Manfaat dan Khasiat Vitamin E Bagi Kesehatan

Belakangan ini admin kerap kali mengalami masalah terhadap kulit, kulit admin kerap kali terlihat pucat/kusam dan kering. Bukan karena kotor karena debu atau yang lainnya, sebab admin sebenarnya sangat menjaga kebersihan, minimal mandi 2 x dalam sehari. Tapi tetap saja kulit masih terlihat kusam dan agak kering. Admin sudah mencoba menguranginya dengan menggunakan sabun khusus yang katanya memang bagus untuk kulit. Tapi nyatanya tetap tidak memberikan pengaruh yang banyak. Setelah konsultasi dengan beberapa teman, admin yang mengatakan bahwa mungkin penyebab terlihat pucat karena faktor kekurangan darah (anemia) dan ada juga yang mengatakan mungkin karena kurangnya asupan Vitamin E di dalam tubuh. Dan akhirnya admin mencoba untuk secara rutin mengkonsumsi vitamin E dan pilihannya yaitu dengan mengkonsumsi Nature-E, dan ternyata setalah berjalannya waktu, kulit admin berangsur terlihat cerah. Dan akhirnya dmin menyimpulkan bahwa memang ada faktor kekerangan vitamin E selama ini. Namun apakah benar bahwa memang vitamin E itu berguna untuk menjaga kesehatan kulit ? dan apakah hanya untuk kulit saja manfaat dari vitamin E itu ? untuk lebih jelasnya berikut beberapa informasi yang admin rangkum dari berbagai sumber :

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh

  • Meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.
  • Berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.
  • Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin ini juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_E

Namun perlu diingat bahwa dalam mengkonsumsi vitamin E tidak boleh berlebihan, karena jika dikonsumsi secara berlebih akan berdampak pada masalah kesehatan. Sehingga konsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan masing-masing orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Agar mendapat keuntungan maksimal dari vitamin E, diperlukan 100 sampai 400 IU setiap hari. Namun lebih jelasnya bisa ada konsultasikan ke Dokter.




loading...


0 komentar: