Penyebab dan Cara Mengatasi Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)



Kalau mendengar istilah diabetes tentu sudah biasa bukan ? karena memang masalah kesehatan yang satu ini banyak dialami oleh kebanyakan orang dan sangat sulit penangangannya. Tapi apakah sobat juga tahu tentang istilah Hipoglikemia ? atau kadar gula darah rendah ? ternyata kadar gula darah yang rendahpun merupakan masalah kesehatan yang perlu diwaspadai pula loh sobat.. 

Dan memang benar ya sobat, segala sesuatu itu memang jangan berlebihan jadi yang pas pas saja tidak lebih maupun tidak kurang. Hehehe. Untuk itu kita harusnya rutin kontrol gula darah sebagai antisipasi atau pencegahan. Btw bagi anda yang masih bingung dan belum tahu mengenai Hipoglikemia atau gula darah rendah ini berikut admin sedikit ulas dan berbagi tips cara mengatasi atau mengobatinya

Hipoglikemi adalah keadaan dimana kadar gula (glukosa) darah turun di bawah normal (kurang dari 70 mg/dl). Gejala seseorang terkena hipoglikemi adalah Pusing, berkeringat dingin, gelisah, bingung, sulit bicara, bahkan tidak sadarkan diri. Jika sudah demikian, Pengobatan paling sederhana dengan memberi minum air gula atau makanan yang manis-manis seperti permen, gula, coklat, dan lainnya. Jika penderita tidak sadarkan diri, dapat diberikan suntikan glukosa dosis tinggi.

Hipoglikemi biasanya terjadi pada Penderita diabetes berat menahun sangat peka terhadap hipoglikemi berat. Hal ini terjadi karena sel-sel pankreasnya tidak membentuk glukagon secara normal dan kelenjar adrenalnya tidak menghasilkan epinefrin secara normal. Padahal, kedua hal tersebut merupakan mekanisme utama tubuh untuk mengatasi kadar gula darah yang rendah

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hipoglikemi

Cara Mengobati Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)

Mengatasi Gula darah Rendah Gula darah yang terlalu rendah merupakan keadaan darurat medis. Jika seseorang mempunyai masalah dengan kondisi diabetes dan mengalami gejala hipoglikemik ringan hingga sedang, berikan makan atau minum sekitar 15 gram karbohidrat yang mudah dicerna seperti :

  • 1 sendok makan madu
  • 3 atau 4 buah permen atau tablet gula
  • 1 sendok makan gula
  • 4 atau 5 biskuit asin

Jika seseorang mengalami gejala atau reaksi yang parah, seperti pingsan maka penting segera untuk mendapat pertolongan medis. Orang-orang yang beresiko gula darah rendah harus konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat glukagon.
Pengobatan Sederhana

Ketika kadar gula darah terlalu rendah, maka makan sesuatu yang terbuat dari karbohidrat adalah solusinya. Jika Anda memiliki kondisi diabetes, cobalah untuk selalu menyediakan makanan ringan tinggi karbohidrat. The American Diabetes Association merekomendasikan makanan ringan yang mengandung setidaknya 15 gram karbohidrat seperti granola bar, buah segar atau kering, jus buah, dan kukis. Anda juga bisa mengambil tablet glukosa menaikkan gula darah dengan cepat jika gula darah turun atau rendah. Namun sangat penting untuk mengetahui berapa gram glukposa dalam setiap tablet sebelum di minum. Tunggu 15 menit setelah makan atau minum tablet glukosa, kemudian melakukan tes gula darah lagi. Jika gula darah tidak ada kenaikan, makan lagi 15 gram karbohidrat atau tablet glukosa. Melakukan ini sampai kadar gula darah naik. Pastikan untuk tidak makan berlebihan, karena bisa mengakibatkan kadar gula darah justru menjadi terlalu tinggi.

Artikel ini hanya sebagai referensi, bukan rujukan pengobatan. Sebaiknya mendapatkan penjelasan yang lebih baik plus resep pengobatannya kepada dokter Anda.





loading...


0 komentar: