk nipis di kepala Anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala Anda. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut Anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Kepala Anda akan berbau harum dan segar lemon dan ketombe Anda pun menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.

4. Garam
Ambil garam meja ketika Anda akan mencuci rambut Anda. Taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan garam. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut Anda dengan sampo.

5. Santan kelapa
Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.

6. Memijat kepala saat keramas . Pijatlah rambut anda secara lembut dan menyeluruh dari leher sampai kepala. Ini bisa membantu meningkatakan sirkulasi darah dan menghilangkan serpihan ketombe yang telah terakumulasi pada kulit kepala anda.

7. Dan yang jauh lebih penting lagi ialah selalu menjaga kebersihan tubuh terutama kulit kepala dengan mandi secara teratur.

Selamat Mencoba dan semoga berhasil.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Didik Priyanto

ok saya coba cara alami tersebut. thanks infonya

Rizwan Kusasi

Sipp,, saya juga mau coba.

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.