Cara Mengatasi dan Mengobati Diabetes Secara Alami

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Cara Mengobati Penyakit Diabetes Dengan Obat Alami -
Lanjut mengenai pembahasan penyakit. Kali ini admin akan membahas salah satu penyakit yang sangat sulit diobati dan kebetulan sedang dialami oleh orang tua admin lebih tepatnya bapak admin. Jadi kurang lebih 4 tahun bapak admin mengalami penyakit diabetes atau ada juga yang menyebutnya penyakit kencing manis. Dulu sebelum penyakit beliau semakin parah seperti saat ini, beliau itu memiliki tubuh yang gemuk dan gempal namun karena penyakitnya tersebut sekarang menjadi sangat kurus. Sebenarnya dari riwayat keluarga beliau memang ada turunan penyakit diabetes, sebab salah satu faktor diabetes ialah faktor keturunan. Walaupun menurut admin lebih besar karena faktor makanan dan pola hidup. Sebab walaupun sudah tahu ada bakat diabetes, beliau kurang menjaga makanan dan pola hidup. Jujur penyakit ini benar – benar menyusahkan karena kita sudah mencoba berbagai cara baik medis maupun herbal tetap saja ga ada efeknya. Bahkan beliau sampai pernah satu bulan tidak makan nasi dan mengantinya dengan ubi ketela.

Dari banyaknya obrolan dan diskusi admin dengan beberapa teman dan kerabat yang saudara atau orang tuanya mengalami diabetes. Banyak sekali kasus kasus yang berbeda, ada yang bisa sembuh tapi tidak total, ada yang tidak sampai menguruskan badan malah badan tetap gemuk, ada yang dia tetap sehat tapi harus mengkontrol makanan dengan tidak makan makanan yang mengandung gula sama sekali dan lain – lain. Namun dari banyaknya kasus tersebut sebenarnya faktor keberhasilan itu ada di pola makan dan pola hidup. Sebab ada juga yang mengatakan ke admin “percuma minum obat ini itu tapi ga ngejaga pola makan”. Nah berikut ini beberapa tips untuk mengatasi dan mengobati penyakit diabetes, namun admin sarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik, sebab setiap orang terkadang berbeda-beda kasusnya.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Diabetes dengan Obat Alami

Mengkudu

Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membtuk alkaloid yang berfunsi untuk membuka pori pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes. caranya

  • Ambil 1 buah mengkudu
  • Kemudian diblender, setelah itu peras airnya
  • Masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas
  • Jika Anda tidak tahan dengan rasa dan baunya, Anda juga bisa manambahkan sedikit madu
Kunyit

Kunyit sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan. Karena sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, maka kunyit bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Cara menggunakannya.

  • ambil 1 rimpang kunyit dan tambahkan dengan setengah sendok garam.
  • Kemudian rebus dalam satu liter air hingga air mendidih.
  • Saring air rebusan tersebut dan biarkan agar dingin.
  • Setelah dingin, minumlah air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja.
  • Minumlah secara teratur dua kali dalam satu minggu.
Dengan cara ini, kadar gula darah penderita diabetes akan stabil sehingga mencegah komplikasi penyakit lainnya.

Mahkota Dewa

Tanaman herbal lainnya yang mampu atasi penyakit diabetes adalah tanaman mahkota dewa. Bahkan kepopuleran tanaman mahkota dewa belakangan ini semakin naik karena manfaatnya yang begitu penting dalam pengobatan berbagai penyakit. Untuk mengobati penyakit diabetes dengan tanaman mahkota dewa juga tidak sulit.

  • Siapkan 3 hingga 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa.
  • Kemudian tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih.
  • Rebus menggunakan air 3 gelas dan terus rebus agar mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas.
  • Minumlah air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes bisa diatasi.
Obat tradisional ini cukup ampuh untuk mengobati diabetes dan kencing manis. Anda dapat mencoba tips membuat obat diabetes alami ini sendiri di rumah.

Brotowali

Ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat. Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat. Caranya.

  • ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm.
  • Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.
  • Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.
Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman alami yang dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal. Dan lebih ikmat lagi, kemangi yang disandingkan dengan akan lele pasti akan sangat menggoda selera. Namun dibalik itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.

Buncis

Buncis juga menjadi salah satu obat herbal diabetes kering yang cukup efektif. hal ini karena kandungan B-sitosterol pada buncis bisa mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, namun tetap menjaga insulin tetap normal di dalam tubuh. Buncis obat diabetes ini mampu mengurangi gula darah jika Anda bisa mengolahnya dengan benar. Berikut cara membuat obat diabetes alami dari Buncis :

  • Siapkan 1/2 Kg yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian buncis di rebus menggunakan 2 gelas air.
  • Setelah mendidih angkat buncis dan masukkan ke dalam gelas.
  •  Minum ramuan alami tersebut pagi dan malam sebelum tidur.
Jika Anda tidak mau repot, Anda juga bisa memakannya secara mentah atau menjadikan buncis sebagai jus, namun jangan ditambahkan gula.

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu bahan alami yang bisa di manfaatkan untuk pengobatan diabetes basah. Kayu manis dapat berfungsi sebagai pemecah lemak dalam tubuh dan mengolah glukosa menjadi energi. Dengan begitu Gula dalam darah bisa dipecah dan diolah kembali agar tidak berlebihan dalam darah. Dengan mengkonsumsi air rebusan kayu manis ataupun jenis makanan yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis juga bisa mengatasi diabetes.

Ginseng

Tentu sudah banyak yang tau bahwa ginseng adalah salah satu obat herbal yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Ternyata ginseng juga bisa di andalkan untuk pengobatan sakit diabetes. Minumlah air rebusan ginseng setiap harinya agar kadar gula yang ada dalam darah semakin menurun dan kadar insulin semakin meningkat.

Pare

Pare atau paria merupan jenis sayuran tropis yang berkembang dengan luas di asia, afrika serta amerika selatan. Selain umum digunakan sebagai salah satu jenis sayuran, Pare ternyata juga dapat di gunakan untuk proses penyembuhan tradisional sebagai obat diabetes. Dalam buah pare memiliki kandungan steroid saponin yang dikenal sebagai charantin, peptida yang menyerupai insulin. Senyawa aktif ini mampu menambah pergantian beberapa sel, merangsang sekresi insulin di pankreas, serta merangsang penyimpanan glikogen di liver yang dengan total beresiko turunkan gula darah pada pasien diabetes jenis 2.

Sambiloto

Daun sambiloto bisa dijadikan obat herbal diabetes basah maupun kering. Rasanya yang sangat pahit sering kali diabaikan untuk dijadikan sebagai obat. Padahal kandungan yang ada didalam daun ini sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Flavanoid yang ada didalam daun sambiloto ini sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu memproduksi insulin dalam tubuh. Untuk menggunakannya cukup minum air rebusan daun ini.

Daun Salam

Daun salam yang terkenal sebagai salah satu rempah untuk masakan ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat herbal pada luka diabetes. Kandungan dalam daun salam sangat baik untuk mengobati luka luar yang diakibatkan oleh diabetes. Cukup dengan menghaluskan daun salam kemudian balurkan pada lukanya. Anda juga bisa minum air rebusan daun salam agar diabetes bisa diatasi dengan cepat.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.