Daftar Makanan Yang Kaya Vitamin C




Sepertinya menarik untuk melanjutkan pembahasan tentang manfaat dari vitamin C, bagi yang belum membacanya bisa anda baca disini Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan. Nah pada postingan sebelumnya admin hanya membahas tentang apa saja manfaat dari Vitamin C tanpa memberikan info makanan apa saja yang mengandung dan kaya akan vitamin C. dengan kita mengetahui apa manfaat vitamin c dan dari mana saja kita bisa mendapatkannya maka kita bisa tahu manfaat apa dari makanan yang kita makan. Sebagai contoh, kita mengetahui bahwa Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan dan ternyata jeruk mengandung Vitamin C maka jeruk bermanfaat sebagai antioksidan, begitulah kira-kira sederhananya.

Namun seperti  yang kita ketahui pula bahwa selama ini kita hanya tahu bahwa hanya buah jeruk yang mengandung vitamin C, sehingga banyak sekali iklan di media mengasosiasikan bauh jeruk dengan vitamin C. Tapi apakah hanya buah Jeruk saja yang mengandung Vitamin C ? apakah buah lain tidak mengandung Vitamin C ? lalu jika ada buah lain juga yang mengandung vitamin C kira-kira buah apa yang kandungannya paling tinggi ? dari pada semakin bertanya-tanya, yuk kita simak infonya di bawah ini :

Daftar Buah dan Sayuran yang Tinggi Vitamin C

  • Kandungan Vitamin C pada Jambu Biji
    Kandungan vitamin C pada jambu biji adalah dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk manis. Jika jeruk saja kandungan vitamin C nya 54 miligram setiap 100 gram buah jeruk, maka pada jambu biji sekitar 108 miligram setiap 100 gram buah jambu biji. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kulit wajah berjerawat, menurunkan kolesterol, serta mengobati diare. Jambu biji adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.
  • Kandungan Vitamin C pada Kiwi
    Kandungan vitamin C pada kiwi ini ternyata sebanding dengan kandungan vitamin C pada jambu biji. Kandungan vitamin C pada kiwi adalah 100 miligram per 100 gram buah kiwi. Buah ini termasuk pada buah yang mengandung vitamin c tinggi. Buah ini berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi, mengobati gejala impotensi, dan menjaga stamina tubuh. Khasiat lainnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan cocok sebagai nutrisi untuk ibu hamil.
  • Kandungan Vitamin C pada Kelengkeng
    Kandungan vitamin C pada kelengkeng sekitar 84 miligram per 100 gram kelengkeng. Kadar vitamin C pada kelengkeng membuat buah ini termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini berkhasiat untuk obat insomnia. Karena buah ini menimbulkan efek ketagihan, jadi vitamin C cepat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah ini (tanpa sadar akan mencapai takaran per 100 gramnya karena ketidaksengajaan dari efek ketagihan ini) tapi aman dikonsumsi secara banyak untuk orang dewasa.
  • Kandungan Vitamin C pada Pepaya
    Kadar vitamin C pada buah diatas diberbagai referensi bisa berbeda-beda, tapi jangan khawatir, perbedaannya tidak masalah. Karena tetap saja rata-rata kandungan vitamin C pada buah yang telah disebutkan diatas dua kali lebih banyak daripada buah jeruk. Seperti vitamin C pada pepaya yang mengandung 78 miligram per 100 gram buah pepaya. Buah pepaya berkhasiat untuk mengurangi penimbunan lemak di tubuh, membantu proses pencernaan protein, dan meningkatkan kualitas sperma.
  • Kandungan Vitamin C pada Paprika Merah
    Kandungan vitamin C pada paprika merah ini mengandung sekitar 190 miligram dari 100 gram paprika merah. Empat kali lebih banyak dari kandungan jeruk. Namun paprika merah bukanlah tergolong buah yang bisa dikonsumsi layaknya jeruk. Karena paprika merah lebih dikenal sebagai bumbu dapur atau komposisi dari beberapa campuran makanan. Sehingga pemenuhannya tetap lebih baik buah jeruk untuk dikonsumsi langsung. Khasiatnya paprika merah dapat mencegah katarak pada mata.
  • Kandungan Vitamin C pada Brokoli
    Kandungan vitamin C pada brokoli adalah 118 miligram setiap 100 gram brokoli. Layaknya paprika merah, brokoli adalah sayuran. Sehingga dihidangkan dalam bentuk komposisi makanan lainnya. Brokoli ini berkhasiat untuk mencegah kanker, detoksifikasi, mencegah gangguan lambung, dan mencegah penyakit jantung. Khasiat lainnya adalah mampu merawat kulit, dan mencegah anemia.
  • Kandungan Vitamin C pada Kubis
    Kandungan vitamin C pada kubis adalah 160,8 miligram setiap 2 cangkir kubis. Berarti setiap satu cangkir mengandung setidaknya 80,4 miligram vitamin C. Kubis secara segar bisa menjadi lalapan. Jika ingin diolah bisa menjadi komposisi makanan capcay. Khasiatnya dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu juga dapat mencegah sariawan karena banyak mengandung vitamin C.
  • Kandungan Vitamin C pada Stroberi
    Kandungan vitamin C pada stroberi adalah 56,7 miligram per 100 gram buah stroberi. Setera dengan konsumsi 8 buah stroberi setiap hari maka kebutuhan kan vitamin C Anda terpenuhi. Khasiatnya dapat memutihkan gigi, mengatasi panas dalam, serta sebagai obat jerawat alami. Namun jangan tertipu penampilannya, biasanya buah ini cukup kecut untuk dikonsumsi (bukan manis seperti jus).
  • Kandungan Vitamin C pada Kembang Kol
    Pada kembang kol kandungan vitamin C-nya mencapai 50 miligram per 100 gram kembang kol. Mirip dengan kandungan vitamin C pada sayuran kubis. Selain itu, kembang kol ini juga mencegah terjadinya kanker. Seperti kanker usus, kanker payudara, dan tumor. Karena banyaknya vitamin C yang terkandung, maka sayuran ini bisa melengkapi vitamin C Anda tanpa perlu buah bervitamin C pun tidak masalah.
  • Kandungan Vitamin C pada Jeruk
    Kandungan vitamin C pada jeruk adalah 30 sampai 50 miligram dalam 100 gram buah jeruk. Kandungannya memang yang paling sedikit, namun buah inilah yang paling mudah ditemui. Apalagi saat ini banyak sekali produk minuman olahan yang selalu menggunakan buah jeruk sebagai bahan dasar vitamin C-nya. Manfaatnya buah jeruk ini bisa meningkatkan imunitas dan mengobati penyakit flu.
  • Kandungan Vitamin C pada Cabe
    Kandungan vitamin C pada cabai sekitar 84 miligram per 100 gram cabe. Cabe memiliki rasa pedas ini jarang dimakan langsung apalagi dalam dosis 100 gram. Biasanya dibuat pada komposisi bersama tomat. Jenis cabe sangat banyak dan rata-rata mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, dan lainnya.

Sumber : http://wikivitamin.com/13-jenis-buah-buahan-yang-banyak-mengandung-vitamin-c-asam-askorbat/

Wah ternyata bukan buah jeruk ya yang menjadi buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, melainkan buah paprika merah. Selain itu ternyata jambu biji memiliki kandungan Vitamin C 2 x dari buah jeruk. Fakta menarik lain, ternyata cabe juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Namun bukan berarti nanti anda jadi hobi makan cabe ya.. nanti bukannya dapat vitamin c malah anda akan diare.. hehehe..



loading...


0 komentar: