Manfaat Senam Bagi Kesehatan Anak

Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Manfaat Senam bagi Kesehatan Anak -
Menyempatkan berolahraga dalam kesibukan harian kita sangat baik untuk kesehatan tubuh. karena hal tersebut dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah pekerjaan padat yang kita lakukan. Caranya mudah, cukup dengan senam seminggu sekali pada hari libur kerja/sekolah. Dan akan sangat baik lagi jika dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu, hal tersebut dapat meregangkan otot-otot yang lelah setelah seminggu bekerja atau beraktifitas. Banyak sekali manfaat yang bisa di dapat dari senam tersebut. Apalagi bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, Untungnya hampir di sebagian besar sekolah di Indonesia baik swasta maupun negeri selalu diadakan kegiatan olahraga / senam rutin yang biasanya dijadwalkan setiap hari jumat. Karena seperti yang sering kita ketahui dalam sebuah pribahasa yang mengatakan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” pribahasa tersebut menggambarkan begitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh, yang salah satunya bisa dilakukan dengan berolah raga / senam. Adapun manfaat senam yang bisa di dapat bagi anak  adalah sebagai berikut :


1. Manfaat Fisik

senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). lewat berbagai kegiatannya, anak yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. apalagi jika ditekankan pula kegiatan yang menuntu sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system), program senam akan menyumbang pada perkembangan fisik seimbang.

Singkatnya kemampuan-kemampuan yang dikembangkan ketika mengikuti kegiatan senam bersifat sangat fundamental terhadap gerak secara umum. Dalam kaitan inilah kegiatan senam dapat dianggap membantu anak untuk mempersiapkan diri untuk bisa berhasil pada cabang-cabang olahraga yang lain.
2. Manfaat Mental dan Sosial

Ketika mengikuti program senam, anak harus dituntut untuk berfikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. untuk itu anak harus mampu menggunakan kemampuan berfikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. dengan demikian anak akan berkembang kemampuan mentalnya.

terakhir, adalah diyakini bahwa terdapat sumabgnan yang sangat besar dari program senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana anak mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang posisitf.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Fiu S

yg pasti senam pgi bkin seger .....