Tips dan Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan -
Ikan, merupakan salah satu jenis makanan hewani yang hampir disukai oleh semua orang baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin/laut dan juga beberapa jenis ikan air payau. Ikan digemari karena memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya yang gurih selain itu ikan memiliki nilai gizi yang tinggi yang kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Umumnya ikan akan diolah lagi menjadi berbagai jenis masakan/makanan. Baik diolah dengan cara di goreng, bakar, gulai, pindang, pepes, dan ada juga yang mengolahnya menjadi bakso dan abon, bergantung dari selara masing-masing orang, Namun disisi lain ikan memiliki kelemahan. Bau amis pada ikan yang terlalu menyengat terkadang membuat mual sehingga bagi sebagian orang menjadi enggan untuk mengkonsumsi ikan. Baik ikan air tawar maupun air laut kedua-duanya menimbulkan bau amis terutama ikan air laut. Baunya jauh lebih amis ketimbang air tawar. Tapi jangan khawatir sobat, jangan sampai gara-gara bau amis tersebut anda jadi ragu untuk mengkonsumsi ikan. Karena sebenarnya bau amis tersebut bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan cara yang sangat mudah. Sehingga ketika memakannya bau amis tersebut sudah tidak ada lagi, dan tentu anda akan lebih nyaman untuk menyantapnya.. hehehe.. lalu bagaimanakah cara menghilangkan bau amis tersebut ? berikut tipsnya..

Cara Hilangkan Bau Amis Pada Ikan

Garam dan Air Jeruk/Lemon

Perlakuan standar, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat  dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi  sumber bau amis. Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan  air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata.  Untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar dibutuhkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri  garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

Cuka

Setelah ikan dicuci bersih, rendamlah  dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka menjaga agar ikan tidak bebrbau amis pada masa tunggu sebelum dimasak
Asam Jawa
Setalah ikan dicuci bersih, rendam ikan dengan air asam jawa pekat selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu dibilas kembali dan ikan siap digunakan

Daun Serai

Remas daun serai dan asam jawa  lalu  balurkan pada ikan  yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit setelah itu cuci bersih kembali sebelum di olah.

Tepung Terigu

Terigu selama ini hanya kita kenal sebagai bahan utama pembuatan cake dan kue kecil . Rupanya terigu bisa menghilangkan bau amis juga . Cuci bersih ikan lalu baluri dengan tepung terigu, diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih. Ulangi cara ini sampai 3 kali.  Cara begini  tidak terlalu populer karena dinilai agak boros dan mahal.

Jahe dan Bawang Putih

Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dibersihkan direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri  ikan dengan ranjangan ini sampai ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu ikan dibersihkan kembali

Sabun Anti Bakteri

Lakukan pencucian standar seperti pada poin pertama. Setelah itu ikan di cuci menggunakan sabun anti bakteri . Kelebihannya menggunakan sabun anti bakteri,  ikan tidak cepat membusuk  dan terlindung dari bakteri .

Mentimun

Untuk jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bau amis . Bersihkan belut, cumi ataupun gurita sampai bersih setelah itu beri  parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan sekitar  20 menit. Setelah itu dicuci lagi sampai bersih dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

Susu Segar

Barangkali  cara ini jarang dilakukan, namun penggunaan susu segar bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Rendamlah  ikan selama 15-20 menit dengan susu segar sehingaa bau amis berkurang . Setelah itu cuci bersih . Seperti halnya tepung terigu, cara ini juga dinilai mahal, sehingga tak begitu dikenal.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.