Kandungan Dan Manfaat Buah Tomat

Tomat merupakan buah dengan ciri buah berbentuk bulat berwarna merah dengan kulit buah yang halus dan licin memiliki nama ilmiah Lyopercisum esculentum namun untuk beberapa jenis memiliki ciri yang berbeda. Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.


Di dunia kuliner, tomat sering dijadikan bahan pelengkap masakan karena akan memberikan efek segar pada masakan. Dan tomat juga sering dijadikan penghias makanan agar tampilannya lebih menarik. Sedangkan Di dunia kesehatan, tomat sering dijadikan juss karena sangat menyehatkan apalagi di konsumsi secara rutin.
Namun tahukah anda bahwa ternyata tomat memiliki kandungan dan khasiat yang luar biasa yang tidak di miliki oleh buah – buahan lainnya. 

Adapun kandungan yang dimiliki tomat antara lain :

tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk! Berdasarkan pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Semakin matang buah tomat, kandungan vitamin nya pun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan vitamin A dan vitamin C saja. Ternyata buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya.  Namun tidak hanya itu saja, Pernah liat gel di luar biji tomat kan ? Nah, ternyata gel tersebut berkhasiat mencegah pembekuan darah yang bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke. Luar biasa Bukan ?  tidak hanya daging buahnya saja, ternyata bijinya pun berkhasiat.

Sedangkan Manfaat Buah Tomat antara lain :

  • Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.
  • Lycopene pada tomat berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.
  • Mengobati jerawat
  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit
  • Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  •  Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  •  Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  •  Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  •  Mengurangi resiko radang usus buntu.
  •  Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  •  Mengobati diare.
  •  Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  •  Memulihkan fungsi lever.
  •  Mengatasi kegemukan.
Semoga bermanfaat ......





11 komentar:

Tips Mengobati Bisul said...

Terima kasih Info sehatnya

Adi Wijaya said...

sip. thanks.

Khasiat Buah Tomat Untuk Obat Jerawat said...

Wah ilmu baru lagi nih, di Perancis dinamakan Apel Cinta . so sweet bannget deh

Adi Wijaya said...

hehehe.. betul banget.

blog info makanan sehat said...

mantab nih ... ane suka ma tomat juga gan :d
ijin share Manfaat tomat bagi kesehatan

Unknown said...

makasi banget infonya gan

kompresor said...

terimakasih sangat membantu sekali,

Pencinta Tomat said...

Terimakasih infonya...
Sangat membantu...

Pondokibu.com said...

Arikelnya Sangat Bermanfaat Sekali. Makasih Ya

Tanaman Pot said...

Lycopen dalam buah tomat menurut penelitian sebagai antioksidan yang tinggi gan. Yuk makan makanan sehat.

dewi said...

Makasih ya min buat infonya. Sekedar berbagi info ini saya cantumkan link resep keripik tomat yang enak buat cemilan sambil nonton TV https://www.ikoma.co.id/ikomalife/sudah-pernah-membuat-keripik-tomat-ini-dia-resep-keripik-tomat-gurih-dan-renyah.html