Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Indah


Tips Agar Kuku Tetap Sehat dan Kuat -
Kenapa ya sekarang ini banyak orang yang ingin tampil perfect atau sempurna hingga dibela – belain melakukan perawatan tubuh dengan biaya mahal bahkan ada yang sampai keluar duit banyak untuk melakukan operasi. Biasanya sih banyak dilakukan oleh kaum hawa. Tapi ya masih lumrah lah, karena memang banyak cewek yang pengen tampil cantik. Yang penting tidak sampai berlebih-lebihan  hingga operasi yang nyeleneh yang beresiko dan berbahaya. Takutnya bukanya tambah cantik malah berujung petaka.. hehehe.. nah kali ini admin akan coba bahas salah satu perawatan tubuh yang umum dan sering dilakukan oleh kaum hawa walaupun tak jarang juga kaum adam juga melakukannya dan tentunya perawatan yang memang masih baik untuk kesehatan. Mau tahu ? yups. Kali ini admin akan bahas tentang bagaimana melakukan perawatan agar kuku tetap sehat dan terlihat indah. Banyak kaum adam yang menganggap bahwa melakukan perawatan kuku itu hal yang tidak penting. Pada hal menurut admin itu hal yang sangat penting. Ya minimal rutin membersihkan atau memotong kuku jari kaki dan tangan. Admin pernah baca kalau kuku kaki itu bisa menjadi jalan masuknya parasit ke dalam tubuh. So, penting banget untuk kita menjaga kebersihan kuku kaki. Nah berikut ini selain rutin membersihkan kuku kaki ada beberapa tips perawatan kuku agar kuku tetap sehat.

Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Indah

1. Jaga Kelembapan Kuku

Kelembapan pelu dijaga agar kuku terhindari dari kerapuhan. Gunakan pelembap tangan, minyak zaitun, atau petroleum jelly untuk melembapkan kulit. Gunakan kapan saja kulit terasa kering dan oleskan di sekitar tangan dan kulit sesaat sebelum tidur.

2. Lindungi Kuku

Sabun pencuci piring, deterjen, atau bahan kimia lainnya dapat merusak dan menyebabkan kuku rapuh, oleh karena itu saat menggunakannya usahakan menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku. Begitu juga jika Anda memutuskan berkebun atau melakukan kegiatan berat. Sebaiknya minimalisir risiko kerusakan kuku dengan melindunginya. Kuku dan tangan akan lebih sehat jika dilindungi dengan baik serta akan terhindari kerusakan, infeksi, serta kekeringan.

3. Jangan Bebani Kuku

Ketika Anda memutuskan memiliki kuku panjang, usahakan untuk melindunginya semaksimal mungkin. Jangan gunakan kuku untuk kegiatan sehari-hari seperti mengetik, membuka kaleng minuman, atau membuatnya melakukan pekerjaan berat. Gunakan ujung jari atau bagian yang lain jika memungkinkan untuk melindungi kuku dari goresan atau risiko patah.

4. Rawat Kutikula

Kutikula adalah lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur. Kutikula merupakan pelindung kuku dari bakteri dan infeksi. Jangan mencabut atau memotong kutikula jika tak ingin terkena infeksi atau bakteri. Gunakan krim pelembut atau minyak Zaitun untuk menjaganya tetap lembut.

5. Pelapis atau Cat Kuku

Kuku panjang identik dengan cat kuku. Pelapis kuku baik yang berwarna maupun bening bisa membantu melindungi kuku Anda. Tapi berhati-hati jika suka gonta-ganti warna. Jangan gunakan cairan penghapus kuku lebih dari dua kali dalam sebulan karena bisa membuat kuku rapuh. Usahakan hindari cairan yang mengandung aseton yang bisa membuat kuku kering. Lebih baik pilih penghapus warna kuku yang menggunakan asetat. Apabila dibutuhkan, gunakan krim penguat kuku untuk menjaganya tetap sehat.

6. Perawatan Teratur

Untuk menjaga kuku tetap sehat, bersihkan dan potong ujung kuku secara teratur. Jangan koyak kuku saat mengguntingnya karena akan membuatnya rapuh. Usahakan gunting teratur dengan satu arah untuk membuat potongannya sempurna. Penting untuk diperhatikan jangan menggunting kuku sesaat setelah mandi. Kuku yang basah menjadi rapuh dan mudah patah.
Saat menggunakan krim atau minyak pelembut, pijat daerah sekitar kuku untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar bisa membuat kuku tumbuh lebih sehat.

7. Nutrisi Penting

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kuku rapuh dan kering. Vitamin C, zinc, kalsium, vitamin B12 dan asam lemak baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Segelas susu bisa membantu asupan vitamin untuk kesehatan kuku. Makan sayuran dan protein yang cukup untuk menutrisi tubuh termasuk kuku.

Sumber : http://www.inicaraku.com/7-tips-cara-merawat-kuku-agar-tetap-sehat.html





0 komentar: