Penyebab dan Gejala Penyakit Darah Tinggi

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,




Penyebab dan Gejala Penyakit Darah Tinggi -
Salah satu penyakit yang cukup berbahaya adalah darah tinggi dan merupakan penyakit yang ditakuti hampir kebanyakan orang. Penyakit ini adalah salah satu penyakit keturunan. Penyakit ini juga dapat membuat penderitanya terserang stroke dan dapat berakibatkan kematian pada penderitanya. Penyakit darah tinggi biasa disebut juga hipertensi, yang mana membuat penderitanya pusing tuju keliling sampai tak bisa memikirkan atau melakukan sesuatu yang lain kecuali sakit kepala yang dirasakan. Darah tinggi umumnya menyerang orang – orang dewasa atau lansia, dan sering diidentikan dengan penyakitnya orang-orang yang hobinya marah-marah.. mungkin karena biasanya orang marah disebut juga dengan orang yang sedang naik darah.. hahaha.. entahlah ada atau tidak adanya hubungannya orang yang hobi marah – marah dengan darah tinggi. Yang jelas rata – rata penyakit darah tinggi itu diturunkan atau merupakan penyakit keturunan. Nah agar lebih waspada lagi dengan penyakit darah tinggi, mari kita simak beberapa informasi dibawah ini yang telah admin rangkum dari beberapa sumber.


Penyebab dan Gejala Awal Penyakit Darah Tinggi

Masih cukup banyak orang yang kurang tahu sebenarnya apa saja gejala awal penyakit hipertensi. Padahal, adanya gejala penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terdeteksi sejak awal bisa sangat berbahaya karena memicu komplikasi penyakit lain.

Memang gejala yang timbul bisa berbeda-benda pada tiap penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, gejala awal penyakit hipertensi juga tidak terlihat secara kasat mata sehingga cukup sulit dikenali. Akan tetapi beberapa pertanda bisa menjadi indikator akan adanya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini.

Ciri Ciri Tekanan Darah Tinggi Dan Gejalanya

Tanda dan ciri tekanan darah tinggi – jika sebelumnya Kita membahas tentang makanan pantangan darah tinggi, kali ini nitips.com akan mengulas beberapa tanda gejala dan ciri ciri tekanan darah tinggi. Ciri ciri ini perlu Anda ketahui, agar tekanan darah tinggi yang Anda derita tidak semakin parah. Tujuan mengetahui tanda gejala darah tinggi tentunya agar Anda harus lebih berhati-hati untuk menjalankan pola hidup yang sehat.

Dilansir dari situs Boldsky, terdapat beberapa ciri-ciri penyakit hipertensi yang bisa kita ketahui. Dengan mengetahui tanda-tanda hipertensi secara dini, maka kita dapat mencegah komplikasi yang lebih lanjut yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi.

 
1. Pusing pada kepala

Rasa sakit kepala dan vertigo bisa menjadi pertanda awal penyakit tekanan darah tinggi. Jika rasa sakit kepala tiba-tiba muncul tanpa sebab yang pasti, waspadailah dan segera konsultasikan pada dokter atau petugas kesehatan. Bisa jadi, ini merupakan pertanda awal hipertensi yang bisa menjalar pada penyakit stroke dan serangan jantung.

2. Terdapat titik darah pada mata

Ini merupakan ciri ciri awal penyakit tekanan darah tinggi yang lumayan mudah dikenali. Ketika Anda melihat bola mata Anda terdapat titik merah seperti darah, ini tidak boleh disepelekan. Bisa jadi, titik darah ini merupakan darah yang membeku akibat hipertensi yang ada. Segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakannya, Anda juga dapat memeriksa tekanan darah sendiri di rumah untuk mengetahui lebih lanjut tentang adanya titik darah pada mata.

3. Mati Rasa

Ini merupakan ciri ciri penyakit tekanan darah tinggi yang tergolong sudah parah. Peningkatan tekanan darah yang dipicu oleh hipertensi akan menyebabkan kesemutan dan mati rasa. Bisa jadi, kesemutan ini merupakn pertanda awal penyakit stroke yang bisa membahayakan jiwa. Gejala seperti ini terjadi karena kerusakan syaraf yang terjadi di dalam tubuh akibat penyakit tekanan darah tinggi tidak terkontrol.

4. Mual dan Muntah

Rasa mual dan muntah biasanya terjadi ketika orang mengalami sakit atau masuk angin. Namun, mual dan muntah juga bisa menjadi pertanda hipertensi pada tahap awal. Namun mual dan muntah yang terjadi pada orang hipertensi sedikit berbeda. Biasanya disertai dengan pandangan kabur dan napas yang sesak.

5. Mimisan

Hati hati ketika Anda mengalami mimisan, sebaiknya jangan sepelekan gejala ini. Mimisan bisa jadi merupakan pertanda awal penyakit hipertensi. Konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi masalah ini.

6. Rasa sakit pada kepala

Selain merasa pusing, gejala hipertensi lain juga berupa rasa sakit pada kepala yang sangat hebat. Sakit kepala karena tekanan darah tinggi biasanya terjadi dalam waktu lama dan tidak sembuh meski sudah dilakukan pengobatan.

Itulah beberapa tanda dan ciri tekanan darah tinggi, sebaiknya jika Anda sudah mengenali gejala tersebut, sebaiknya sejak dini lakukan pencegahan dengan menjaga berat badan agar tetap normal bahkan memilah makanan yang sehat agar tekanan darah tinggi tidak semakin parah.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: