Manfaat dan Khasiat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Tanaman Kumis Kucing yang Kaya Manfaat -
Apakah sobat pernah secara langsung melihat tanaman kumis kucing ? kalau belum pernah, coba saja sobat perhatikan kumisnya kucing yang ada di sekitar rumah anda karena bentuknya hampir serupa.. hahaha.. lol tapi mungkin karena kemiripan itulah kenapa dinamakan tanaman kumis kucing. Bahkan warnanya agak mirip juga loh sobat. Atau jangan - jangan sebenarnya tanaman kumis kucing itu berasal dari kumisnya kucing yang jatuh ke tanah ? hemm.. kalau ini jelas admin yang ngarang.. hehe. Berbicara tentang tanaman kumis kucing, banyak orang yang menganggap tanaman kumis kucing itu sebagai tanaman liar yang mengganggu atau gulma. Dan biasanya kerap dibersihkan di perkebunan atau dibiarkan liar begitu saja. Dan jarang sekali ada yang di budidayakan atau sengaja di tanam. Loh kenapa kok tanaman gulma malah di tanam atau di kembang biakan ? karena sebenarnya ada manfaat yang menakjubkan di balik tanaman kumis kucing ini, bahkan malah tanaman kumis kucing di perjual belikan juga loh sobat. Karena memang selain dianggap tanaman liar, tanaman kumis kucing juga terkenal sebagai tanaman obat. Ga percaya ? berikut beberapa info dan fakta mengenai tanaman kumis kucing :

Orthosiphon aristatus atau dikenal dengan nama kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.

Sejalah

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kumis_kucing

Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya perkumpulan gas yang tidak teratur di dalam tubuh. Penyakit ini biasnya disebabkan karena penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedinginan, atau bahkan karena cuaca panas yang ekstrim.
Penyakit ini bisa diderita oleh segala usia, namun penyakit ini bisa saja sembuh tanpa kita perlu mengkonsumsi obat-obatan.

Adapun gejalanya antara lain :
  1. Perut kembung
  2. Badan terasa dingin
  3. Mata ngantuk
  4. Selera makan menghilang
  5. Diare yang berkepanjangan
Jika dibiarkan, penyakit ini bisa berakibat fatal seperti diare yang berkepanjangan, sesak nafas, sakit pada persendian, serta mengalami panas yang tinggi.

Berikut cara tradisional untuk mengatasi masuk angin :
  • Siapkan daun kumis kucing dan segelas air
  • Cuci bersih daun tersebut lalu rebus dengan air tadi, biarkan hingga air rebusan hanya tersisa kira-kira ½ gelas saja.
  • Minum setelah air rebusan tersebut dingin.
Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Pengobatan untuk penyakit ini biasnya ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.
Penyeban reumatik belum dapat diketahui secara pasti, namun disinyalir penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk faktor genetik, infeksi akibat virus, atau karena perubahan hormon.

Gejala penyakit ini adalah :
  1. Nyeri pada anggota gerak tubuh
  2. Otot menjadi lemah
  3. Terjadi peradangan dan bengkak pada persendian
  4. Sendi terasa kaku
  5. Terjadi kejang dan kontraksi pada otot
  6. Gangguan fungsi pada persendian
  7. Bunyi pada sendi
  8. Sendi goyah
  9. Perubahan bentuk organ tubuh
  10. Adanya benjolan / nodul
Ada beberapa cara tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini, diantaranya adalah : rebus 5 helai daun kumis kucing serta daun meniran dengan 3 gelas air. Setelah dingin, minum ramuan tersebut tiga kali sehari masing-masing ½ gelas.

Mengobati Batuk

Batuk merupakan jenis penyakit yang umum diderita oleh manusia. Penyebab batuk sendiri adalah karena adanya benda asing (debu, alergi, atau kuman) atau sesuatu yang merangsang selaput lendir.
Menurut gejalanya, batuk terdiri dari beberapa jenis, yaitu batuk kering batuk berdahak, bronchitis, batuk asma, serta batuk rejan. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa gatal ditenggorokan, terkadang juga disertai demam.

Banyak sekali obat dipasaran yang ditawarkan untuk mengobati jenis penyakit yang satu ini. Mulai dari obat yang terbuat dari bahan-bahan kimia, sampai yang berbahan ekstrak tanaman herbal. 

Adapun ramuan tradisional yang mampu mengatasi penyakit ini adalah dengan menggunakan daun kumis kucing, caranya :
  • Ambil 15 s/d 20 gr daun kumis kucing yang masih segar dan 1 gelas air bersih
  • Setelah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing tersebut dengan segelas air tadi.
  • Minum selama 3 kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas.
Mengobati Asam Urat

Asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan.  Jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal ini mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Adapun gejala asam urat diantaranya :
  1. Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian
  2. Sendi terasa ngilu
  3. Kemerahan pada sendi
Gejala ini biasa terjadi saat kita bangun pagi.

Adapun cara tradisional yang dapat mengobati asam urat antara lain adalah :
  • Ambil 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar
  • 1 gelas air putih
  • Rebus semua bahan tersebut hingga air hanya tinggal ½ gelas saja.
  • Minum ramuan tersebut setidaknya 3 kali sehari.
Memperlancar Urine

Manfaat daun kumis kucing yang paling ampuh adalah untuk proses kencing. Salah satu khasiat daun kumis kucing adalah dapat memperlancar keluarnya air kemih/ air seni. Jika seseorang sulit dalam proses keluarnya air seni, itu berarti saluran kencingnya sedang mengalami infeksi. Infeksi saluran ini bisa terjadi di saluran ginjal dan kandung kemih.Penyebab utamanya adalah adanya bakteri yang dinamakan escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

Gejalanya antara lain :
  1. Terasa sakit pada saat atau setelah kencing.
  2. Rasa ingin kencing, akan tetapi tidak ada air seni yang keluar
  3. Air seni berwarna pekat
  4. Nyeri di pinggang
  5. Jika telah mencapai ginjal, biasanya diikuti demam dan menggigil.
Cara Penggunaan:

Untuk mengatasi hal tersebut, ambil 25 gr daun kumis kucing segar, rebus menggunakan 2 gelas air putih sekitar 15 menit. Minum ramuan tersebut disore dan pagi hari masing-masing ½ gelas.

Mengobati Radang Ginjal

Merupakan atau Glomerulonefritis sejenis penyakit yang dapat merusak ginjal. Ginjal mengalami masalah untuk membuang dan menyaring limbah sehingga mengakibatkan cairan dalam tubuh berlebih.

Gejala radang ginjal :
  1. Kencing berkurang
  2. Air kecing berwarna keruh, kemerah-merahan, bahkan bercampur darah
  3. Disertai demam
  4. Sakit pinggang
  5. Bengkak pada pelupuk mata, tangan dan kaki
  6. Perut buncit
Pengobatan herbal penyakit ini adalah :
  • Siapkan 60 s/d 120 gr daun kumis kucing segar,
  • Rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja
  • Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.
Mengobati Kencing Batu

Kencing batu atau biasa juga disebut batu ginjal adalah salah satu penyakit saluran kemih yang biasanya berupa infeksi, obstruksi, rasa sakit, dan metaplasia. Batu ginjal sendiri merupakan massa keras seperti batu yang terdapat pada saluran kemih. Jika hal ini terjadi maka akan timbul rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi.

Adapun gejala penyakit ini adalah :
  1. Timbulnya rasa nyeri hebat yang hilang-timbul di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam.
  2. Mual dan muntah
  3. Perut menggelembung
  4. Demam dan menggigil
  5. Terjadi pendarahan di air kemih
Untuk mencegah penyakit ini, biasakan minum air putih yang banyak, jauhi minuman suplemen.

Cara Pengobatan

Berikut tips tradisional untuk mengatasi penyakit tersebut :
  • 90 gr daun kumis kucing segar
  • 1 gelas air putih
  • Caranya : setelah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing tersebut dengan air hingga airnya tinggal ½ gelas saja.
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari.
Mengobati Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernakan, dimana terjadi pengerasan tinja yang mengakibatkan sulitnya buang air besar.

Penyebabnya antara lain, kurangnya konsumsi makanan berserat, kebiasaan buang air besar yang tidak teratur, kebiasaan menggunakan obat pencahar, perubahan hormon, serta buruknya pola makan.

Gejala Sembelit

Adapun gejala sembelit diantaranya :
  • Sulit dan merasa sakit saat buang air besar
  • Kram pada otot perut
  • Sering buang gas atau kentut
  • Nafsu makan menghilang
  • Mual
  • Vertigo
  • Perut terasa berat
Cara mengatasi sembelit
  • Banyak konsumsi makanan berserat
  • Perbanyak minum air putih
  • Olahraga teratur
  • Perbanyak makan buah-buahan
  • Rebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minum ramuan tersebut.
Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Gejala diabetes bervariasi tergantung jenis diabetes yang anda miliki. Jika anda memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari normal tapi belum cukup dikategorisasikan sebagai diabetes atau gula darah yang meningkat saat kehamilan mungkin tidak akan mengalami gejala apapun.

Gejala penyakit ini antara lain :
  • Sering buang air kecil dalam jumlah yang besar
  • Sering haus
  • Berat badan menurun
  • Mudah lelah
  • Sering kesemutan
  • Kalau terluka, sulit sekali sembuh.
Pencegahan yang dilakukan :
  • Konsumsi makanan yang rendah kalori dan lemak
  • Sering berolah raga
  • Menjaga berat badan ideal
Cara Penggunaan

Adapun ramuan tradisional yang dapat membantu resiko diabetes adalah
  • Ambil 15 lembar daun kumis kucing, cuci bersih
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas saja
  • Minum ramuan tersebut 1 kali sehari
Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan keluhan yang umum terjadi pada masyarakat. Biasa terjadi ketika kita terlalu lelah saat menjalankan aktivitas seperti memikul beban berat atau saat terjadi salah posisi saat kita mengangkat beban.

Penyebab gangguan ini diantaranya :
  1. Kondisi salah saat membungkuk atau pada saat mengangkat beban
  2. Gangguan mekanik yang terjadi pada struktur fungsi tulang
  3. Posisi salah saat tidur
  4. Kurang olah raga
  5. Sering mengenakan high hill
Cara pencegahannya :
  • Teratur berolahraga
  • Mengatur posisi yang nyaman saat duduk ataupun saat tidur
  • Menjaga asupan nutrisi yang tepat
  • Kurangi / hindari merokok
  • Jangan mengangkat beban dengan posisi membungkuk.
  • Minumlah ramuan yang terbuat dari rebusan daun kumis kucing dan akarnya minimal sehari sekali.
Mengobati Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi yang biasa terjadi pada masyarakat dimana cairan darah dalam tubuh sangat kuat menekan arteri. Semakin banyak darah yang dipompa ke  jantung dan arteri menyempit, tekanan darah akan meningkat.

Gejala Hipertensi :
  1. Sakit kepala / pusing
  2. Terjadi mimisan
  3. Wajah menjadi kemerahan
  4. Merasa kekelahan
Adapun cara untuk mengatasi penyakit ini, adalah :
  • Rebus 50 gr daun kumis kucing kering dengan air secukupnya.
  • Seduh 50 gr daun kumis kucing basah dengan air panas
  • Campur kedua ramua tersebut, lalu minum minial 1 gelas sehari.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam
  • Hindari merokok dan alkohol
  • Hindari stress
  • Olahraga teratur
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Alergi

Alergi merupakan kegagalan kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi hipersensitif terhadap substansi tertentu, misalnya serbuk sari, jamur, dan bulu binatang.

Gejala alergi antara lain :
  1. Gatal
  2. Mata berair
  3. Bersin-bersin serta gatal pada hidung
  4. Gatal-gatal yang mengakibatkan ruam
  5. Kelelahan
Adapun pengobatan tradisional untuk gangguan ini adalah :
  • Siapkan masing-masing ½ genggam daun kumis kucing, daun sambiloto dan daun meniran.
  • 2 jari temulawa
  • 4 gelas air
  • Cara pengolahannya : Semua bahan direbus hingga tersisa 2 gelas saja, kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
Sumber : http://manfaat.co.id/15-manfaat-daun-kumis-kucing-untuk-kesehatan

Baca Juga Info Menarik Lainnya








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.