Manfaat dan Khasiat Tersembunyi Daun Seledri




Sobat tentu sudah tidak asing bukan dengan daun seledri, daun yang mempunyai aroma khas ini kerap kali menjadi campuran dalam suatu masakan utamanya di gunakan sebagai pelengkap sayur sop, pelengkap pada soto maupun bakso. Malah ada juga yang yang menjadikan seledri sebagai lalapan. Karena daun ini memang memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Sehingga banyak disukai orang. Khusus bagi admin, aroma daun seledri mampu menambah selera makan. Apalagi ketika daun seledri di kombinasi dengan daun bawang yang dipotong kecil-kecil kemudian di taburi kedalam sayur sop ayam maupun daging.. hemmmm.. pasti sedap dan segar. Tapi tahukah anda ? bahwa daun seledri bukan hanya sekedar sayuran yang memilki aroma sedap saja, ternyata di balik aromanya yang sedap, daun seledri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya ? yuk langsung saja kepoin si daun seledri ini :

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

  • Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)
    Darah tinggi adalah salah satu penyakit mengerikan. Pada akhirnya, bisa mengancam pecahnya pembuluh darah di otak juga lho. Oleh karena itu, bagi yang menderita penyakit satu ini harus segera bertindak. Salah satu tindakan alternatif yang diambil adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. Setelahnya ditambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. Maka, hipertensi akan menurun.
  • Mengobati Rematik
    Penyakit rematik hadir karena kelebihan asam urat. Asam urat ini lalu menumpuk di sendi dan lambat laun mengkristal. Akibatnya, menggunakan tubuh menjadi sulit. Lambat laun, rematik juga mengancam gerak kita dengan kelumpuhan. Daun seledri bisa membantu masalah rematik satu ini. Hal yang dilakukan juga sangat mudah. Persering saja mengonsumsi daun seledri mentah. Pengonsumsian ini dilakukan dengan menjadikan daun seledri sampingan untuk lalapan makanan lauk kita sehari-hari.
  • Mengobati Anemia
    Kekurangan darah atau anemia bisa menjadikan kita sakit kepala sepanjang hari. Bagaimana tidak? Karena kita menjadi lemah, lesu, lunglai, dan lemas. Alhasil, semua pekerjaan dilakukan dengan tanpa gairah. Adanya daun seledri ini akan membantu kita. Cara yang dilakukan cukup dengan membuat jus. Jus tersebut campuran dari air, madu, nanas, dan daun seledri. Minum rutin jus campuran seledri ini setiap hari. Niscaya anemia akan berkurang dan kita bisa lebih enerjik dalam kegiatan sehari-hari.
  • Menurunkan Kolesterol Dalam Darah
    Kolesterol memiliki jumlah yang harus dibatasi di dalam tubuh. Jumlah yang tidak dibatasi nantinya akan berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat nantinya akan mengundang banyak penyakit. Cara mengenyahkannya adalah dengan daun seledri. Cara alternatif ini mudah saja. Cukup rebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air setelah daun seledri dicuci bersih dan dipotong-potong kasar. Sisanya tunggu agak mendingin lalu diminum rutin. Dijamin kolesterol akan bubar.
  • Mengobati Batuk
    Batuk sebenarnya merupakan penyakit ringan. Akan tetapi, ternyata penyakit ringan ini bisa berbuah petaka. Batuk-batuk di tengah umum apalagi berdahak tentu sangat menyulitkan diri kita. Nah, saatnya kita gunakan seledri ini. Cukup rebus daun seledri bersih dengan 3 gelas air hingga susut. Lalu, saring air tersebut dan campurkan madu. Rutin minum sehari 2 kali. Lama-kelamaan, batuk akan sembuh.
  • Mengobati Mata Kering
    Mata yang kering tentu sangat menganggu kegiatan kita. Apalagi dengan mata yang kering, mata akan cenderung gatal. Gatalnya mata ini jelas akan menimbulkan iritasi jika dikucek dan juga dibiarkan. Mata akan menjadi merah nantinya. Dan ini adalah pemandangan yang tidak mengenakkan. Oleh karena itu, kita perlu membasmi penyakit satu ini dengan bantuan daun seledri. Cara menggunakan daun seledri untuk manfaat menghilangkan penyakit mata kering adalah dengan menumbuknya bersamaan dengan daun bayam dan daun kelor. Setelah halus, hasil tumbukan itu ditambahkan sedikit garam dan air. Lalu, minumlah campuran bahan-bahan tadi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
 



loading...


0 komentar: