Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan



Hayo masih inget nggak sama manfaat dan fungsi  masing – masing vitamin ? Malah dulu sempat ada iklannya loh.. kalau di tidak salah iklan salah satu produk multivitamin. Berikut sepenggal lirik lagu dalam iklan tersebut.. “A untuk mata dan kulit, B untuk pertumbuhan, C mencegah sariawan, D pertumbuhan tulang dan gigi”.  Gimana ? sudah sedikit mengingatkan akan fungsi vitamin, sebab dulu juga sewaktu sekolah sudah kita pelajari, nah untuk mengingatkan lagi mengenai apa saja fungsi vitamin yang jelas secara lebih detail khususnya admin akan bahas tentang manfaat vitamin C yang biasanya identik dengan buah jeruk, yang tentunya bukan hanya untuk mencegah sariawan saja ya sobat pembaca..

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_C

Manfaat dan Khasiat Vitamin C

  • Imunitas Tubuh
    Dosis yang sehat Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki luka, serta kebal dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin C juga diperlukan untuk kolagen, protein struktural utama yang ditemukan dalam jaringan ikat. Vitamin C yang diminum akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih baik. Vitamin C bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Vitamin C juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.
  • Antioksidan
    Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan efektif, yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, serta aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
  • Mencegah Penuaan Dini
    Vitamin C memang sangat penting untuk kulit dan ini sudah sangat populer di dunia kecantikan terutama wanita. Vitamin C sangat penting untuk sel sel di dalam atau di luar tubuh yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Dalam riset dari  American Journal of Clinical Nutrition yang kami kutip dari webmd meneliti hubungan antara asupan gizi vitamin C dengan penuaan kulit pada 4.025 wanita berusia 40-74. Hasilnya sangat menakjubkan bahwa mereka memiliki risiko yang lebih rendah terkena keriput, kekeringan pada kulit, dan penuaan kulit yang menjadi momok bagi setiap wanita.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata
    Siapa bilang hanya Vitamin A saja yang penting untuk kesehatan mata? Vitamin C juga ikut ambil bagian dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit mata katarak meningkat, begitu juga dengan penyakit-penyakit mata lainnya, seperti rabun dan tumor mata.
  • Meningkatkan Mood
    Kekurangan Vitamin C ternyata dapat mengakibatkan ketidakstabilan mood pada seseorang. Pada umumnya jika seseorang memiliki kecenderungan kearah kekurangan Vitamin C maka orang tersebut akan menjadi orang yang mudah khawatir dan cepat gelisah.
  • Hipertensi
    Vitamin C telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kemungkinan resiko hipertensi dan masalah kesehatan serius yang terkait dengan tekanan darah tinggi.
  • Mencegah Keracunan Timbal
    Vitamin C membantu menurunkan tingkat timbal dalam darah kita secara dramatis. Keracunan timbal dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan dan perilaku, terutama pada anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan yang tinggi polusi. Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan belajar, menurunkan IQ, dan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Pada orang dewasa mungkin bisa menderita kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.
  • Penyakit Jantung
    Vitamin C mencegah penyakit jantung dengan jalan mencegah radikal bebas yang dapat merusak dinding arteri, yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Vitamin C juga menjaga kolesterol dari oksidasi yang dapat menyebabkan stroke jantung. Masalah tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan nutrisi ini.
  • Diabetes
    Pasien diabetes juga bisa terbantu oleh Vitamin C, karena akan membantu untuk mengatur kadar gula darah. Suplemen vitamin C akan menurunkan glukosa dalam sel-sel tubuh, di mana akan melindungi dari berbagai komplikasi diabetes.
  • Sun Protection
    Vitamin C melindungi kulit dari radikal bebas karena kelebihan paparan sinar matahari, polusi lingkungan dan merok*k. Antioksidan dalam Vitamin C akan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan efek paparan sinar matahari.
  • Menyembuhkan Luka Lebih Cepat
    Tubuh menggunakan vitamin C untuk memulihkan kerusakan jaringan, yang akan membantu untuk menyembuhkan luka yang lebih cepat. Luka yang lama tak sembuh mengindikasikan jika tubuh kekurangan vitamin C . Vitamin C berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, serta membantu untuk menciptakan jaringan parut dan ligamen untuk pemulihan luka lebih cepat.
  • Melawan Ketombe
    Folikel rambut kita sering tersumbat karena kulit terkelupas dan kering ketombe . Hal ini dapat merusak folikel rambut jika tidak diobati dan juga menghambat pertumbuhan rambut . Vitamin C membantu melawan bakteri di kulit kepala . Ini bangsal dari ketombe dan membantu untuk menyingkirkan folikel puing-puing dan mendorong rambut baru untuk tumbuh . Hal ini juga membantu dengan kulit kepala kering dan gatal karena sifat anti – virus tersebut.
  • Menghentikan Rambut Rontok
    Vitamin C juga digunakan untuk mengembalikan kelelahan kelenjar adrenal. Sangat penting untuk menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut, karena kelenjar adrenal adalah kunci untuk menjaga keseimbangan hormon yang tepat.
  • Melawan Sel Kanker
    Melawan zat kanker merupakan salah satu manfaat utama dari Vitamin C itu sendiri. Vitamin C didaulat sebagai sebuah zat Vitamin yang merupakan racun bagi penyakit kanker tersebut. Vitamin C merupakan Vitamin yang berfungsi meningkatkan daya tubuh manusia, maka sel kanker tidak akan dapat berkembang jika daya tahan tubuh kita terjaga.
  • Memperbaiki Jaringan Sel Kulit
    Vitamin C merupakan Vitamin yang mengandung zat antioksidan juga di dalamnya. Zat antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh kesehatan kulit manusia pada umumnya. Antioksidan sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas yang ada pada kulit kita. Radikal bebas sendiri merupakan zat yang timbul karena pancaran sinar matahari secara berlebihan, banyaknya makanan yang mengandung toxin, serta polusi udara. Selain itu juga, Vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang merupakan menjadi pertanda dari penuaan dan dapat mencegah penuaan dini.

Wah.. ternyata banyak juga ya manfaat vitamin C bagi kesehatan. Semoga dengan informasi diatas membuat kita lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.




loading...


0 komentar: