Cara Mengobati Sakit Gigi

4
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang . 
Apakan anda pernah mengalami sakit gigi ? Pasti itu merupakan pengalaman yang menyakitkan bukan ? karena sakitnya luar biasa bukan main,. Ketika sakit gigi datang pasti rasanya tidak ketahan. Jadi serba salah, mau makan susah, tidur tidak nyaman, bahkan ketika sakit gigi datang, ungkapan lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, rasanya tidak pas.  Justru mungkin lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. Xixixi,. Ya seperti itulah rasanya sakit gigi.

Banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi, namun kebanyakan dari  faktor  tersebut ialah karena pembengkakan pada gusi atau karena gigi berlubang. Penyebab gigi berlubang biasanya di karenakan sisa makanan yang menetap di gigi, yang oleh bakteri di mulut diubah menjadi asam yang membentuk plak. Plak ini mengandung mikroorganisme yang mengikis email gigi yang kemudian menyebabkan gigi berlubang.
Ketika gigi telah berlubang , maka gigi akan menjadi lebih sensitif. Gigi akan terasa nyeri jika anda makan makanan yang dingin atau panas. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?



Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang

  • Cobalah kumur dengan air hangat yang diberi garam, cara ini lumayan dapat mengurangi rasa sakit.
  • Cara lain, ambillah kapas lalu celupkan ke minyak cengkih. Oleskan kapas itu ke gigi yang berlubang. Minyak cengkih mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai anestesi lokal sehingga dapat menghilangkan sakit gigi sementara waktu. Hati-hati jangan menggunakan cara ini lebih dari 3 hari karena bisa melukai gigi.
  • Bila ingin mencoba obat tradisional, ambillah daun jambu biji (Psidium guajava, Linn.). Cuci bersih, lalu lumatkan. Taruh ramuan di gigi yang sakit. Sama seperti minyak cengkih, daun jambu biji mengandung minyak atsiri yang berkhasiat antiradang dan penghilang rasa sakit.
  • Jika cara ini tak sembuh, sebaiknya, Anda segera pergi ke dokter gigi. Mungkin ada gigi yang berlubang dan lubang itu bukan sekadar lubang kecil, tetapi sudah meradang hingga mengenai saraf gigi.
  • Jika absesnya terjadi pada akar gigi, nyerinya akan hebat sekali. Karenanya, Anda harus segera ke dokter gigi. Tak perlu takut karena peralatan dokter gigi sekarang sudah begitu canggih sehingga tidak lagi menyakitkan.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

4 komentar:

Rizwan Kusasi

iya ne,, suka bermasalah giginya

Didik Priyanto

iya, saya juga suka nyeri giginya

awis

punyaku giginya dah pada berlobang....
nyerriiiiiii banget...

Saracensa

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)