Manfaat dan Khasiat Cengkeh Bagi Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Manfaat dan Khasiat Cengkeh Bagi Kesehatan -
Setiap mendengar kata cengkeh/cengkih admin jadi keinget sejarah penjajahan bangsa Eropa di Indonesia nih sobat, karena memang salah satu yang menjadi target atau tujuan penjajahan bangsa Eropa di tanah air waktu itu ialah rempah – rempahnya, dan salah satu rempah – rempah tersebut yaitu cengkeh. Kenapa ya bangsa barat begitu terobsesinya terhadap rempah – rempah Indonesia ? mungkin karena di negara asalnya memang tidak ada kali ya.. maklum di eropa kan mengenal empat musim dan matahari tidak muncul sepanjang tahun tidak seperti halnya Indoneisa yang selalu menyinari sepanjang tahun. Sehingga memungkinkan berbagai jenis tanaman tumbuh subur, apalagi rempah – rempah yang memang hidup di iklimtropis seperti Indonesia. Dan mungkin juga selain di negeri asalnya cengkeh tidak ada, bangsa eropa menjarah rempah – rempah indonesia juga karena  memilki nilai ekonomis yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi barang dagang yang dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Selain itu juga mengapa rempah – rempah seperti cengkeh ini di cari – cari, itu karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Logikanya kalau tidak bermanfaat tentu tidak akan di cari toh.. Lalu manfaat apakah yang terkandung di dalam cengkeh ? itu lebih jelasnya kita simak beberapa informasi dibawah ini :

Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. 
( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Cengkih ).

Kandungan Gizi Cengkeh/Cengkih

Nama Bahan Makanan : Cengkeh Kering
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Cengkeh Kering yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Cengkeh Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Cengkeh Kering = 292 kkal
Jumlah Kandungan Protein Cengkeh Kering = 5,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Cengkeh Kering = 8,9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Cengkeh Kering = 57,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Cengkeh Kering = 740 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Cengkeh Kering = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Cengkeh Kering = 5 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Cengkeh Kering = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Cengkeh Kering = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Cengkeh Kering = 0 mg
Khasiat / Manfaat Cengkeh Kering : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : C
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat dan Khasiat Cengkeh

Antibakteri dan Anti Jamur

Cengkeh secara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

Analgesik

Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Perangsang S3ksu4l

secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan sahwat. sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ej4kul4s! dini.

Ramah di Perut

Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

Baik Untuk Jantung

secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.

Melawan Kanker

Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

Mencegah Inflamasi (Radang)

Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

Pengusir Nyamuk

Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

Cara Membuat Ramuan Tradisional dari Bahan Cengkeh

Menghitamkan Alis Mata

Cara membuat dan Menggunakan :

5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Oleskan pada alis mata setiap sore hari.

Mengobati Campak

Cara membuat dan Menggunakan :

10 Biji bunga cengkeh direndam air masak semalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum sedikit demi sedikit secara teratur.

Menambah Denyut Jantung

Cara membuat dan Menggunakan :

Bunga cengkeh yang sudah kering, dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

Mengatasi Sakit Gigi

Cara membuat dan Menggunakan :

Gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

Menghilangkan Bau Mulut

Cara membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. Kemudian, disaring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.

Mengatasi Sinusitis

Cara membuat dan Menggunakan :

Cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.

Sebagai Obat Mual

Cara membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

Mengatasi Membung

Cara Membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh. Atau, 5 sampai 10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengna kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang. setelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.

Obat Masuk Angin

Cara membuat dan Menggunakan :
10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Obat Sakit Kepala

Cara membuat dan Menggunakan :

5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum.

Mengatasi Radang Lambung

Cara membuat dan Menggunakan :   

5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.

Obat Batuk

Cara membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Mediamaya

Ternyata banyak sekali ya manfaat cengkeh buat kesehatan, yg aku sblumnya hanya untuk campuran bahan rokok,hehe